KAI Benahi Stasiun Pondok Ranji, Lebih Lengkap dan Ramah Disabilitas

Minggu, 19 Juni 2022 | 13:05
Dok. KAI

Stasiun Pondok Ranji yang sudah ramah disabilitas

CERDASBELANJA.ID – Masyarakat sudah dapat menikmati Stasiun Pondok Ranji yang kini memiliki wajah baru dan berbagai peningkatan fasilitas.

Ini karena, pada Pada Kamis (16/6) telah dilaksanakan Peresmian Peningkatan Aksesibilitas dan Penataan Stasiun Pondok Ranji.

Penataan ini merupakan kerja sama antara Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian, KAI, dan JRP yang mana groundbreaking telah dilakukan pada 10 Agustus 2020 lalu. Melalui kolaborasi ini, maka penataan Stasiun Pondok Ranji dapat dirampungkan.

“Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui peningkatan layanan kereta api," ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangannya, dikutip Minggu (19/6).

Penataan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat karena akses Stasiun Pondok Ranji yang sebelumnya hanya melalui Jl. WR Supratman kerap menjadi sebuah simpul kemacetan di pagi dan sore hari.

Kini, Stasiun Pondok Ranji memiliki akses baru melalui kawasan Bintaro Creative Village yang lebih luas dan nyaman.

Melalui pembukaan akses tersebut, masyarakat dapat lebih cepat untuk mengakses Stasiun Pondok Ranji dari kawasan perumahan yang mana sebelumnya masyarakat harus memutar lebih jauh terlebih dahulu.

Adapun lingkup penataan dan pembangunan akses Stasiun Pondok Ranji, meliputi renovasi bangunan stasiun, penambahan gedung parkir, dan pembangunan akses baru Stasiun Pondok Ranji.

Pada akses baru Stasiun Pondok Ranji telah tersedia fasilitas eskalator, lift, tangga musala, ruang laktasi, toilet difabel, loket, vending machine, area parkir, dan halte Bus Intrans.

Baca Juga: Jangan Terlena, Waspada Penipuan Mengatasnamakan Program Promo KAI

"Akses baru Stasiun Pondok Ranji tersebut, sudah memulai uji coba sejak 7 Juni 2022. Rata-rata, ada sebanyak 370 pengguna KRL per hari yang sudah menggunakan akses baru tersebut. Pengguna KRL merasa sangat terbantu dengan adanya akses baru Stasiun Pondok Ranji tersebut,” kata Didiek.

Sementara penataan pada bangunan lama Stasiun Pondok Ranji di antaranya berupa peremajaan gedung, penataan area komersial, penataan area parkir, dan penataan gate stasiun.

Hal ini membuat pengguna KRL dapat menikmati hall stasiun yang lebih luas, area parkir mobil, motor, dan sepeda yang lebih rapi dan kapasitasnya bertambah, dan selasar pejalan kaki yang berkanopi.

Penataan Stasiun Pondok Ranji, juga dilakukan untuk menjadikan stasiun ramah bagi penyandang disabilitas.

Berbagai fasilitas pendukung bagi penyandang disabilitas, yaitu toilet khusus difabel, lift prioritas bagi difabel, dan guide block bagi penyandang tuna netra.

"KAI akan terus memberikan pelayanan terbaik, serta mengembangkan layanannya dalam rangka mengajak masyarakat untuk dapat beralih untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman dan nyaman," tutup Didiek.

Stasiun Pondok Ranji merupakan Stasiun yang melayani KRL rute Tanah Abang, Serpong, Parung Panjang, Maja, dan Rangkasbitung dengan rata-rata volume penumpang harian sebanyak 10.892 pengguna per hari pada masa sebelum pandemi Covid-19 dan 6.237 pengguna per hari pada Juni 2022 ini. (*)

Editor : Presi

Baca Lainnya