Follow Us

Telehealth Bantu Jangkau Banyak Pasien, Halodoc Dukung Digitalisasi

Wulan - Minggu, 24 Oktober 2021 | 21:00
Halodoc dukung digitalisasi dokter lewat telemedicine
Dok. Halodoc

Halodoc dukung digitalisasi dokter lewat telemedicine

CERDASBELANJA.ID – Meskipun peran dokter sangat mendasar bagi kesejahteraan bangsa, Indonesia hanya memiliki 4,27 dokter untuk setiap 10.000 populasi pada 2018 .

Jumlah ini, terbilang cukup tertinggal dibanding negara tetangga seperti Filipina (6), Thailand (8,05), atau Singapura (22,9).

Kondisi ini, semakin dipersulit dengan tantangan yang dihadapi selama pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir dua tahun, serta merenggut ratusan pahlawan kesehatan.

Untuk itu, peranan teknologi yang mampu menjembatani akses yang lebih luas bagi pasien, serta keamanan bagi dokter di masa sulit ini semakin penting.

Berdasarkan hal tersebut, Kementerian Kesehatan RI telah mengeluarkan roadmap transformasi digital di sektor kesehatan hingga 2024 yang di dalamnya terdapat peranan telehealth, dalam membantu mewujudkan layanan kesehatan yang merata dan inklusif.

Baca Juga: Ketemu Barista Jamu Sekaligus Belajar Jadi Pengusaha Jamu di Omah Jamu Jeng Ratu: Ada Espresso dari Jamu!

Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan RI, Setiaji, S.T., M.Si., mengatakan, saat ini Kemenkes telah membentuk Digital Transformation Office dalam rangka mempersiapkan masa depan sistem kesehatan di Indonesia.

Di dalam beberapa tahun ke depan, masyarakat diharapkan bisa mengakses layanan kesehatan digital. Mulai dari dalam kandungan, hingga menghadapi kondisi kritis yang mana semua rekam medis akan terintegrasi pada satu sistem.

Dengan demikian, masing-masing orang nantinya akan memiliki personal health record.

“Teknologi seperti telehealth ini tidak hanya membantu para dokter meningkatkan skill, tetapi juga memperluas jangkauan layanannya,” ujar Setiaji, Jumat (22/10).

Chief Business Officer & Co-Founder Halodoc Doddy Lukito, juga menekankan pentingnya peran dokter dalam ekosistem Halodoc dan kemampuan teknologi, dalam memberikan akses pada masyarakat Indonesia yang lebih luas.

Menurut Doddy, sejak sebelum pandemi hingga saat ini pandemi masih berlangsung, layanan Chat Dokter di Halodoc masih menjadi yang paling diminati oleh 20 juta monthly active user (MAU).

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest