Rahasia Cara Menyimpan Bahan Makanan Tetap Segar ala Chef Devina

Jumat, 29 Juli 2022 | 09:00
DOK. Shopee

Cara menyimpan bahan makanan agar tetap segar ala Chef Devina di Shopee 8.8

CERDASBELANJA.ID – Setiap habis belanja harian atau bulanan, kita pasti bingung mencari cara menyimpan bahan makanan.

Kadang jika tak pandai mencari cara menyimpan bahan makanan, maka akan cepat busuk sehingga akhirnya justru dibuang.

Nah dalam kesempatan kampanye Shopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket, Chef Devina membagikan rahasia cara menyimpan bahan makanan.

Cara menyimpan bahan makanan ala Chef Devina ini sangat berguna agar bahan makanan tetap segar.

Berikut ini rahasia cara menyimpan bahan makanan tetap segar ala Chef Devina yang perlu diingat terutama ibu rumah tangga.

Bagi olahan daging dan bahan makanan yang basah lainnya, gunakanlah wadah makanan kedap udara untuk mencegah kontaminasi silang.

Demi menjaga kesegaran simpan pada bagian freezer kulkas dan beri jarak satu dan lainnya agar udara bisa bersirkulasi dengan baik.

Selain itu, setiap penyimpanan bahan segar di kulkas, usahakan selalu dalam keadaan kering dan simpan dalam box/plastik yang terpisah.

Kemudian, alasi wadah sayuran dan buah dengan tisu dapur atau handuk guna membantu menyerap kelembaban ketika suhu dingin di dalam kulkas.

Baca Juga: Cara Belanja Tebus Murah di Promo Shopee 8.8, Minyak Goreng Hanya Rp5 Ribu

Melalui metode ini, membantu menjaga kualitas agar tidak cepat layu dan bertahan lama.

Trik berikutnya, pisahkan bahan makanan yang memiliki aroma khusus dengan yang lainnya.

Kemudian, pahami juga jenis buah seperti alpukat, pisang dan produk makanan lainnya semacam roti dan keripik yang justru tidak tahan lama di kulkas.

Biasakan juga untuk melakukan pencatatan saat barang hendak disimpan dan perhatikan tanggal kadaluarsa pada makanan kaleng maupun siap saji.

Selanjutnya terapkan sistem First in First Out yakni barang yang pertama masuk adalah barang yang pertama digunakan.

Selain itu, ketika hendak memasak, gunakan stok bahan secara bijak dan keluarkan secukupnya agar terhindar dari pembekuan berulang-ulang.

Tips terakhir yang tak kalah penting, selalu memastikan dan menjaga kebersihan dapur, lemari penyimpanan, dan kulkas dengan secara rutin.

Mengapa hal ini penting? Tentunya untuk menjaga kualitas bahan makanan, rasa, dan warna tetap baik, serta aman dari hewan pengerat, serangga dan lainnya.(*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya