CERDASBELANJA.ID – Sejalan dengan perkembangan industri fesyen, khususnya fesyen muslim dan modest, yang berkembang pesat, Tokopedia menghadirkan festival belanja Muslim Fash Forward.
Category Development Senior Lead Tokopedia Aldhy Darmayo menjelaskan, Tokopedia menghadirkan kampanye belanja Muslim Fash Forward untuk mengajak berbagai mitra berkolaborasi membuat ekosistem yang lebih besar di Tokopedia.
Menurut Aldhy, Muslim Fash Forward bisa jadi panggung untuk para UMKM lokal dan meluncurkan koleksi terbarunya dan menunjukkannya ke konsumen agar bisa langsung dibelanjakan.
“Muslim Fash Forward juga jadi kampanye bagi buyer agar mereka bisa menemukan pegiat lokal, serta bisa menemukan fashion muslim modest wear. Kami harap, melalui acara ini ada semakin banyak lagi pegiat usaha lokal yang menemukan inspirasi agar bisa berkancah di negara sendiri,” ujar Aldhy dalam konferensi pers, Kamis (2/8).
Aldhy menjelaskan, untuk para pembeli yang sedang mencari produk fashion muslim, kampanye Muslim Fash Forward punya produk beragam.
“Mulai dari baju koko, gamis, atasan, dan sebagainya dari beragam brand terkemuka. Para brand ini, juga melakukan peluncuran eksklusif yang hanya ada di Tokopedia. Jika ingin belanja lebih murah, Tokopedia juga menghadirkan diskon dan flash sale,” jelasnya.
Aldhy sendiri melihat, industri fesyen terus menjadi salah satu kategori paling laris di Tokopedia.
Tokopedia juga mencatat, selama semester I-2022, produk paling laris di subkategori Fesyen Muslim antara lain gamis wanita, blus muslim, dan hijab segi empat.
Tingginya kebutuhan masyarakat akan produk fesyen muslim dan modest, mendorong Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, termasuk UMKM lokal, dalam menghadirkan kampanye tahunan Muslim Fash Forward hingga 9 September 2022.
Muslim Fash Forward 2022, menghadirkan beragam pilihan produk fesyen muslim dan modest termasuk dari UMKM lokal, serta berbagai promo menarik untuk belanja lebih hemat.
Di antaranya seperti diskon hingga 90%, cashback hingga Rp100.000, flash sale mulai dari Rp1.000, serta peluncuran eksklusif dari para pegiat usaha fesyen muslim dan modest lokal.
Baca Juga: Era Social Commerce, Tren Belanja di Tokopedia Play dan Tokopedia Affiliate Meningkat
Gonegani, Deenay, dan DOA adalah contoh pegiat usaha lokal yang memanfaatkan platform digital Tokopedia untuk memulai dan mengembangkan bisnis, salah satunya dengan berpartisipasi dalam kampanye Muslim Fash Forward 2022.
Pemilik usaha Gonegani Khairul Gani mengatakan, sejak bergabung dengan Tokopedia pihaknya bisa menjangkau pasar sampai ke Papua.
“Tokopedia bahkan menyumbang hingga puluhan juta rupiah dari keseluruhan omzet kami,” ungkap Khairul.
Pada kampanye Muslim Fash Forward 2022, Gonegani akan meluncurkan koleksi eksklusif dengan bahan premium yang mengusung konsep elegan, simpel, dan menawan.
Di sisi lain, ada Deenay yang bergabung dengan Tokopedia sejak 2019. Pemilik usaha Deenay Trini Midiati Yuniar mengatakan, Deenay rutin mengikuti kampanye Tokopedia.
“Setiap mengikuti kampanye di Tokopedia, transaksi Deenay bisa melonjak hingga 70%. Pada Muslim Fash Forward 2022, kami akan meluncurkan koleksi eksklusif terbaru di Tokopedia dengan tema geometric-color,” jelas Trini.
Selain, Gonegani dan Deenay, ada juga DOA. Usaha milik selebriti Dewi Sandra ini menghadirkan koleksi busana muslim yang sesuai syariat Islam, tetapi tetap modern dan modis. Koleksi DOA terinspirasi dari cerita di dalam Al-Qur’an, sejarah Islam, dan tokoh muslim.
“Tokopedia berkontribusi hingga 40% dari keseluruhan omzet penjualan DOA. Bahkan di tahun 2022 terjadi peningkatan transaksi yang signifikan dibandingkan dengan 2021. Pada MFF 2022, DOA akan mengeluarkan produk eksklusif baru ‘Lucia Series’ yang terinspirasi dari kota Andalusia, sebuah kota yang menyimpan cerita mengenai perkembangan Islam,” tutup Pemilik Usaha DOA, Dewi Sandra. (*)