Cara Beli Gadget Online agar Tak Salah Pilih, Perhatikan Fitur Bawaan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 13:00
Photo by CardMapr on Unsplash

Perlu hati-hati belanja gadget online.

CERDASBELANJA.ID – Transaksi jual-beli online semakin marak dilakukan masyarakat belakangan ini, termasuk beli gadget online.

Tidak hanya untuk membeli sembako atau kebutuhan rumah, kita juga bisa beli gadget online maupun peralatan elektronik lainnya.

Namun, tentu ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang dan hati-hati saat beli gadget online.

Selain keamanan toko online, kita juga perlu memastikan keamanan pengiriman di jalan agar produk aman sampai di rumah.

Jika tertarik membeli gadget atau peralatan elektronik online, simak beberapa cara beli gadget online secara cerdas agar tidak salah pilih dan menyesal di akhir.

1. Pilih Ponsel yang Sesuai dengan Kebutuhan Sehari-hari

Sebelum kita memutuskan untuk membeli ponsel baru, sangat penting untuk memahami apa saja kebutuhan dan rutinitas kita.

Setelah memahami apa saja kebutuhan kita, maka kita bisa mencari ponsel yang memiliki RAM sesuai kebutuhan.

Pilihlah layar HP dengan ukuran, jenis layar, dan bentuk sesuai kebutuhan. Perhatikan kualitas kamera pada ponsel yang akan kita pilih, agar dapat memotret berbagai momen indah. Penting juga untuk memilih desain dan material ponsel yang dapat bertahan lama dan mampu mencerminkan jati diri kita.

Jangan khawatir, kita dapat memiliki HP dengan berbagai spesifikasi yang memadai tidak hanya pada brand ternama dengan harga yang mahal. Kini, sudah banyak brand HP yang menawarkan produk HP berkualitas namun dengan harga terjangkau.

Baca Juga: Cara Belanja di TikTok Shop Bayar Pakai Shopeepay, Lebih Praktis dan Banyak Promo!

2. Pilih Laptop Dengan Spesifikasi yang Dibutuhkan

Kita dapat mencari laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Kategori kebutuhan laptop terbagi menjadi tiga, pertama adalah laptop untuk kebutuhan kerja dan belajar yang bersinggungan dengan berkas-berkas penting, dilengkapi dengan fitur audio visual yang jernih, hingga browser yang cepat.

Kategori kedua, adalah laptop untuk kebutuhan desain grafis yang dilengkapi software editing grafik dengan kapasitas yang cukup besar. Kategori, ketiga adalah laptop untuk gaming, pemakaian ini memakan memori paling besar karena aplikasi yang terunduh berkapasitas besar, sehingga membutuhkan performa yang stabil dan kualitas audio visual yang jernih.

Jika sudah mengetahui kategori laptop apa yang dibutuhkan, selanjutnya adalah memastikan ukuran laptop, garansi dan servis, hingga jenis proccessor yang memadai untuk mengimbangi rutinitas sehari-hari.

3. Tablet Dapat Dijadikan Sebagai Alternatif Gadget yang Menunjang Produktivitas

Tablet adalah gadget dengan fitur menyerupai ponsel, tetapi memiliki ukuran yang lebih besar. Tablet cocok untuk kita yang ingin mengakses ragam aplikasi komunikasi, serta mengerjakan berbagai pekerjaan seperti mengetik, mendesain, dan melakukan presentasi.

Banyak orang yang saat ini memilih tablet sebagai alternatif untuk bekerja, khususnya untuk orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi dalam pekerjaannya. Nah, agar semakin mudah dan nyaman menggunakan tablet, pastikan tablet yang digunakan memiliki ukuran dan resolusi yang sesuai dengan karakteristik aktivitas kita.

Kemudian, pastikan tablet yang akan kita gunakan dilengkapi dengan kapasitas memori yang cukup untuk menunjang kebutuhanmu. Kita juga dapat meningkatkan produktivitas kita dengan menggunakan tablet yang memiliki fitur-fitur canggih terbaru. Terakhir, pilih desain yang sesuai dengan selera kita agar selaras dengan gaya kita setiap beraktivitas setiap hari.

4. Pakai Smartwatch untuk Memudahkan Komunikasi dan Time Management

Sebagai tech savvy, kita dapat meningkatkan kenyamanan dalam menggunakan gadget dengan menggunakan smartwatch yang terhubung dengan ponsel kita. Tren smartwatch belakangan ini, semakin berkembang di kalangan masyarakat urban.

Tentunya, berfungsi sebagai penunjuk waktu dilengkapi fitur reminder terbaru, sehingga kita dapat lebih teratur dalam mengelola waktu. Kemudian, kita juga mudah untuk menerima notifikasi, pesan, dan panggilan telepon yang masuk dengan hanya mengeklik layarnya.

Mendengarkan musik pun terasa sangat menyenangkan karena mudah untuk memutar dan mengganti musik sesuai selera dan mood kita. Terakhir, smartwatch dilengkapi fitur yang mampu mendeteksi detak jantung dan kadar nutrisi tubuh kita, sehingga kita dapat memantau kesehatan dengan mudah untuk menjaga pola hidup yang sehat.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Cashback Koin Shopee Saat Bayar Pakai Shopeepay

5. Pastikan Orisinalitas Produk

Membeli barang-barang elektronik secara online memang perlu teliti, agar meminimalkan berbagai risiko kerugian. Salah satu hal yang utama, adalah pastikan produk tersebut memiliki garansi untuk memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh untuk jangka waktu lebih panjang.

Setelah memiliki seluruh gadget yang dibutuhkan, jangan lupa untuk menjaga kesehatan gadget kita dengan perangkat aksesori gadget. Tentunya, pastikan seluruh gadget kita dilengkapi charger fast charging yang mampu mengisi daya gadget dengan cepat.

Demi menunjang produktivitas ketika beraktivitas dari lokasi yang jauh dari sumber listrik, kita dapat menggunakan powerbank berkapasitas baterai besar agar tidak perlu khawatir ketika beraktivitas dari mana pun dalam waktu yang lama.

Untuk menjaga performa gadget yang stabil dan tidak cepat panas, gunakan kipas pendingin laptop yang dapat kita bawa bersama laptop kesayangan di mana pun kita berada. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya