Cara Dapat Uang ala Food Vlogger, Belanja Makanan dan Buat Konten Kuliner

Kamis, 01 September 2022 | 16:00
Dok. ShopeeFood

Intip bagaimana cara dapat uang dengan belanja makanan dan membuat konten kuliner

CERDASBELANJA.ID – Pada era digital ini, ada banyak cara dapat uang yang bisa diterapkan masyarakat agar bisa belanja lebih puas.

Salah satu cara dapat uang yang bisa dicoba masyarakat untuk menghasilkan uang belanja, adalah menjadi konten kreator.

Hanya dengan menjadi konten kreator, kita berkesempatan menerapkan cara dapat uang yang cukup efektif dan bisa menambah alokasi uang belanja kita.

Lebih dari sekadar menjadi saluran untuk membangun relasi dan berkreasi, media sosial juga turut berperan dalam melahirkan sebuah profesi baru, yaitu konten kreator.

Di tengah perkembangan transformasi digital yang semakin pesat, profesi konten kreator ini sekarang semakin bertumbuh menjadi sebuah ladang penghasilan yang cukup menjanjikan.

Tak ayal jika semakin banyak orang berlomba-lomba menekuni profesi yang satu ini, dengan membuat konten yang unik dan kreatif untuk menarik perhatian warganet.

Salah satu jenis konten yang paling populer di kalangan warganet adalah konten kuliner. Tidak heran jika banyak konten kreator yang memilih untuk fokus membuat konten menarik seputar kuliner.

Andre Sarwono, selaku food vlogger terkenal asal Indonesia ini adalah salah satu contohnya.

Sosok di balik akun @makanterusss yang kini sukses memiliki lebih dari 2,3 juta pengikut di Instagram ini, aktif membagikan konten ulasannya saat mencicipi berbagai jenis kuliner, baik lokal maupun mancanegara.

Pria kelahiran Samarinda, 2 Januari 1997 ini mengawali kariernya sebagai food vlogger sejak tahun 2015.

Berawal dari kecintaannya pada dunia kuliner, Andre mencoba peruntungannya dengan membuat konten ulasan dari makanan yang ia cicipi di blognya, makanterusss.com.

Baca Juga: Cara Dapat Uang dari Blibli Affiliate, Bisa untuk Nambah Dana Belanja

Kerja keras dan konsistensi Andre dalam membuat konten kuliner, akhirnya berbuah manis. Visual kontennya yang selalu menggugah selera, berhasil mengantarkan akun media sosial dan blog @makanterusss menjadi salah satu top referensi para pencinta kuliner.

Setelah lebih dari tujuh tahun menekuni profesi sebagai food vlogger, Andre melihat bahwa perkembangan industri kuliner saat ini turut menghadirkan berbagai kemudahan bagi para konten kreator pemula yang juga ingin mengikuti jejaknya sebagai food vlogger.

Menurut Andre, di era digital sekarang ini, pekerjaan para food vlogger juga sangat terbantu dengan kehadiran layanan pesan antar makanan (food delivery).

Tinggal pesan saja dari rumah, makanan bisa langsung diantar. Kita pun bisa jadi merasa lebih leluasa dan fokus saat proses pembuatan kontennya.

Apalagi, layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood misalnya selalu menyediakan banyak promo menarik buat para penggunanya.

“Promonya juga berguna banget buat para konten kreator, jadi kita bisa beli lebih banyak variasi kuliner dengan harga yang lebih hemat di ShopeeFood,” ujar Andre dalam keterangannya, dikutip Kamis (1/9).

Guna membantu mendukung para konten kreator pemula yang juga ingin berkecimpung dalam industri kuliner, Andre sudah menyiapkan beberapa tips jitu yang bisa dipraktikkan untuk mendapatkan cuan melalui konten kuliner.

Secara terperinci, berikut adalah cara dapat uang ala food vlogger yang bisa ditiru masyarakat.

1. Jadi Diri Sendiri dan Utamakan Orisinalitas

Pada dasarnya, setiap individu memiliki karakter dan gaya yang berbeda-beda. Itulah mengapa, Andre percaya bahwa menjadi diri sendiri adalah kunci utama saat ingin mulai membangun branding sebagai konten kreator di media sosial.

Kita perlu mengenali karakter diri sendiri, agar dapat menciptakan persona diri yang unik dan berbeda. Berusahalah untuk selalu utamakan orisinalitas diri, tidak meniru gaya orang lain.

Perlu diingat, jangan sampai karya yang sudah kita buat justru tidak diapresiasi karena dianggap copycat.

Baca Juga: Cara Dapat Uang dari DANA, Bisa Dipakai untuk Belanja Bareng Teman

2. Lakukan Riset dan Perkaya Referensi

Sudah jadi rahasia umum kalau perputaran tren di media sosial terjadi dengan sangat dinamis.

Pastikan agar kita melakukan riset mendalam tentang tren yang sedang berkembang, sehingga kita dapat membuat konten yang relevan bagi para audiens yang ingin disasar.

Selain memantau perkembangan tren, kita juga bisa memperkaya diri dengan mencari referensi dari para food vlogger lainnya, untuk mendapatkan inspirasi dan mendorong kreativitas.

3. Manfaatkan Promo Layanan Pesan Antar Makanan

Sebagai konten kreator pemula, kita dapat memanfaatkan promo yang ada di layanan pesan antar makanan, seperti ShopeeFood yang selalu punya berbagai penawaran menarik.

Contohnya, pada Agustus lalu ShopeeFood mengadakan kampanye ShopeeFood Day yang menyediakan beragam promo, seperti Diskon 100%, Gratis Ongkir Sepuasnya, hingga Promo Serba Gratis.

Kampanye ShopeeFood Day akan selalu hadir selama 3 hari, mulai dari tanggal 28 setiap bulannya.

Jangan lupa catat tanggal-tanggal promo ShopeeFood ini, agar kita bisa lebih hemat saat harus membeli banyak makanan untuk membuat konten, ya!

4. Beri Perhatian Khusus Pada Kualitas Visual dan Konten

Konten kreator, sangat bergantung pada tampilan dan kualitas konten yang ditampilkan. Saat membuat konten visual, pastikan agar kita memperhatikan komposisi pengambilan gambar maupun video dengan baik.

Selain visual, kita juga harus mencoba menampilkan informasi konten yang menarik, informatif, dan pastinya jujur.

Kejujuran dari setiap ulasan yang kita berikan, dapat turut menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas dari sisi audiens.

Jadi, usahakan setiap konten yang kita posting dapat menarik perhatian audiens dan pastikan informasinya dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga: Cara Dapat Uang Jadi Creator Shopee Video, untuk Tambahan Uang Belanja

5. Konsisten dalam Membuat Konten dan Terus Belajar

Membangun citra sebagai konten kreator, memang tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam. Butuh konsistensi dan keseriusan, untuk terus melakukan inovasi dalam pembuatan konten.

Kuncinya, jangan pernah menyerah untuk terus belajar meningkatkan kualitas konten dan juga keahlian diri sendiri.

Percayakan semua pada prosesnya karena kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Itulah lima tips jitu dari Andre Sarwono yang bisa coba diterapkan oleh para konten kreator pemula yang ingin menjadi food vlogger. (*)

Editor : Presi

Baca Lainnya