Follow Us

5 Cara Mengembangkan Inovasi Produk ala Tokopedia, Khusus Desainer

Wulan - Minggu, 01 Agustus 2021 | 19:00
Tokopedia membagikan cara mengembangkan inovasi produk
Dok. Tokopedia

Tokopedia membagikan cara mengembangkan inovasi produk

CERDASBELANJA.ID – Untuk mengembangkan inovasi produk baru, sebuah perusahaan tentunya perlu bantuan dari product designer.

Kali ini, Product Design Lead Tokopedia Dicki Dahrurozak akan membagikan cara mengembangkan inovasi produk baru di Tokopedia.

Di dalam desain produk, dikenal istilah ‘Design Thinking’ sebelum seorang desainer mengembangkan suatu produk.

Baca Juga: 5 Cara Buat Kartu Nama Bisnis ala Tokopedia, Bisa Tarik Perhatian

Design Thinking, adalah pendekatan yang berfokus pada pengguna dengan mengintegrasikan kebutuhan antara pengguna, teknologi, dan kepentingan bisnis.

“Penting untuk mengetahui target audiens yang ingin dituju karena desain sebuah produk akan mengikuti tren atau perilaku dari penggunanya,” ungkap Dicki dikutip dalam keterangannya, Sabtu (31/7).

Untuk membantu kita, Tokopedia membagikan 5 cara mengembangkan inovasi produk yang termasuk dalam kerangka ‘Design Thinking’.

1. Empathize

Cara mengembangkan inovasi produk baru yang pertama, adalah dengan berempati dengan kebutuhan pengguna dan selalu mengamati perilaku konsumen,

Cara untuk mengamati konsumen, bisa dilakukan melalui survei. Kita bisa menanyakan kepuasan mereka terhadap suatu produk, seperti apa yang mereka suka, mengapa memilih produk tersebut dan sebagainya.

“Berempati dengan kebutuhan pengguna, khususnya di tengah pandemi, sangat membantu dalam menciptakan inovasi produk yang relevan. Fitur ‘pakai promo’, misalnya, diharapkan tidak hanya membantu masyarakat memenuhi kebutuhan harian dari rumah dengan mudah tetapi juga terjangkau dan efisien,” jelas Dicki.

Baca Juga: 4 Cara Membedakan Produk Obat Palsu ala Tokopedia, Tetap Waspada

Halaman Selanjutnya

2. Define
1 2 3

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest