Cara Belanja di Jepang Pakai QRIS, Tak Perlu Tukar Mata Uang Lagi

Minggu, 11 Desember 2022 | 17:00
DOK. Freepik

BI menawarkan cara belanja pakai QRIS di Jepang

CERDASBELANJA.ID – Biasanya cara belanja di luar negeri harus menukar uang dari rupiah ke mata uang negara yang dituju.

Tapi baru-baru ini BI (Bank Indonesia) mengumumkan cara belanja di luar negeri yang lebih mudah, yaitu dengan menggunakan QRIS.

Cara belanja di luar negeri pakai QRIS yang diumumkan oleh BI ini sudah berlaku di beberapa negara, yang terbaru ada Jepang.

Setelah Singapura dan Thailand, kini giliran BI memperluas digitalisasi penggunaan QRIS ke Jepang.

Dilansir dari kompas.com, Perluasan jaringan sistem pembayaran ini dilakukan antara BI dan Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang.

Kerjasama ini diresmikan melalui penandatanganan Nota Kerja Sama (NK) terkait pembayaran berbasis QR code pada Jumat (9/12).

Deputi Gubernur Dody Budi Waluyo mengatakan, kerjasama ini akan menjadi perhatian utama bagi regulator dan industri.

Hal itu mengingat hal ini memperkuat hubungan ekonomi antara Indonesia dan Jepang.

"Harapannya, hal ini dapat mendorong digitalisasi sistem pembayaran baik di Indonesia maupun Jepang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (9/12).

Kerja sama sistem pembayaran berbasis QR code ini sekaligus menjadi wujud nyata implementasi dari G20 Roadmap for Enhancing Cross-border Payments.

Selain itu, juga menjadi terobosan dalam memperkuat integrasi ekonomi kawasan sejalan dengan Keketuaan Indonesia pada ASEAN and co-Chairmanship Jepang pada ASEAN+3 di tahun 2023.

Baca Juga: Cara Belanja di Thailand Pakai QRIS, Cukup Sekali Scan Transaksi Beres

Selain itu, konektivitas pembayaran juga perlu dikaitkan dengan kerangka kerja untuk mendorong penggunaan uang lokal.

Terutama dalam rangka mendukung kegiatan perdagangan dan investasi internasional sehingga tercipta transaksi ritel dan wholesale lintas batas yang efisien.

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Masyarakat Indonesia Bakal Bisa Transaksi Belanja di Jepang Pakai QRIS".(*)

Editor : Presi

Baca Lainnya