Mau Pinjam Modal Usaha Lewat Fintech? Ini Langkah Lengkap Pengajuannya

Selasa, 05 Januari 2021 | 15:05
iStockphoto

Mau Pinjam Modal Usaha Lewat Fintech? Ini Langkah Lengkap Pengajuannya

CERDASBELANJA.ID - Memiliki bisnis sendiri pasti jadi impian banyak orang.

Pasalnya bisa jadi sumber pendapatan tambahan di samping gaji bulanan, dan bisa bantu tingkatkan finansial.

Tapi masalahnya untuk memulai bisnis, kita sering terganjal dengan urusan modal. Tapi kita bisa pinjam modal usaha lewat fintech.

Baca Juga: Promo Breadtalk Terbaru, Dapatkan Loving Rolls Mulai Rp55 Ribu

Kankalau bisnis kita masih skala kecil, pasti butuhsuntikan dana untuk bertahan dan berkembang, tak cukup rasanya pakai uang simpanan sendiri.

Sebagian besar kita mungkin akan mengandalkan bank sebagai sumber utama peminjaman modal usaha, hanya saja pinjaman dari bank terkenal dengan prosesnya yang agak rumit dan lama, khususnya bagi pelaku usaha pemula.

Makanya, coba beralih memanfaatkan sumber modal lain seperti kefintech(financial technology) yang terkenal praktis dan mudah cair.

Baca Juga: Sambut Tahun Baru, McDonald’s Hadirkan Menu Baru Prosperity Burger

Fintechadalah penyedia platform (website atau aplikasi) perantara antara pemberi pinjaman dan penerima pinjaman untuk melakukan transaksi pinjam meminjam.

Tentu berdasarkan perjanjian melalui sistem elektronik.

Fintechterbuka bagi kita yang memiliki usaha di sektor industri kreatif yang masih belum banyak mendapat permodalan dari bank karena terkendala jaminan aset fisik.

Baca Juga: Pasti Cuan! Coba Investasi Reksa Dana Cuma Rp10 Ribu di Marketplace

“Ada gap cukup besar antara jumlah UMKM kita dengan jumlah kredit yang disalurkan. Artinya di luar sana masih banyak kebutuhan yang belum terlayani. Nah di situfintech peer to peer lendingseperti Investree ini masuk,” ujar Hartono, Senior Relationship Manager Investree, dikutip dari NOVA.id.

Karena berbasis digital, maka akses peminjaman lebih praktis dan bisa dilakukan di mana saja, kapan saja.

Jadi, bagaimana cara mengajukan pinjaman usaha melalui fintech?

Baca Juga: Mantap, Promo Makan Kenyang dan Murah KFC Double Big Box Value

1. Ajukan pinjaman secara digital di situs resmi perusahaanfintechyang sudah terdaftar dan mengantongi izin OJK dan lengkapi beberapa rincian data pribadi, termasuk invoice dan dokumen legalitas usahakita.

2. Jika persyaratan sudah lengkap maka aplikasi pinjaman akan dianalisis dan diseleksi melalui sistem yang ada padafintech.

3. Jika disetujui, pengajuan pinjaman kita tersebut akan ditawarkan di marketplace kepada para lender (pemberi pinjaman).

Baca Juga: Masih Ada Waktu, Belanja Lebih Murah Ratusan Produk di Giant

4. Jika dana sudah terkumpul maka akan segera dicairkan ke rekening kita. Selanjutnya, kita wajib mengembalikan uang pinjaman sesuai waktu dan nominal yang disepakati.

"Dua hari saja persetujuan selesai, sedangkan di bank lebih lama, bisa sebulan sendiri. Rata-rata dari persyaratan lengkap sampai disetujui butuh waktu dua sampai tiga minggu saja di fintech,” pungkas Hartono. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya