Follow Us

Rincian Lengkap Kuota Internet Gratis Kemendikbud Ristek, Tapi Maaf 39 Aplikasi Ini Tak Bisa Diakses, Termasuk TikTok dan Instagram

Yunus - Kamis, 05 Agustus 2021 | 09:00
Ilustrasi belajar dari rumah.
E+

Ilustrasi belajar dari rumah.

CERDASBELANJA.ID – Pandemi Covid-19 masih belum usai, aturan belajar dari rumah alias school from home pun masih diberlakukan.

Kabar baiknya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memutuskan memperpanjang bantuan kuota internet gratis di dunia pendidikan.

Tentu saja dilakukan untuk terus mendukung para siswa, mahasiswa, maupun tenaga pengajar bisa menyelenggarakan kegiatan belajar dengan baik, meski dari rumah.

Baca Juga: Promo Telkomsel, Penawaran Paket Internet Rahasia 7GB Cuma Rp10 Ribu

Seperti dikutip dari laman kuota-belajar.kemendikbud.go.id, disebutkan bahwa bantuan kuota gratis ini diberikan hingga November 2021.

Rincian lengkap kuota internet gratis Kemendikbud Ristek diungkap jelas di laman tersebut, termasuk 39 aplikasi yang tak bisa diakses menggunakan bantuan kuota itu.

“Bantuan paket kuota data internet adalah bantuan yang diberikan Kemendikbudristek kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen berupa kuota data internet seluler, dengan tujuan untuk menunjang pelaksanaan belajar dari rumah pada masa pandemi Covid-19,” demikian bunyi pemberitahuan di laman resmi tersebut.

Rincian lengkap pihak yang berhak menerima kuota internet gratis Kemendikbud Ristek adalah:

  • Peserta didik jenjang PAUD: 7 GB per bulan.
  • Peserta didik jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: 10 GB per bulan.
  • Pendidik jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah: 12 GB per bulan.
  • Dosen dan mahasiswa: 15 GB per bulan.
Baca Juga: Promo Cashback OVO, Beli Paket atau Pulsa Telkomsel Cashback 90%

Mereka yang berhak menerima kuota internet gratis itu bisa mendapatkan bantuan berdasarkan pengajuan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang sudah diverval alias verifikasi dan validasi.

Formulir SPTJM bisa diunduh dan diajukan (diunggah) di laman tersebut pada tanggal yang sudah dijadwalkan.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest