CERDASBELANJA.ID – Bisnis dropship adalah bisnis yang menggiurkan.
Karena sejatinya, keuntungan bisnis dropship itu mudah didapat, bahkan tanpa repot stok dan ngirim produk.
Jadi, bagaimana keuntungan bisnis dropship didapat?
Baca Juga: Ini Sejarah Bisnis Dropship, Modal Kecil Tapi Untung Bisa Besar
Secara sederhana, keuntungan dropshipper sebenarnya didapat dari selisih harga modal dan harga jual sebuah produk.
Jadi misalnya nih kita menjual baju seharga Rp100.000, padahal harga asli dari supplier hanya Rp60.000.
Artinya kita akan untung sebesar Rp40.000, tanpa harus repot stok produk dan mengirimnya. Asyik, kan?
Potensi keuntungan dari bisnis dropship memang tak bisa diprediksi, karena tergantung dari produk yang kita jual serta bagaimana cara kita menjualnya.
Apalagi bisa jadi ada banyak dropshipper menjual produk yang sama, sehingga terjadi persaingan.
Tapi Deka Adrai, Co-founder Belajar Online Yuk (Bolu), sebuah komunitas dan tempat belajar online untuk pengembangan bisnis rumahan, menyebut hal itu bukan persoalan bagi dropshipper.
Baca Juga: Simak! Ini Tiga Rekomendasi Aplikasi Investasi Reksa Dana Bagi Pemula
“Yang penting kita punya niat dan kreativitas, soalnya peluang mendapatkan keuntungan masih terbuka luas. Orang Indonesia kan banyak. Nah, yang banyak ini doyan belanja, lho,” kata Deka.
Selain peluang yang masih besar, apakah keuntungan bisnis dropship juga ditentukan platform-nya?
Seperti kita tahu, dropshipper biasanya menjajakan produk melalui platform seperti toko online berupa website pribadi, media sosial, aplikasi pesan instan, dan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak.
“Semua bisa sama-sama menguntungkan, kok. Setiap platform punya kelebihan dan kekurangan,” kata Deka.
Deka juga menepis anggapan bahwa jualan di marketplace keuntungannya sedikit.
Deka bilang, “Enggak ngaruh, asal tahu cara mainnya.”
Baca Juga: Tetap Jaga Jarak, Ini Tips Aman Naik Pesawat di Masa Pandemi
Untuk itu, pebisnis dropship harus punya niat dan kreativitas untuk meningkatkan keuntungannya.
Menurut Deka, bisnis dropship ini kreatifnya enggak usah terlalu ekstra, yang penting niatnya aja.
“Orang kreatif banyak, tapi bisa konsisten, itu tak banyak dilakuin orang. Semakin kuat keyakinan kita, peluang sukses semakin besar,” tambah Deka.
Artikel ini pernah dimuat di Tabloid NOVA Edisi 1675 (*)