Cara Menghilangkan Keloid dan Bekas Luka, Obat Ini Bisa Jadi Solusinya

Rabu, 22 Februari 2023 | 19:00
iStockphoto

Cara menghilangkan keloid

CERDASBELANJA.ID – Sobat Cerdas punya keloid atau bekas luka? Mungkin, kamu perlu cara menghilangkan keloid dan bekas luka seperti berikut ini.

Cara menghilangkan keloid dan bekas luka bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Jadi, buat kamu yang sedang berjuang untuk menghilangkan keloid atau bekas luka, simakcara menghilangkan keloid dan bekas luka ini ya.

Sebagai informasi, keloid adalah jenis benjolan yang terjadi pada kulit yang terdiri dari jaringan ikat yang terlalu banyak.

Beberapa faktor yang dapat menjadi timbulnya keloid antara lain adalah genetik dari keluarga, jenis kulit, dan usia.

Luka apa saja dapat menjadi keloid, namun ada beberapa luka yang lebih beresiko menjadi keloid dibandingkan yang lain, antara lain adalah luka bakar, luka infeksi, dan luka akibat operasi.

Jika seseorang mudah terkena keloid karena faktor genetik, maka terdapat tiga cara yang dapat digunakan untuk menghindari timbulnya keloid dari dalam tubuh, yaitu:

1. Berhati-hati saat menggunakan benda tajam

Pastikan menjadi ekstra berhati-hati saat menggunakan benda tajam, seperti pisau saat memasak atau pisau cukur saat bercukur. Karena luka terbuka yang timbul di kulit dapat menjadi keloid.

2. Tidak membuat tato atau tindikan di tubuh

Tato dan menindik adalah tindakan yang dengan sengaja membuat luka di bagian permukaan kulit. Maka jika sudah mengetahui kulit mudah memiliki keloid, sebaiknya hindari membuat tato atau tindikan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bisul Tanpa Obat, Belanja 6 Bahan Alami Ini

3. Merawat kulit agar tidak berjerawat

Bekas jerawat ternyata salah satu penyebab keloid yang umum terjadi di muka. Hal ini karena bekas jerawat yang meradang juga bisa menjadi keloid. Supaya muka tidak timbul jerawat di awal, sebaiknya lakukan perawatan wajah sesuai dengan jenis kulit dan tidak memencet atau memegang jerawat sembarangan.

Namun, jika bekas luka sudah terlanjur menjadi keloid, salah satu perawatan pertama kali yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan lembaran silikon gel seperti KeloPlast.

KeloPlast adalah penghilang bekas luka, berbentuk lembaran silikon gel yang lembut, elastis, dan menyerupai warna kulit.

Keloplast dapat membantu penyembuhan bekas luka keloid, bekas luka jaringan parut hipertrofik akibat tindakan operasi, luka karena trauma, dan bekas luka bakar.

Cara penggunaan Keloplast juga mudah, pertama gunting lembaran silikon gel sesuai dengan ukuran bekas luka yang ingin ditutup.

Kedua, tempelkan lembaran yang sudah digunting pada bekas luka keloid dan biarkan selama 4 jam pada 1-2 hari pertama.

Pada hari 3-4, kamu dapat menempelkannya lebih lama yaitu 8 jam. Tambahkan 2 jam durasi pemakaian setelah 2 hari pemakaian hingga totalnya menjadi 12 jam.

Keloplast dapat dicuci dan digunakan kembali untuk 2 minggu selama kondisinya masih baik.

Sebaiknya keloplast rutin dipakai untuk pengempesan keloid yang maksimal. Keloplast dijual dalam dua ukuran, yaitu 5 x 6 cm dan 6 x 10 cm dengan harga Rp36.000 sampai Rp80.000-an.

Kamu bisa membelinya di Apotek Kimia Farma, Apotek Century, Apotek Roxy, Watson, Apotek, Toko Obat, Shopee, dan Tokopedia. (*)

Editor : Annisa Octaviana

Baca Lainnya