Banyak Diborong Belanja, Intip Tren Penjualan UMKM Selama Shopee 12.12 Birthday Sale

Rabu, 14 Desember 2022 | 21:00
Dok. Shopee

Catat tren belanja dan penjualan UMKM selama kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale.

CERDASBELANJA.ID – Momen akhir tahun sangat cocok dihabiskan dengan belanja beragam produk.

Pasalnya, ada banyak e-commerce yang memberikan promo belanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Salah satu platform yang banyak memberikan promo adalah Shopee, dalam kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale.

Kembali menutup akhir tahun dengan memberikan dampak positif, Shopee 12.12 Birthday Sale juga menjadi peluang dan kesempatan bagi para UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka sebelum pergantian tahun.

Kampanye yang berlangsung sejak 14 November hingga 12 Desember 2022 kemarin, hadir sebagai perpanjangan tangan untuk lini bisnis lokal mengembangkan strategi dalam menjangkau lebih banyak masyarakat di tengah animo belanja masyarakat yang tinggi.

Tidak hanya berperan dalam mewujudkan ekonomi digital yang inklusif, para pelaku usaha lokal dan UMKM juga kian menunjukkan potensinya melalui kualitas yang ditawarkan.

Hal ini, turut diimbangi dengan banyaknya pengguna yang semakin menikmati produk hasil karya lokal, dengan total pesanan untuk produk UMKM meningkat lebih dari 4 kali lipat pada puncak kampanye 12.12 Birthday Sale, dibandingkan dengan hari biasa.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, di Shopee segala sesuatu yang dihadirkan selalu didasari oleh semangat untuk senantiasa mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, melalui berbagai inovasi dan inisiatif Shopee.

Sejumlah promo, fitur, program, hingga kolaborasi yang tersedia pada kampanye 12.12 Birthday Sale kali ini, tidak hanya menjadi nilai tambah untuk pengalaman belanja online, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pelaku usaha menciptakan bisnis berkelanjutan dengan cara yang lebih kreatif.

“Menutup tahun ini dengan catatan performa yang baik, khususnya partisipasi UMKM yang kian meningkat, diharapkan dapat menjadi dorongan bagi kami ke depannya untuk memberikan lebih banyak manfaat dan kebahagiaan bagi seluruh ekosistem Shopee,” ujar Monica dalam keterangannya, Rabu (14/12).

Sebagai tempat bagi para pelaku usaha lokal mengembangkan bisnisnya, kampanye 12.12 Birthday Sale juga dimanfaatkan para UMKM dan mitra brand dalam menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Baca Juga: Cara Belanja di Shopee Bayar Pakai Bank Neo, Gunakan Virtual Account

Sepanjang 12 Desember, pengguna memanfaatkan penawaran menarik untuk mencari dan menikmati hasil karya lokal yang mana terlihat sejak pukul 00:00-01:00 WIB pengguna sudah banyak melakukan pesanan.

Sebagai festival belanja akhir tahun sekaligus perayaan ulang tahun Shopee yang ke-7 tahun ini, kampanye 12.12 Birthday Sale juga memperlihatkan tren baru di tengah pengguna untuk produk-produk hasil karya lokal.

Menjelang akhir tahun, kategori Kecantikan semakin diminati masyarakat. Ragam jenis dan kualitas produk lokal yang sudah tidak diragukan lagi terus mendapatkan hati masyarakat yang mana Lipstik, Eyeliner, dan Parfum menjadi produk yang paling banyak dicari pengguna di puncak 12.12, untuk mempersiapkan acara akhir tahun makin percaya diri.

Selain itu, permintaan akan kategori Pakaian Wanita masih terus meningkat hingga di puncak Shopee 12.12 kemarin.

Gaya kasual pun diprediksi akan menjadi tren untuk berbusana nyaman menjelang acara perayaan akhir tahun, yang mana Celana Kulot dan Kemeja Linen berhasil menjadi produk UMKM pilihan para pengguna.

Kategori Makanan & Minuman, seperti Makanan Instan dengan kemasan kekinian banyak dibeli pengguna untuk menjadi pilihan hampers akhir tahun bagi orang terkasih.

Shopee mewujudkan komitmennya, dengan menghadirkan pengalaman berbelanja lebih interaktif lewat kampanye 12.12 Birthday Sale.

Selama hampir sebulan penuh kampanye berlangsung, Shopee menciptakan kebersamaan bagi seluruh ekosistem untuk menikmati dan berpartisipasi dalam rangkaian fitur interaktif melalui tayangan Shopee Live, konten hiburan di Shopee Video, dan permainan-permainan Shopee Games.

Menawarkan solusi untuk memperkuat strategi melalui interaksi lebih personal antara penjual dan pembeli, kehadiran Shopee Live tidak hanya dimanfaatkan para pelaku usaha dalam mempromosikan produknya secara lebih kreatif, tetapi juga sebagai ruang komunikasi dengan pembeli ketika ingin menunjukkan detail produk yang diminati secara lebih dalam.

Pada sesi livestream di sepanjang kampanye 12.12 Birthday Sale pun tercatat, pengguna menghabiskan waktu hingga 15 juta jam untuk menonton Shopee Live yang menunjukkan bahwa fitur ini telah menjadi cara baru untuk berbelanja online secara lebih interaktif dan terpercaya.

Menariknya lagi, kehadiran Shopee Video juga telah memberikan kemudahan pengguna dalam menemukan rekomendasi, ataupun ulasan produk yang dibutuhkan ketika ingin berbelanja online.

Baca Juga: Perbedaan Limit Shopee PayLater Pengguna Baru dan Lama, Cukup 5 Menit Uang Belanja Langsung Cair

Apalagi, lebih dari 450 ribu produk ditampilkan menggunakan hashtag #RacunShopee di Shopee Video.

Tidak hanya itu, pengguna juga memanfaatkan fitur-fitur lain, yaitu Shopee Games untuk menemani waktu luang mereka.

Di 12.12 Birthday Sale kali ini, versi terbaru dari in-app games Shopee Pets juga mendapat antusiasme yang tinggi yang mana pengguna berhasil mengumpulkan lebih dari 165 juta Koin Shopee selama 10 hari sejak Shopee Pets diluncurkan pada 2 Desember lalu.

Tidak hanya menyebarkan kemeriahan akhir tahun bersama mitra brand di kota-kota besar, kampanye 12.12 ShopeePay Birthday Sale juga turut mendorong perkembangan lini bisnis di kota non-metropolitan.

Sepanjang kampanye berlangsung, fitur ShopeePay Sekitarmu terus menjadi daya tarik dan memenangkan hati para pengguna, bahkan daerah di luar kota non-metropolitan seperti Sidoarjo, Gresik, dan Jombang termasuk sebagai daerah yang paling banyak memanfaatkan voucher ShopeePay Sekitarmu.

Fitur online-to-offline berbasis lokasi ini, memungkinkan pengguna untuk menemukan berbagai voucher menarik dan hemat dari beragam merchant yang ada di sekitar mereka.

Semangat yang sama juga terlihat di ShopeeFood yang mana para pengguna serta pelaku usaha lokal turut merasakan manfaat lebih, dengan hadirnya rangkaian penawaran melalui ShopeeFood 12.12 Pesta Makan yang mendorong transaksi UMKM kuliner di berbagai daerah.

Menu Mie Ayam, Ayam Geprek, dan Nasi Goreng termasuk sebagai beberapa jenis kuliner lokal yang paling banyak dipesan oleh para pengguna ShopeeFood dari merchant UMKM selama kampanye berlangsung.

Monica melanjutkan, melalui Shopee 12.12 Birthday Sale kali ini, Shopee berupaya untuk memberikan manfaat dan dampak positif yang dapat menjangkau seluruh lini bisnis, guna menjadi batu loncatan untuk terus berkembang dan menyambut tahun yang baru secara optimis.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan pengguna dan penjual, serta berharap dapat terus melayani masyarakat Indonesia untuk membantu memenuhi kebutuhan mereka melalui ekosistem digital yang inklusif,” tutup Monica. (*)

Tag

Editor : Yunus