CERDASBELANJA.ID – Masyarakat saat ini lebih memilih belanja onlinemelalui e-commerce seperti Shopeeuntuk penuhi kebutuhan.
Dengan belanja online di Shopee, masyarakat menilai lebih praktis hanya tinggal menunggu barang sampai ke rumah.
Melalui semua kemudahan dalam belanja online di Shopee, tak heran jika masyarakat saat ini semakin dimanjakan.
Tapi walaupun praktis, tak menutup kemungkinan adanya beberapa kendala yang terjadi ketika belanja online.
Kendala yang bisa saja dialami ketika belanja online yaitu misalnya pesanan tiba-tiba dibatalkan otomatis.
Tak perlu panik ketika pesanan kita dibatalkan secara otomatis oleh Shopee saat belanja online.
Kita hanya perlu memahami apa saja alasan yang bisa membuat pesanan kita dibatalkan secara otomatis.
Dikutip dari laman resminya, ada 4 alasan pesanan dibatalkan otomatis oleh Shopee yang wajib diketahui berikut ini.
Alasan pertam, tidak menyelesaikan pembayaran dalam batas waktu yang ditentukan setelah melakukan pemesanan.
Selain itu, alasan lainnya yaitu penjual tidak mematuhi batas waktu pengiriman yang ditetapkan untuk produk mereka.
Alasan lainnya bisa jadi karena penjual tidak aktif selama lebih dari 7 (tujuh) hari sejak pesanan dibuat.
Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Daftar Biaya yang Dibebankan ke Pengguna Saat Belanja COD di Shopee
Terakhir, status pesanan COD (Bayar di Tempat) kita gagal terverifikasi atau pembayaran pesanan non-COD gagal terverifikasi.
Jika kita mengalami pesanan dibatalkan otomatis oleh Shopee, solusinya kita bisa melakukan belanja ulang.
Sebagai informasi, Shopee mewajibkan penjual untuk mengirimkan pesanan dalam periode Dikemas (tidak terhitung akhir pekan dan hari libur).
Masa pengemasan pesanan di Shopee dapat berkisar antara 2-30 hari, tergantung pada jenis produk.
Untuk memeriksa batas waktu pengiriman pesanan kita, buka menu Dikemas yang terletak di bawah Pesanan Saya di halaman Saya > cek batas waktu pengiriman.(*)