3 Cara Menghadapi Pelanggan Bisnis Online yang Mudah Dilakukan

Sabtu, 02 Januari 2021 | 18:30
iStockphoto

3 cara melayani pelanggan bisnis online

CERDASBELANJA.ID – Memang jadi tantangan tersendiri buat kita yang punya bisnis online, terutama saat menghadapi pelanggan.

Untuk itu, dibutuhkan cara menghadapi pelanggan bisnis online yang mudah dilakukan.

Maklum saja, jika kita salah cara, bisa-bisa pelanggan malah lari ke toko lain.

Baca Juga: Cara Melayani Pelanggan Bisnis Online, Pantang Emosi dan Marah

Berikut ini 3cara menghadapi pelanggan bisnis onlineyang mudah dilakukan ala Christina Lie, youtuber yang sering berbagi tips bisnis online:

1. Tutup dengan Pertanyaan

Bila ada pelanggan bertanya harga dan kesediaan barang, lebih baik hindari menutup pertanyaan.

Kita bisa memberikan pertanyaan lagi. Misalnya, Bagaimana kak, apakah mau?

Barang yang tersedia dengan warna biru, dan merah, kakak mau yang mana?

Menurut Christina Lie, founder 101red.com di akun YouTube pribadinya dengan judul “11 TIPS MENJAWAB CUSTOMER”, cara ini efektif untuk mempertahankan respon pelanggan.

2. Menghadapi Permintaan Diskon

Christina Lie menyarankan kita untuk tahan emosi bila ada pelanggan minta diskon.

Baca Juga: Terinspirasi Korea, Oentukmu.id Produksi Sabun yang Datangkan CuanBila kita memang bisa memberikan diskon, tidak apa-apa diberikan. Asal, harus ada timbal balik.

Misalnya begini, Kalau kakak ambilnya selusin, saya kasih diskon 10 persen, deh.

Potongan diskon yang diberikan untuk pelanggan biasanya bisa meningkatkan minat pelanggan mau membeli.

3. Berikan Manfaat Lebih

Tak bisa dimungkiri, kita pasti tergiur dengan banyak manfaat dari setiap produk yang hendak dibeli.

Sebab itu, saat pembeli komplain soal harga yang mahal, kita bisa jabarkan ke pelanggan tentang manfaat atau kualitas yang diberikan.

Nah, semoga 3cara menghadapi pelanggan ini bisa berguna buat bisnis online kita, ya.

Artikel ini pernah dimuat di Tabloid NOVA Edisi 1714.(*)

Editor : Yunus

Sumber : Tabloid Nova

Baca Lainnya