Catat, Ini 5 Cara Agar Bisnis Online Berkembang Pesat Saat Pandemi

Selasa, 05 Januari 2021 | 18:00
E+

Tips Tingkatkan Produksi Bisnis hingga Cara Dapatkan Pinjaman Modal di Era New Normal

CERDASBELANJA.ID - Selama ini kita terbiasa untuk berbelanja secara langsung ke pasar tradisional atau ke pusat pembelanjaan.

Namun, karena adanya pandemi covid-19, kini kita jadi beralih berbelanja secara online. Perubahan kebiasaan masyarakat ini, tentu menjadi peluang bagi kita untuk melakukan bisnis online.

Dikutip dari Kompas.com, Merchant Education Senior Lead Tokopedia Pipit Indrawati mengatakan, pengusaha yang sudah memiliki usaha di platform online harus bisa memanfaatkan situasi seperti ini. Untuk itu, dia membagikan 4 tips.

Baca Juga: 3 Cara Menghadapi Pelanggan Bisnis Online yang Mudah Dilakukan

1. Tentukan produk yang akan dijual

Pertama-tama kita harus tahu produk apa saja yang akan kita jual secara online.

Produk tersebut bisa berupa kerajinan tangan atau bahkan menjadi reseller (menjual produk oranglain).

Menurut Pipit, ada beberapa bisnis yang kini tengah berkembang yang bisa kita tiru, seperti menjual masker kain, hand sanitizer, disinfektan, dan sebagainya.

2. Manfaatkan marketplace

Pipit mengatakan, marketplace bisa membantu kita memperluas pasar.

Pasalnya, hampir semua marketplace memiliki jumlah pengguna bulanan yang banyak.

Baca Juga: Marak Peluang Bisnis Barang Bekas, Ini Tips Agar Menguntungkan

3. Branding

Menurut Pipit, branding sangat bermanfaat bagi kesuksesan bisnis karena bisa bertindak sebagai penentu identitas suatu produk.

Oleh sebab itu, dia menyarankan, agar bisnis dapat bersaing dengan bisnis yang lainnya, para pebisnis harus menggunakan dan mengelola strategi branding yang tepat.

4. Pemasaran dan pelayanan yang baik

Dia menyebut bahwa kunci meraih kesuksesan berbisnis di era digital adalah dengan memberikan pelayanan terbaik, sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Pipit mengingatkan agar kita selalu menggunakan kalimat yang rama dan sopan saat berkomunikasi dengan pelanggan.

Selain itu, penting pula untuk membalas dengan cepat pesan yang dikirimkan konsumen.

Baca Juga: Bisnis Alat Makan Keramik, Carramica Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah

"Ketika Anda belum membalas pesan lebih dari 1 jam bisa dipastikan konsumen Anda sudah berahli ke toko lain, oleh sebab itu usahakan cepat dan sopan ketika melayani mereka," jelas dia. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya