Rekomendasi Panci Sehat dan Hemat Energi, Memasak Bisa Cepat Panas?

Minggu, 05 Februari 2023 | 10:00
DOK. SESA

Rekomendasi panci sehat

CERDASBELANJA.ID – Peduli akan kesehatan sudah mulai jadi kebiasaan sehari-hari, termasuk urusan memasak, itu sebanya rekomendasi panci sehat dan hemat energi dibutuhkan.

Rekomendasi panci sehat penting agar saat dipakai memasak tak mengandung material berbahaya bagi tubuh.

Sehingga rekomendasi panci sehat bisa membuat kita leluasa memasak.

Seperti kita tahu, sampai saat ini masih banyak alat-alat masak seperti panci, penggorengan, bahkan rice cooker yang masih menggunakan lapisan anti-lengket berbahaya.

Dalam makalah Temu Wicara Program Studi Magister Teknik Air Tanah Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) ITB dengan Jacobs Engineering tahun 2021 terungkap salah satu unsur paling sering dipakai untuk peralatan masak adalah substansi PFAS (Per- and Polyfluoroalkyl Substances).

Yaitu sebuah substansi kimia oleophobic (antiminyak) dan hydrophobic (antiair).

Karena sifatnya, substansi ini banyak dimanfaatkan dalam industri elektronik, dan otomotif.

Namun, jika digunakan dan terkonsumsi oleh manusia dan hewan, PFAS dapat menimbulkan beberapa gejala efek samping, di antaranya gangguan hormon tiroid hingga kanker.

PFAS akan terlepas dari permukaan panci ketika terkena panas yang berlebih, dan bercampur dengan makanan yang sedang dimasak.

Maka sia-sialah semua makanan sehat yang Anda sajikan untuk keluarga di rumah, jika masih menggunakan peralatan masak yang mengandung PFAS.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Produk Panci Listrik di Bawah Rp100 Ribu di Shopee

DOK. SESA

Panci sehat

Mengingat efek berbahaya substansi PFAS merupakan efek jangka panjang yang tidak akan terasa dalam waktu dekat, resikonya merupakan silent toxic bagi tubuh.

Hal ini mendorong SESA, perusahaan yang memproduksi, menjual, dan mendistribusikan produk sehat, untuk menghadirkan Greenpan sebagai jawaban dari masalah tersebut.

Melalui email yang dikirimkan, SESA menyebut Greenpan adalah brand panci sehat berlapis keramik antilengket dan antigores yang berasal dari material alami.

Lapisannya yang aman bagi kesehatan dinamakan Thermolon, yang terbuat dari bahan turunan pasir.

Sehingga tidak memerlukan bahan kima beracun seperti PFAS dan PFOA dalam proses produksinya.

“Karena terbuat dari bahan alami dan 0% racun, GreenPan 100% sangat aman jika bereaksi dengan panas seperti terkelupas atau tidak sengaja terbawa masuk ke dalam masakan,” ungkap Reni Rahmawati, Ahli Gizi dari SESA.

Kata Reni, selain tetap dapat menyajikan masakan bergizi, para ibu juga tak peru khawatir akan bahaya karsinogenik pemicu kanker yang terbawa masuk ke dalam tubuh saat memasak dengan Greenpan

Sebagai pelopor panci penggorengan berlapis keramik, Greenpan menjadikan Thermolon sebagai lapisan penghantar panas terbaik yang pernah diciptakan.

Selain tahan panas hingga 450 derajat celcius, Thermolon memungkinkan kita memasak cepat dengan lower heat sehingga hemat energi, namun dengan hasil maksimal.

Bahan keramik antilengketnya tidak memerlukan banyak margarin atau minyak untuk menggoreng, serta mudah dibersihkan dengan kain lembut dan air sabun tanpa menggosok berkali-kali.

“Karena tidak ada bahan kimia berbahaya seperti PFAS dan PFOA yang terlepas saat dipanaskan, maka GreenPan sangat wajib dimiliki oleh ibu hamil dan menyusui, serta masa MPASI,” ungkap Renny Hasibuan, Chief Marketing Officer SESA.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Panci Presto Terbaik, Bisa Beli di Shopee dan Tokopedia

Renny menambahkan, dengan reputasi sebagai inovator panci berlapis keramik antilengket, Greenpan dapat jadi solusi bagi ibu-ibu yang kerap khawatir akan keamanan peralatan masaknya.

Saat ini Greenpan sudah tersedia di platform e-commerce produk gaya hidup sehat SESA.ID yang merupakan salah satu unit bisnis yang bernaung di bawah bendera SESA.

Itulah rekomendasi panci sehat dan hemat energi dari SESA. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya