CERDASBELANJA.ID – Bersamaan dengan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022, Tokopedia tepat berusia 13 tahun.
“Selama setahun ke belakang, Tokopedia telah menyediakan panggung seluas-luasnya bagi pegiat usaha di Indonesia untuk menciptakan peluang lewat teknologi,” ujar Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, dalam konferensi pers, Kamis (18/8).
Salah satunya, lewat inisiatif Hyperlocal yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat, agar UMKM di seluruh Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.
Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia Sherine Pranata menjelaskan, pendekatan Hyperlocal diterapkan di berbagai kampanye, seperti Cantik Fest, Women In Style, Tokopedia Beauty Awards dan masih banyak lagi.
“Jadi, pelaku UMKM fesyen dan kecantikan dari Sabang sampai Merauke tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar,” kata Sherine.
Kehadiran inisiatif Hyperlocal, membuat Fesyen dan Kecantikan menjadi beberapa kategori paling laris di Tokopedia, termasuk bagi konsumen perempuan, selama setahun ke belakang (Agustus 2021-Agustus 2022).
Di kategori Fesyen, produk sandal wanita, pakaian dalam wanita, tas selempang, t-shirt, blus dan daster, serta sneakers wanita adalah beberapa produk paling laris.
Di kategori Kecantikan, produk pembersih, serum, krim, sunblock, hingga paket perawatan wajah menjadi beberapa produk paling populer.
Tokopedia juga membagikan penemuan menarik lain sepanjang Agustus 2021-Agustus 2022, yakni sebagai berikut.
1. Wilayah dengan peningkatan transaksi tertinggi pada kategori Fesyen: Kab. Biak Numfor, Humbang Hasundutan, Muaro Jambi, Waropen, dan Sabu Raijua (rata-rata peningkatan lebih dari 3 kali lipat).
2. Wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi pada kategori Fesyen: Kab. Muaro Jambi, Halmahera Tengah, Tebo, Waropen, dan Sabu Raijua.
Baca Juga: Apa Itu Tokopedia PLUS, Belanja Apa Saja Gratis Ongkir Tanpa Batas!
3. Wilayah dengan peningkatan transaksi tertinggi pada kategori Kecantikan: Kab. Muaro Jambi, Tanah Datar, Solok, Agam, dan Biak Numfor (rata-rata peningkatan 4 kali lipat).
4. Wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi pada kategori Kecantikan: Kab. Halmahera Tengah, Muaro Jambi, Solok, Tebo, dan Tanah Datar
Tokopedia pun mencatat, Kab. Semarang dan Lampung Barat menjadi beberapa daerah dengan peningkatan jumlah perempuan pelaku UMKM paling tinggi.
Sepanjang bulan Agustus 2022, untuk merayakan ulang tahun ke-13, Tokopedia menghadirkan Promo Ultah Tokopedia ‘Semua Serba Murah’ di berbagai kampanye.
Di antaranya, Serbu Official Store (SOS) pada 13-24 Agustus 2022 dengan cashback hingga Rp1,3 juta dan Waktu Indonesia Belanja (WIB) dengan flash sale mulai dari Rp130. (*)