Kenali Apa Itu Super Chat dan Super Stickers, Cara Dapat Uang Terbaru di YouTube

Selasa, 16 Agustus 2022 | 16:00
Dok. YouTube

Konten kreator wajib tahu apa itu fitur baru YouTube Super Chat dan Super Stickers

CERDASBELANJA.ID – YouTube baru saja meluncurkan fitur baru Super Chat dan Super Stickers.

Fitur baru Super Chat dan Super Stickers ini, hadir sebagai cara dapat uang terbaru bagi para konten kreator di Indonesia.

Tentunya, kehadiran Super Chat dan Super Stickers membawa angin segar untuk para kreator agar bisa menambah penghasilan dari lebih banyak opsi.

Di Indonesia sendiri, ada banyak kreator yang sudah memanfaatkan langganan channel untuk memperkuat hubungan dengan para penontonnya.

Pada Juni 2021, ada lebih dari 50 ribu penonton di Indonesia yang telah membeli langganan channel di YouTube, jumlah ini naik lebih dari 500% dibanding tahun sebelumnya.

Selain itu, pada bulan dan tahun yang sama pula, ada lebih dari 1.500 channel di Indonesia yang memperoleh penghasilan dari produk monetisasi alternatif di YouTube seperti langganan channel, jumlah ini naik 2.400% dari tahun sebelumnya.

Sebelum mengaktivasi fitur ini, kita perlu mengenal lebih jauh dulu apa itu fitur Super Chat dan Super Stickers.

1. Super Chat

Super Chat adalah pesan berwarna-warni yang disorot di chat pada saat streaming, agar tampil beda dari pesan chat lainnya.

Hal ini, hadir agar makin menarik perhatian kreator favorit penonton. Super Chat akan disematkan di chat bagian paling atas paling lama 5 jam, sehingga pesan akan dilihat oleh lebih banyak orang.

Pada fitur chat biasa, pengguna hanya bisa mengirimkan komentar dan sering kali terlewat oleh kreator.

Namun, melalui Super Chat para penggemar bisa membeli pesan yang lebih unik, sehingga bisa disorot di bagian atas jendela obrolan.

Para penggemar juga bisa menyesuaikan jumlah yang mereka belanjakan, mulai dari Rp10 ribu sampai Rp5 juta.

Baca Juga: Cara Daftar YouTube Affiliate, Solusi Dapat Uang Tanpa Upload Video

2. Super Stickers

Super Stickers, adalah stiker keren yang dapat dibeli penonton untuk mendukung kreator favoritnya.

Stiker tersedia dalam berbagai jenis dan bahasa, serta dapat digunakan kreator untuk memperoleh penghasilan, sambil membina hubungan dengan para penontonnya.

Lewat Super Stickers, penonton bisa memilih ratusan stiker animasi yang lucu untuk mengekspresikan perasaan mereka dengan lebih baik kepada konten kreator.

Sama seperti Super Chat, stiker yang ada di Super Stickers juga lebih menonjol saat digunakan, sehingga bisa lebih mudah terlihat oleh kreator.

Product Manager, Paid Digital Goods Barbara Macdonald menjelaskan, pengguna bisa membeli stiker dengan harga mulai dari Rp9.900 sampai Rp5 juta per stiker.

Penonton bisa membeli Super Chat dan Super Stickers menggunakan metode pembayaran kartu kredit, kartu debit, pulsa (Telkomsel, XL, Smartfren, Tri, Indosat), saldo Google Play, atau Gopay.

3. Super Thanks

Tidak hanya itu, YouTube juga bakal segera menghadirkan fitur Super Thanks untuk beragam video yang sudah diunggah kreator.

Super Thanks, memungkinkan penonton menunjukkan rasa terima kasih lebih atas konten para kreator favorit mereka.

Penonton dapat membeli animasi seru yang disebut Super Thanks di halaman video. Animasi hanya akan ditampilkan satu kali, kepada pembeli over the top dari video.

Barbara menjelaskan, Super Thanks sedikit mirip dengan Super Chat. Jika penggemar ingin mendukung kreator secara finansial, mereka bisa membeli Super Thanks.

Sebagai bonus tambahan, pembeli juga akan dapat memposting komentar yang berbeda secara visual, berwarna-warni, dan dapat disesuaikan di bagian komentar video.

Baca Juga: 4 Syarat Cara Dapat Uang dari YouTube Short, Fitur Video Mirip Instagram Reels

Dengan demikian, konten kreator dan penonton video lain bisa melihat komentar tersebut kapan saja.

Saat ini, YouTube baru menghadirkan fitur Super Thanks ke 68 negara. Fitur ini akan tersedia di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang.

Barbara menambahkan, para konten kreator akan mendapatkan 70% penghasilan dari fitur Super Chat dan Super Stickers, setelah dipotong pajak dan biaya admin lainnya.

“Google dan YouTube, menyimpan sebagian hasil dari penjualan Super Chat, Super Stickers, dan keanggotaan dari kreator agar kami dapat terus berinvestasi, serta mengembangkan produk dan bisnis kami. Dengan demikian, memungkinkan kami untuk terus mengembangkannya, serta menutup biaya operasional kami,” jelas Barbara.

Barbara mengaku, ada banyak potensi dari pengguna fitur Super Chat dan Super Stickers di Indonesia.

Meskipun tidak ada angka pasti, tetapi Barbara meyakini performanya dalam jangka panjang akan terus bertumbuh.

Barbara menjelaskan, YouTube juga tidak membuat target pengguna tertentu yang menggunakan fitur terbaru ini.

"Selama kreator terus membuat karya, kami ini fitur ini terus berfungsi untuk mereka. Terlepas dari berapa banyak subscriber yang mereka miliki, atau konten apa yang mereka buat,” tutup Barbara. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya