5 Cara Dapat Ulasan Positif dari Pembeli Tokopedia, Seller Wajib Catat

Rabu, 10 Agustus 2022 | 21:00
Dok. Tokopedia

Intip bagaimana cara dapat ulasan positif dari pelanggan

CERDASBELANJA.ID – Bagi penjual online, ulasan positif di toko online-nya punya pengaruh penting untuk keberlangsungan bisnis.

Untuk itu, sudah hal wajar jika pemilik toko online memberikan pelayanan terbaik agar pelanggan bisa memberikan ulasan positif untuk tokonya.

Tidak hanya pebisnis besar, ulasan positif dari pembeli sangat penting bagi kelangsungan bisnis semua pegiat usaha, termasuk UMKM lokal.

Pasalnya, semakin banyak ulasan positif di toko online, maka akan semakin banyak pelanggan baru yang percaya dan akhirnya membeli produk di toko online kita.

Bagi pebisnis baru, pasti masih ada banyak bingung bagaimana cara dapat ulasan positif dari pembeli.

Tokopedia melalui Merchant Education Senior Lead Tokopedia Resti Purniandi, membagikan lima tips mendapat review atau ulasan positif bintang lima dari pembeli.

1. Responsif dan Komunikatif

Pembeli produk, akan selalu senang dengan penjual yang cepat dan tepat dalam menjawab.

“Jawab pertanyaan pembeli di kolom chat dan diskusi, dalam waktu maksimal 10 menit agar meminimalkan potensi pembeli berpaling ke toko lain,” jelas Resti dalam keterangannya, dikutip Rabu (10/8).

“Sampaikan ke calon pembeli terkait jam buka tutup toko, demi menjaga ekspektasi mereka. Penjual bisa menggunakan fitur Jadwal Toko, untuk mengatur jam buka-tutup hingga jadwal libur toko,” saran Resti.

Baca Juga: Cara Beri Ulasan di Gofood, Plus Lihat Ulasan Pelanggan Lain

2. Gunakan Foto dan Video yang Sesuai

Pastikan foto dan video produk asli dan buatan sendiri. Foto produk dari berbagai sisi dapat memudahkan pembeli melihat detail produk dengan jelas.

Resti mengimbau pemilik bisnis untuk memanfaatkan pencahayaan yang terang dan gunakan latar belakang foto yang sederhana.

“Para penjual yang menggunakan foto produk asli dan video produk cenderung lebih dipercayai pelanggan,” ujar Resti.

3. Deskripsikan Produk dengan Jelas

Jelaskan produk yang dijual secara terperinci, mulai dari merek, fungsi, ukuran, kelengkapan produk, detail warna hingga cara perawatan.

Selain itu, informasikan juga terkait layanan logistik yang digunakan dan jadwal pengiriman.

“Penjual sebaiknya memosisikan diri sebagai pembeli, agar bisa memperkirakan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pembeli,” kata Resti.

4. Kemas Produk dengan Aman

Gunakan ukuran kardus yang mendekati dimensi produk dan tambahkan pelapis secukupnya agar aman.

Resti juga menyarankan agar penjual memeriksa ulang produk yang akan dikirim sebelum dikemas, pastikan tidak ada cacat pada barang.

“Kemas produk secara aman sesuai kategori barang dan pertimbangkan durasi pengiriman. Ingatkan pembeli untuk membuat video unboxing paket, sebagai bukti kondisi produk jika ternyata ditemukan keluhan,” jelas Resti.

Baca Juga: 3 Ide Bisnis Rumahan yang Patut Dicoba Usai Pensiun, Mudah Banget!

5. Jaga Komunikasi dengan Pembeli Setelah Bertransaksi

Ketika pesanan sudah diterima oleh pembeli, ucapkan terima kasih dan tanyakan langsung tanggapan pembeli terhadap pelayanan toko.

Selain itu, pemilik toko juga perlu meminta kritik dan saran, serta ajak pembeli untuk memberi ulasan produk dan bintang sebagai tanda kepuasan.

“Berbagai materi edukasi untuk penjual bisa diperoleh dan diakses secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller. Kami berharap, berbagai inisiatif Tokopedia dapat memajukan UMKM lokal sekaligus membantu memulihkan perekonomian nasional,” tutup Resti.

Itulah beberapa cara dapat ulasan positif ala Tokopedia yang bsia dicoba para seller online. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya