Viral WNA Bagikan Mi Instan ke Penumpang Saat Jadwal Kereta Ngaret, KAI Minta Maaf Hanya Belanja Air Mineral

Selasa, 11 Oktober 2022 | 14:00
DOK. Twitter @ella_916

Foto viral WNA belanja mi instan untuk penumpang KAI di Stasiun Cipari

CERDASBELANJA.ID – Sebuah foto viral beredar dalam media sosial yang memperlihatkan WNA (Warga Negara Asing) belanja mi instan.

Hal yang membuat foto ini viral yaitu WNA tersebut belanja mi instan untuk dibagikan kepada penumpang Kereta Api Indonesia (KAI).

WNA tersebut belanja mi instan lalu membagikannya kepada penumpang kereta di Stasiun Cipari pada Sabtu (8/10) kemarin.

Aksi WNA bagi-bagi mi instan ini terjadi saat jadwal kereta ngaret akibat jalur rel ambles hingga harus menunggu hampir 8,5 jam.

Dilansir dariKompas.com, unggahan dari akun @ella_916 ini menyebut tidak ada kompensasi dari pihak KAI saat terjadinya penundaan keberangkatan.

“Setelah nunggu 8.5 jam hanya dikasih 1 botol air Aqua kecil,” tulis pemilik akun tersebut dalam unggahannya yang viral.

Menanggapi hal tersebut, VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan permintaan maaf atas gangguan perjalanan kereta.

Sesuai aturan resmi, kata dia, para penumpang yang tertahan lebih dari 5 jam berhak mendapatkan service recovery berupa makanan berat.

Sedangkan, mereka yang tertahan 3 jam berhak mendapatkan makanan ringan dan minuman.

"Sesuai aturan, pelanggan yang kedatangan perjalanan KA nya terlambat lebih dari 5 jam berhak mendapatkan Service Recovery berupa makanan berat," ujar Joni.

Joni menjelaskan, service recovery di rangkaian kereta menjadi terhambat dan sulit diberikan kepada para penumpang karena kereta tertahan di tengah-tengah jalur.

Baca Juga: 3 Fasilitas Khusus Kereta Taksaka Hype Trip, Belanja Tiketnya di Mana?

"Pada postingan yang viral tersebut, pelanggan KA Argo Wilis perjalanan 8 Oktober 2022, telah diberikan Service Recovery berupa makanan berat,” ujarnya lagi.

Namun karena kendala ruang dan terbatasnya stok makanan berat tersebut, baru bisa diberikan secara bertahap di Stasiun Kroya dan Stasiun Kutoarjo.

Lebih lanjut, Joni kembali menyampaikan permohonan maaf kepada penumpang atas ketidaknyamanan.

"KAI berupaya sebaik mungkin untuk dapat memberikan service recovery sesuai ketentuan pada kesempatan pertama," ucap Joni.

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Viral WNA Bagikan Mi Instan ke Penumpang Kereta, KAI: Makanan Berat Baru Diberikan di Stasiun Kroya dan Kutoarjo".(*)

Editor : Presi

Baca Lainnya