CERDASBELANJA.ID – Apa saja produk paling laris sepanjang 2022? Tokopedia baru saja mengungkap Tren Belanja di Tokopedia 2022.
Tren belanja di Tokopedia 2022 ini memotret produk-produk yang paling banyak dibeli Tokopedia, termasuk melalui layanan Tokopedia NOW maupun Dilayani Tokopedia.
Ada banyak produk yang tergambar dalam Tren Belanja di Tokopedia 2022 dari ragam kategori.
Lewat email yang dikirimkan, Tokopedia memberitahu bahwa sepanjang 2022, animo masyarakat menggunakan aplikasi belanja online Tokopedia masih tinggi.
Kategori Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik dan Fesyen menjadi kategori terpopuler di Tokopedia.
“Pengiriman terjauh tercatat dari Lhokseumawe ke Jayapura untuk produk Kopi Gayo,” jelas Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia.
Itu sebabnya Tokopedia tak berhenti untuk terus mengembangkan aplikasinya.
Sekaligus mendukung tumbuh kembang lebih banyak UMKM dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan melalui aplikasi belanja online.
Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif berpendekatan hyperlocal, dengan dukungan teknologi geo-tagging, antara lain melalui fitur Dilayani Tokopedia dan Tokopedia NOW!.
Tokopedia mencatat peningkatan transaksi lewat Dilayani Tokopedia sebesar 2,5 kali lipat.
Produk seperti popok anak, sembako dan detergen adalah produk paling banyak dibeli lewat Dilayani Tokopedia.
Baca Juga: Promo Akhir Pekan Diskon Hingga 50% di Tokopedia, 2 Jam Sampai!
“Kami juga melihat penjual yang memanfaatkan layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia mengalami rata-rata peningkatan penjualan lebih dari 5 kali lipat,” tambah Ekhel.
Di sisi lain, beras, telur ayam, mie instan dan roti menjadi produk yang paling laris lewat Tokopedia NOW!, layanan pengiriman produk kebutuhan harian dalam waktu maksimal 2 jam.
“Data internal kami mencatat pengguna yang memanfaatkan Tokopedia NOW! meningkat lebih dari 10 kali lipat,”ungkap Ekhel.
Masyarakat juga terus memanfaatkan berbagai produk atau layanan di Tokopedia untuk memenuhi beragam kebutuhan lain, salah satunya membayar pajak.
Sepanjang 2022, Penerimaan Negara, PBB dan E-Samsat menjadi jenis pajak yang paling banyak dibayar lewat Tokopedia.
“Kami juga melihat penjualan voucher makanan di Tokopedia meningkat hingga 6,5 kali lipat. Peningkatan signifikan terjadi di penjualan tiket event sebesar lebih dari 15 kali lipat,” jelas Ekhel.
Cari Inspirasi Sambil Belanja
Tokopedia menghadirkan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan di era social-commerce, di mana masyarakat cenderung mencari inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknya.
Kebutuhan itu diakomodir Tokopedia melalui kanal streaming video Tokopedia Play.
“Pada 2022, kami mencatat transaksi live shopping di Tokopedia Play meningkat hingga 2,5 kali lipat,” kata Ekhel.
Sementara itu, Tokopedia Affiliate juga terbukti terus mengalami perkembangan.
Baca Juga: Ini Cara Top Up Saldo E-Money Pakai Tokopedia Website dan Aplikasi
Tokopedia Affiliate mempermudah siapa pun memperoleh pendapatan dengan cara merekomendasikan produk atau toko di Tokopedia melalui media sosial.
Serta memberikan nilai tambah pada strategi pemasaran para pegiat usaha.
Tokopedia mencatat pengguna Tokopedia Affiliate meningkat lebih dari 11 kali lipat.
Agar semakin meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi belanja online, Tokopedia menghadirkan fitur Dark mode.
Fitur itu membuat tampilan aplikasi lebih nyaman saat digunakan di tempat yang minim cahaya.
Tokopedia juga telah meluncurkan fitur Shared Shopping untuk pengguna iOS untuk memudahkan pengguna berbelanja bersama keluarga atau kerabat.
Tak hanya itu, Tokopedia berkolaborasi dengan BRI menghadirkan layanan kartu kredit Tokopedia Card pada Juni 2022.
Kemudian pada Agustus 2022, Tokopedia juga menghadirkan layanan berlangganan PLUS by GoTo yang memberikan berbagai keuntungan.
Seperti bebas ongkir tanpa kuota, diskon spesial dan akses prioritas ke promo-promo terbatas.
Itulah fakta Tren Belanja di Tokopedia 2022. (*)