Catat 3 Cara Belanja Online di TikTok Shop, Dijamin Aman dan Mudah

Sabtu, 12 November 2022 | 16:00
kemenkopukm

Cara belanja di TikTok Shop

CERDASBELANAJA.id- Saat ini, cara belanja online semakin beragam.

Bahkan, kini kita bisa belanja online lewat media sosial seperti Instagram atau TikTok.

Bicara soal belanja online di TikTok, kita bisa membeli barang yang kita incar lewat TikTok Shop.

Menariknya, diTikTok Shop, kita bisa berbelanja sekaligus menyaksikan konten-konten yang menghibur.

Nah, bagi yang mau belanja di TikTok Shop untuk pertama kali, Desey Muharlina Bungsu, Fashion Category Lead TikTok Shop Indonesia membagikan beberapa tips yang dapat dicoba sebagai berikut.

1. Mengikuti brand yang disuka

Menurut Dessey, setiap orang tentu memiliki preferensi brand masing-masing.

Nah, untuk itu, para pengguna bisa langsung mencari brand yang disuka dan mengikutinya.

"Kalau sudah di-follow, biasanya brand tersebut akan memberikan notifikasi kalau sedang melakukan live streaming atau mengunggah video pendek," kata dia.

Dari situ, kita bisa mengetahui produk-produk baru yang ditawarkan, sampai bagaimana cara menggunakannya melalui live streaming.

2. Menonton lebih banyak video

Baca Juga: Rekomendasi Sabun Pemutih Badan Viral di TikTok, Belanja Tak Perlu Mahal

Selain mengikuti brand yang memang sudah disukai, Dessey juga menyarankan kita untuk menonton lebih banyak video dari brand yang ada di TikTok Shop.

Hal ini tidak hanya memudahkan kita untuk mendapatkan produk yang diinginkan, namun juga bisa menjadi panduan untuk berbelanja produk dari brand lain yang belum banyak dikenal tetapi memiliki kualitas bagus.

"Banyak sekali brand yang mungkin belum dikenal tetapi punya barang yang tidak kalah berkualitas dan harga yang terjangkau," ujar Dessey.

"Jadi, sering menonton video di TikTok Shop bisa menambahkan kita lebih banyak refensi," tambah dia.

Selain kegiatan live stream, fitur video singkat juga biasanya menjadi pilihan brand di TikTok Shop untuk memasarkan produk melalui konten yang menghibur.

Dessey mengungkapkan, secara kumulatif terdapat 362.637 penjual dari kategori fashion yang telah meningkatkan jumlah unggahan video mereka.

Bahkan catatan ini berhasil menorehkan nama di museum rekor Indonesia (Muri) atas akumulasi produksi video pendek terbanyak dalam waktu dua minggu dari kategori fashion.

"Banyak brand, merchant, serta kreator di TikTok Shop yang telah melihat hasil positif dengan mengunggah video singkat secara konsisten, yang membantu mereka mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan peluang penjualan," kata dia.

3. Memilih akun yang sudah terverifikasi

Dalam keamanan berbelanja di TikTok Shop, Dessey memastikan bahwa ada tim khusus yang bekerja melakukan review terhadap semua penjual.

"Pertama melalui verifikasi. Brand yang sudah terverifikasi bisa dilihat akunnya ada centang biru atau hijau, itu membuktikan bahwa seller sudah pasti terpercaya," katanya.

Baca Juga: Cara Belanja Jam Tangan The Watch Co. di TikTok Shop, Banyak Diskon!

"Tapi kalau brand itu masih baru bergabung dan belum ada tanda verifikasi, kita bisa melihat dari pembuktian legalnya," jelas dia.

Menurut Dessey, biasanya tim dari TikTok akan memeriksa apakah pemilik brand secara resmi memiliki brand tersebut atau tidak.

"Kalau itu terbukti resmi pemiliknya, maka di produknya ada verifikasi produk terpercaya. Jadi, itu bisa menjadi panduan bagi para pengguna TikTok Shop untuk berbelanja dengan aman," imbuh dia.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul3 Tips Mudah dan Aman Berbelanja Online di TikTok Shop.

Editor : Presi

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya