Fenomena Skincare Artis, Wajib Cek Ini Saat Belanja Sebelum Menyesal

Rabu, 12 Oktober 2022 | 13:00
DOK. Scarlett

Cerdas belanja di tengah fenomena skincare artis

CERDASBELANJA.ID – Fenomena skincare artis memang tengah menjamur beberapa tahun terakhir meramaikan pilihan dalam belanja.

Saat ini ada banyak artis yang menawarkan belanja skincare dengan brand-brand yang dimilikinya.

Misalnya saja di Indonesia, kita bisa memilih belanja skincare artisSkin Soulmilik Amanda Manopo, atau juga Scarlett milik Felicya Angelista.

Kalau di luar negeri, skincare artis beberapa diramaikan oleh Rihanna, Kim Kardashian, Hailey Bieber, Kylie Jenner, dan masih banyak lagi.

Popularitas dan penampilan mereka memang sangat efektif untuk meningkatkan daya tarik untuk calon pembeli.

Tak heran jika antusiasme publik cukup tinggi ketika produk tersebut pertama kali dirilis ke pasaran.

Namun banyak juga yang sanksi dengan kualitas skincare yang dijual dan menganggap para pesohor itu sekedar aji mumpung.

Dilansir dari Kompas.com, ada hal penting yang wajib dicek saat ingin belanja skincare apapun termasuk skincare artis.

“Semuanya tergantung pada bahan dan formulasinya,” ujar Dr. Dendy Engelman, dokter kulit kosmetik bersertifikat dan ahli bedah di Shafer Clinic di New York.

Engelman menyarankan kita untuk lebih teliti soal bahan yang dipakai dan menyesuaikannya dengan kebutuhan kita.

Sering kali, brand skincare miliki artis dibandrol dengan harga lebih mahal daripada merek lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Serum Scarlett Serba Rp65 Ribu, Diskon 20% di Shopee

Padahal produk tersebut memiliki kandungan yang serupa dengan pesaingnya yang lebih terjangkau.

Namun selain faktor kecocokan produk, ini juga dipengaruhi sejauh apa afinitas kita pada artis tersebut.

Hanya saja, Engelman meminta kita untuk lebih berhati-hati pada klaim yang dijanjikan dengan berpatokan pada penampilan si pemilik produk.

Konsumen sering tergoda dengan produk tertentu dengan harapan memiliki penampilan yang serupa.

Hal itu dilakukan tanpa menyadari jika artis tersebut sebenarnya menjalani perawatan kulit yang lebih mahal dan kompleks.

Termasuk pula dengan kunjungan rutin dan privat ke dermatologis untuk mengatasi masalah penampilan mereka.

Di sisi lain, ahli kimia kosmetik Esther Olu menilai semakin banyak selebritas pemilik brand skincare sadar dengan posisinya sebagai panutan.

“Saya merasa ada rasa tanggung jawab yang diberikan kepada pendiri dan pengembang merek saat merumuskan produk,” katanya.

Jadi dibandingkan melihat siapa pemilikskincare,lebih baik cek kebutuhan kulit kita agar tidak berlebihan dalam perawatan yang justru menguras dompet tanpa hasil maksimal.

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Tren Skincare Milik Artis, Benar Bermanfaat atau Sekadar Aji Mumpung?".(*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya