Follow Us

Dorong Literasi Keuangan, Kredivo Gencarkan Program Generasi Djempolan

Wulan - Kamis, 14 Oktober 2021 | 12:00
Kredivo gencarkan gerakan Generasi Djempolan untuk tingkatkan literasi keuangan milenial.
Dok. Kredivo

Kredivo gencarkan gerakan Generasi Djempolan untuk tingkatkan literasi keuangan milenial.

CERDASBELANJA.ID – Di tengah peningkatan indeks inklusi keuangan di Indonesia yang mencapai 76,19%, peningkatan indeks literasi keuangan masih berada pada 38,03%.

Hal ini lantas menjadi pekerjaan rumah, baik bagi pelaku industri keuangan maupun pemerintah.

Menjawab kebutuhan tersebut, Kredivo aktif berupaya meningkatkan kesiapan masyarakat Indonesia terhadap ekosistem keuangan digital. Khususnya, terkait pemanfaatan layanan keuangan digital secara bijak.

Baca Juga: Syarat Pinjam Uang di Kredivo, Uang Cair Kilat Cuma Butuh 5 Menit

Melalui gerakan Generasi Djempolan, sebagai gerakan literasi keuangan digital, Kredivo fokus melakukan edukasi bagi generasi muda di berbagai daerah, untuk menjadi generasi melek keuangan dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Kini, bertepatan dengan momentum Bulan Inklusi Keuangan dan tepat satu tahun sejak Generasi Djempolan diinisiasi, Kredivo menyambangi Kota Bandung, kota dengan ekonomi kreatifnya yang menjadi tulang punggung bagi pergerakan ekonomi daerah.

Menyandang status sebagai Creative City Network UNESCO, kompetisi pelaku ekonomi kreatif di kota tersebut pun juga semakin ramai. Tercatat, Bandung memiliki 126.184 unit usaha kreatif, jauh lebih banyak dibandingkan dengan Yogyakarta yang hanya memiliki 26.910 unit usaha kreatif, dan Bali dengan 37.857 unit usaha kreatifnya.

General Manager Kredivo Lily Suriani menjelaskan, sebagai pelaku industri ekonomi keuangan digital, Kredivo melihat potensi yang besar dari generasi muda yang melek keuangan bagi pertumbuhan ekonomi.

Melalui Generasi Djempolan, Kredivo berharap dapat turut menciptakan ekosistem keuangan digital yang kondusif, mengingat bonus demografi dari generasi muda di Indonesia, serta perannya sebagai agen perubahan di masyarakat.

“Di Bandung sendiri, generasi muda memiliki peran penting bagi pertumbuhan ekonomi lokal, melalui industri kreatif. Oleh karena itu, di tengah kompetisi yang semakin ketat, daya saing pelaku industri kreatif di kota ini harus senantiasa ditingkatkan,” ujar Lily dalam diskusi virtual, Jumat (8/10).

Baca Juga: Cara Pinjam Uang di Kredivo, Cuma Butuh 5 Menit Dana Langsung Cair

Lily menambahkan, Gerakan Generasi Djempolan diharapkan bisa membantu pelaku usaha kreatif untuk meningkatkan daya saingse, serta memberikan akses untuk membantu meningkatkan transaksi.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest