CERDASBELANJA.ID – Ada banyak metode pembayaran saat belanja di Alfamart, salah satunya pakai QRIS CPM OVO.
QRIS CPM OVO salah satu fitur baru dari aplikasi OVO yang kini bisa digunakan saat belanja di Alfamart.
Menggunakan QRIS CPM OVO, proses belanja di Alfamart yang kita lakukan jadi lebih cepat.
Seperti kita tahu, OVO yang dikenal dengan financial technology (fintech) unicorn pertama di Indonesia, menghadirkan metode pembayaran QRIS CPM (Customer Presented Mode).
Kemunculan fitur baru ini ditandai dengan kolaborasi bersama Alfamart, salah satu jaringan distribusi ritel modern terbesar di Indonesia.
QRIS CPM merupakan sistem pembayaran berbasis teknologi QR diyakini mampu memudahkan dan mempercepat pengguna dalam melakukan transaksi non tunai.
Saat melakukan transaksi, pengguna cukup menunjukkan kode QR yang ada pada aplikasi OVO, untuk dibaca dan dipindai oleh mitra merchant, misalnya oleh kasir Alfamart.
Kemunculan fitur ini diapresiasi Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan Indonesia, terhadap OVO yang dianggap konsisten menyediakan kemudahan transaksi uang elektronik guna mendukung upaya pemerintah menggiatkan transaksi non tunai.
“Pengkinian proses transaksi elektronik tentunya dapat mempercepat dan mempermudah pengguna saat bertransaksi, sehingga volume transaksi pun dapat mengalami peningkatan,” tambah Jerry.
Karaniya Dharmasaputra, Presiden Direktur OVO, mengungkapkan, “Inovasi QRIS CPM di aplikasi OVO adalah bentuk nyata dukungan kami terhadap inisiatif pemerintah dan Bank Indonesia dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.”
Baca Juga: Anti Ribet! Ini Cara Transfer OVO Ke DANA, Catat Kode Ajaibnya
Karaniya menambahkan, kolaborasi OVO dengan Alfamart, diharapkan semakin memungkinkan masyarakat di ratusan kota, kabupaten yang jauh dari kota besar, untuk bertransaksi digital secara mudah dan aman tanpa perlu membawa uang tunai.
Sementara di sisi lain, penggunaan QRIS CPM OVO di Alfamart dirasa semakin melengkapi opsi pembayaran cashless konsumen.
Selain memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi konsumen, juga meningkatkan efisiensi transaksi pembayaran di toko-toko Alfamart di seluruh Indonesia,” ujar Ryan Alfons Kaloh, Marketing Director Alfamart.
Hadirnya QRIS CPM di platform dompet digital OVO sejalan dengan misi Bank Indonesia dalam mendorong digitalisasi industri sistem pembayaran di tanah air.
Data Bank Indonesia 2022 mencatat transaksi uang elektronik melonjak sebesar 30 persen dan mencapai Rp399,6 triliun dari tahun sebelumnya.
Peningkatan itu terjadi karena beberapa faktor, di antaranya meningkatnya jumlah penerimaan dan preferensi masyarakat dalam berbelanja daring.
Selain itu, jangkauan yang semakin luas dan mudahnya sistem pembayaran digital, serta cepatnya perbankan digital.
Selain di Alfamart, OVO juga dapat digunakan sebagai metode pembayaran di merchant lainnya, seperti Alfamidi, Dan+Dan, Lawson, dan Alfagift.
Di Alfamart, tidak hanya sekedar melakukan pembayaran tetapi para pengguna juga sudah dapat melakukan pengisian saldo OVO (Top-up).
Artinya, penggunaan QRIS CPM OVO di Alfamart semakin memudahkan pengguna. (*)