Tren Belanja di Tokopedia Semester I-2022, Makanan Minuman Masih Tinggi

Kamis, 21 Juli 2022 | 22:00
Dok. Tokopedia

Tokopedia ungkap tren belanja konsumen

CERDASBELANJA.ID – Meskipun kondisi pandemi sudah kian membaik, tetapi tren belanja online terus mengalami peningkatan.

Hal ini, terlihat dari tren belanja di Tokopedia sepanjang semester I-2022 yang terus melesat.

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan, sepanjang semester I-2022 kategori Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Fesyen, Kesehatan dan Elektronik, menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia.

“Sementara itu, minyak dan buah menjadi beberapa produk harian yang paling banyak dibeli masyarakat,” ujar Ekhel dalam diskusi virtual, Selasa (19/7).

Melihat tren ini, Tokopedia terus berupaya menghadirkan berbagai inisiatif, misalnya Hyperlocal.

Inisiatif tersebut, mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat.

Degan demikian, belanja produk kebutuhan harian bisa lebih efisien karena ongkos kirim lebih terjangkau dan pegiat usaha lokal di seluruh penjuru Indonesia, punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

Didorong oleh inisiatif Hyperlocal, Tokopedia mencatat wilayah Asmat, Tual, Jeneponto, Takalar, dan Bantaeng, merupakan beberapa wilayah yang mengalami peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di Tokopedia, selama semester I 2022 dibandingkan semester II 2021.

Deretan inisiatif Tokopedia lainnya, seperti Home Living SALEbrations, Tokopedia Nyam!, Cantik Fest, Tokopedia Peduli Sehat, dan Tokopedia Tekno juga turut menciptakan temuan menarik seputar perilaku belanja online masyarakat.

Baca Juga: 4 Cara Mengatur Keuangan Saat Baru Punya Anak, Pasti Bisa Tetap Hemat

“Contohnya, transaksi paling jauh yang terjadi di Tokopedia sepanjang semester I-2022, adalah dari Bandung ke Jayapura,” tambah Ekhel.

Tokopedia juga mencatat, wilayah dengan peningkatan transaksi antar pulau paling tinggi selama semester I-2022 terjadi antara Sulawesi-Papua, Papua-Jawa, serta Papua-Bali, dan NTT.

Sementara itu, beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi paling tinggi pada semester I 2022, yaitu Pegunungan Bintang, Humbang Hasundutan, Jayawijaya, Takalar, hingga Keerom.

Di sisi lain, peningkatan transaksi Tokopedia juga turut didorong oleh kehadiran Tokopedia Play.

Sejak diluncurkan pada 2020, kanal video streaming Tokopedia Play terus memberikan panggung seluas-luasnya bagi pegiat usaha lokal.

Tokopedia Play juga menjadi penghubung antara penjual dan pembeli, untuk memenuhi kebutuhan dengan lebih aman dan nyaman sekaligus interaktif dan menghibur.

“Pada kuartal II-2022, terjadi peningkatan transaksi lewat Tokopedia Play sebesar hampir 1,5 kali lipat jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya,” jelas Head of Content Marketing Platform Affiliate and Play Nirmala Rahmawati Hapsari.

Lewat Tokopedia Play, masyarakat bisa menikmati berbagai tayangan seru, seperti live shopping, olahraga, memasak, dan masih banyak lagi.

“Inisiatif ini, merupakan upaya kami untuk terus relevan dengan kebutuhan dan perilaku masyarakat di era social commerce yang mana masyarakat cenderung mencari informasi atau inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknya,” tambah Nirmala.

Baca Juga: Cara Daftar Tokopedia By Me, Solusi Dapat Uang Tambahan Tanpa Modal

Berbagai manfaat juga bisa didapatkan para penjual, yaitu peluang promosi, membangun brand awareness, meningkatkan engagement toko dan penjualan, hingga dapat mengikuti berbagai kampanye dari Tokopedia Play untuk menggaet perhatian calon pembeli.

“Kecantikan, Kesehatan, Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, serta Rumah Tangga menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia Play selama semester I 2022,” kata Nirmala.

Selain itu, live shopping yang paling banyak ditonton lewat Tokopedia Play, antara lain Ramadan Ekstra, Cantik Fest TV Show, dan Diskonvaganza.

“Temuan yang juga menarik, salah satu pembelian tercepat pada Tokopedia Play terjadi dalam waktu 1,37 detik,” tutup Nirmala. (*)

Editor : Presi

Baca Lainnya