Kedai Kopi Milik Raline Shah Ini Manfaatkan Ampas Kopi untuk Sabun

Senin, 25 Januari 2021 | 20:55
KISAKU

Kedai Kopi Milik Raline Shah Ini Manfaatkan Ampas Kopi untuk Sabun

CERDASBELANJA.id- Untuk mengurangi limbah sampah plastik, pemerintah pun mengimbau UMKM untuk peduli dengan lingkungan.

Salah satunya dengan menganjurkan UMKM untuk menjalankan model bisnis keberlanjutan.

Sebab itu, Kisaku kedai kopi milik Raline Shah ini berkolaborasi bersama Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal MIJI.

Baca Juga: Razer Perkenalkan Proyek Masker N95 Futuristis, Ada Mikrofon dan LED

Kolaborasi ini bertujuan untuk dapat mengolah ampas kopi yang dihasilkan dari tiap gerai untuk menghasilkansoap bar(sabun batangan).

Saat inisoap bartelah dijual secara eksklusif sebagai bagian dari parsel Imlek, dan bisa dibeli di seluruh gerai KISAKU.

Ampas kopi memiliki banyak manfaat. Berbeda dengan ampas kopi dari minuman kopi rumahan yang diambil dari dalam cangkir pengguna, ampas kopi yang akan diolah secara lebih lanjut ini didapat dengan cara yang berbeda.

Di KISAKU sendiri, ampas kopi yang diolah menjadisoap bardiambil dari sisa kopi di dalam mesin pembuat kopi.

Sehingga ampas kopi yang dimanfaatkan ulang masih bersih, dan memiliki kualitas bagus untuk diolah kembali.

“Selama ini mayoritas kedai kopi membuang ampas kopi begitu saja, padahal sisa produk tersebut masih memiliki banyak kandungan seperti kafein, antioksidan, dan juga keasaman yang bermanfaat bagi kita dan juga tumbuhan,” ujarLionel Hanjaya Tirta,Co-founder&Operational DirectorKISAKU.

Baca Juga:Cara Mudah Dapat Uang Pakai Partipost, Cukup Upload Foto Saja

Sebagai bagian dariSustainability Programyang telah berjalan selama empat bulan tersebut, KISAKU menghapus penggunaan plastik sekali pakai.

Selain itu, mereka juga memberikan diskon 10% bagi pelanggan yang membawatumblersendiri,memperkenalkan penggunaan tutup gelas tanpa sedotan (strawless lid), serta memulai kolaborasi dengan Bank Sampah Induk Gesit Jakarta Selatan.

“Kami selalu berusaha untuk mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai, serta mendaur ulang dan memanfaatkan kembali sampah yang telah kami hasilkan," kata Lionel.

Lionel menambahkan, "Agar secara berkala kami bisa membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi generasi yang akan datang.”

Selain meluncurkan inisiatif terbaru dalam pemanfaatan ulang ampas kopi, pada kesempatan yang sama KISAKU juga memperkenalkan produkdrip bag coffeeberisikopi Arabika racikan KISAKU (50% Aceh Gayo dan 50% Flores Bajawa).

“Kami paham bahwa para pelanggan ingin selalu menikmati kopi berkualitas dengan tetap #dirumahaja. Oleh karenanya kami meluncurkandrip bag coffeeuntuk memenuhi kebutuhan tersebut, agar pelanggan dapat menikmati kopi premium dengan harga terjangkau secara praktis,” kata Lionel.

Baca Juga: Tokopedia Ungkap 5 Hobi Terpopuler Selama Pandemi, Produknya Apa Saja?

Untuk memperkenalkan rangkaian produk baru sekaligus dalam rangka menyambut Imlek, KISAKU juga meluncurkan dua varian parsel yang akan dijual di ketiga gerai: Classic Hamperseharga Rp249.000 yang terdiri dari satu liter Tiramisu Latte, lima buahdrip bag coffee,soap bar,scented wax, dua buah cokelat koin emas, dan satu buah kartu ucapan.

Deluxe Hamperseharga Rp349.000 yang terdiri dari satu liter Tiramisu Latte, lima buahdrip bag coffee,soap bar,scented candle, dua buah cokelat koin emas, dan satu buah kartu ucapan. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya