Follow Us

Lewat SnackVideo, Konten Kreator Ini Populerkan Teknik Main Sasando dengan 10 Jari

Winda - Selasa, 26 Oktober 2021 | 13:00
Natalino Mella adalah seorang konten kreator asal Kupang NTT
DOK. SnackVideo

Natalino Mella adalah seorang konten kreator asal Kupang NTT

CERDASBELANJA.ID – Sasando adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Alat musik ini terbuat dari bambu, daun lontar, kayu, dan senar string, sasando dimainkan dengan cara dipetik dan memiliki suara yang begitu merdu.

Mungkin, jika dibandingkan dengan alat musik tradisional Indonesia lainnya, seperti angklung, kulintang, gendang, atau bonang, sasando masih kalah populer.

Tapi bagi Natalino Mella, sasando adalah alat musik warisan budayanya yang sangat digemari olehnya.

Seiring dengan semangat Sumpah Pemuda, Natalino Mella ingin populerkan teknik main sasando lebih mudah dengan 10 jari lewat SnackVideo.

Laki-laki asala Kupang, NTT ini memiliki cara unik untuk memperkenalkan sasando, yaitu dengan menciptakan teknik 10 jari.

Baca Juga: SnackVideo Gelar Pelatihan Membatik untuk Rayakan Hari Batik Nasional

Ini tak lazim karena sasando biasanya dimainkan hanya dengan enam jari saja, tapi berkat teknik 10 jari, memainkan sasando menjadi lebih mudah.

Nah, sasando dan teknik 10 jari itu Natalino tampilkan lewat SnackVideo, salah satu platform video pendek yang tengah hits saat ini.

Awalnya Natalino kesulitan mempelajari sasando karena dirinya belajar secara otodidak, tapi Natalino akhirnya menekuni sasando secara serius sejak 2008

Natalino Mella memperkenalkan sasando lewat konten di SnackVideo
DOK. SnackVideo

Natalino Mella memperkenalkan sasando lewat konten di SnackVideo

Ketertarikan Natalino terhadap sasando memberikannya kesempatan untuk mengikuti pertukaran pemuda di program Ship for Southeast Asian Youth Programme (SSEAYP).

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest