Tokopedia Umumkan Pemenang Beauty Awards 2022, Bisa Jadi Referensi Belanja

Sabtu, 03 Desember 2022 | 12:00
Dok. Tokopedia

Tokopedia umumkan pemenang Beauty Awards 2022, bisa jadi referensi belanja!

CERDASBELANJA.ID – Pencinta belanja produk kecantikan wajib tahu kalau Tokopedia sudah mengumumkan brand pemenang Tokopedia Beauty Awards 2022.

Melalui ajang penghargaan tahunan Tokopedia Beauty Awards (TBA) 2022, Tokopedia mengumumkan 25 produk terbaik dari merek lokal kecantikan dan perawatan diri versi pilihan masyarakat yang sering dibelanjakan.

Bisa dibilang, 25 produk pemenang Tokopedia Beauty Awards 2022 merupakan produk yang sering dibelanjakan dan jadi favorit masyarakat.

Hasil ini, ditentukan berdasarkan ratusan ribu votes yang terkumpul melalui halaman khusus di aplikasi Tokopedia sepanjang 1-20 November 2022 lalu.

AVP of FMCG-Long Tail Tokopedia Marina Anggraini menjelaskan, Tokopedia sangat mengapresiasi masyarakat yang telah memberikan suara, khususnya kepada merek lokal kecantikan dan perawatan diri pilihannya lewat TBA 2022.

“Hasil votes menunjukkan, produk dari pegiat usaha lokal kecantikan dan perawatan diri makin menjadi pilihan utama masyarakat,” ujar Marina di Jakarta, Kamis (1/12).

Tidak hanya melalui votes, pemenang juga dipilih berdasarkan beberapa kriteria, mulai dari popularitas brand di media sosial mainstream, hingga perkembangan produk mereka di Tokopedia, seperti seberapa sering dicari masyarakat dan peningkatan penjualan yang signifikan.

Para pemenang akan mendapat berbagai benefit untuk menunjang usaha. Di antaranya, adalah modal pemasaran berupa saldo beriklan TopAds, badge TBA 2022 yang dapat meningkatkan kepercayaan pembeli, hingga pelatihan terkait manajemen bisnis dari pakar industri.

Selain TBA, Tokopedia telah menghadirkan banyak inisiatif lain untuk membantu tumbuh-kembang para pegiat usaha lokal kecantikan dan perawatan diri, khususnya UMKM, sekaligus mempermudah masyarakat mengakses produk mereka.

Mulai dari Tokopedia Beauty Dealight, Beauty Flash Friday, Bangga Buatan Indonesia, dan masih banyak lagi.

Inisiatif Hyperlocal juga terus digencarkan, untuk mendekatkan pembeli dengan penjual di mana pun mereka berada agar pembeli bisa mendapatkan produk kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien.

Baca Juga: Jadi Rekomendasi Belanja, Pengguna Tokopedia Affiliate Program Meningkat

Inisiatif ini juga terus digaungkan agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang, tanpa harus pindah ke kota besar.

“Salah satu manifestasi Hyperlocal adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli,” jelas Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia Sherine Pranata.

Sherine menambahkan, “Ada pula Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) yang memungkinkan penjual–termasuk UMKM kecantikan dan perawatan diri–menitipkan produk di gudang pintar pada wilayah-wilayah dengan permintaan tinggi, agar masyarakat bisa mendapatkan produk dari para penjual ini dengan lebih cepat dan efisien.”

Berkat kehadiran deretan inisiatif tersebut, Tokopedia mencatat berbagai temuan menarik khususnya di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri pada kuartal III 2022, yakni sebagai berikut.

Subkategori paling laris: Masker Kecantikan, Perawatan Wajah, dan Makeup Wajah.

Wilayah dengan kenaikan jumlah transaksi tertinggi: Pandeglang (Banten), Ciamis (Jawa Barat), Magelang (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Manado (Sulawesi Utara).

Wilayah dengan kenaikan jumlah penjual tertinggi: Bandar Lampung (Lampung), Garut (Jawa Barat), Magelang (Jawa Tengah), Denpasar (Bali), dan Balikpapan (Kalimantan Timur).

Wilayah dengan kenaikan jumlah pembeli tertinggi: Muaro Jambi (Jambi), Demak (Jawa Tengah), Alor (Nusa Tenggara Timur), Bantaeng (Sulawesi Selatan), dan Halmahera Tengah (Maluku Utara). (*)

Tag

Editor : Yunus