Mudahkan Pelanggan, Kini Belanja Produk Bata Bisa Dilakukan Lewat Website dan WhatsApp

Senin, 20 Juni 2022 | 17:00
Dok. Bata

CERDASBELANJA.IDSaat ini, berbelanja secaraonlinesudah menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia. Oleh karena itu, banyakbrandberlomba-lomba melakukan inovasi digitaluntukmemenuhi kebutuhan pelanggan akan layanan belanjaonlineyang mudah dan menguntungkan.

Salah satubrandyang berinovasi menghadirkan layanan belanjaonlineadalah Bata. Brand alas kakiyang berdiri sejak 1894 tersebut melakukanpembaruan pada website www.bata.iddengan menambahkan fitur pemesanan secaraonline.

Country Manager Bata Indonesia Ajay Ramachandran mengatakan pembaruan tersebut dilakukan karena ekosistembisnis di Indonesia semakin berkembang ke arah digital. Perkembangan inimengikuti negara-negara di Eropa, di mana25-30 persen dari bisnis alas kaki berlangsung secara digital.

“Untuk itu, Bata terus melakukan inovasi agar dapat memberikan para pelanggan kami pengalaman berbelanja secara digital yang mudah, menyenangkan, dan memberi keuntungan,” jelasAjaydalam keterangan resmi yang diterima Cerdasbelanja.id, Selasa (14/6/2022).

MelaluiwebsiteBata, kata Ajay, pelanggan bisa menemukan berbagai koleksi sepatu, sandal, tas, dan aksesori, baik untuk pria, wanita, maupun anak-anak. Bahkan, beberapa koleksi yang ditawarkan bersifateksklusifsehingga tidak akan ditemukan di toko offline Bata.

"Ada sekitar 20-25 persen dari produk-produk Bata yang dijual diwebsiteBata, serta toko resmi Bata die-commerce, koleksi eksklusif tersebut hanya terdapat secara online," katanya.

Pelanggan juga bisa berbelanja lebih hemat danmendapat berbagai keuntungandengan mendaftarkandirimenjadianggota Bata Club untukmenikmatiloyalty program.

Apalagi,berbelanjaprodukBata melaluiwebsitepunlebih mudah dengan berbagai pilihan metode pembayaran,mulai dari pembayarantransfermelaluibankhingga pembayaran dengankartu kreditdane-wallet.

Tak hanyamelaluiwebsiteBata dane-commerce,pengalamanbelanjaonlinejuga dihadirkan Bata melalui Bata Chatshop di aplikasi WhatsApp. Untuk mengakses layanan ini, pelanggan bisa mengunjungi tautanbit.ly/chatshopbatauntuk berbicara dengan manajer Chatshopdan melakukan pemesanan.

Untuk setiap pemesanan melalui Chatshop Bata, pelanggan bisa menikmati gratis ongkos kirim (ongkir) sebesar Rp 10.000 dan Rp 25.000 dengan minimal pembelanjaan masing-masing Rp 199.000 dan Rp 400.000.

Apabila mengalami kendalasaat pemesanan, pelanggan juga bisa menghubungicustomer serviceBata lewat pesan WhatsAppdi nomor +6221-5086-4211 atau mengirimkan email ke alamatid.customerservice@bata.com.

Selain menghadirkan kemudahan bagi pelanggan yang ingin berbelanja secaraonline,Bata juga melakukan inovasi digital untuklayanan pembelian di tokoofflinedengan menerapkan omnichannelplatform.

Omnichannel platformmengintegrasikan toko Batadiseluruh Indonesiadalam satu platform secaraonlineuntukmemudahkan pelangganmendapat produk yang ingin dibeli melalui toko Bata di wilayahnya.

“Saat ini, Bata menerapkanomnichannel platformdengan sistem Salesforce dan Oracle. Omnichannelplatformdiberlakukan di 200 toko Bata di seluruh Indonesia sehingga masyarakat Indonesia sampai ke kota-kota kecil dan pelosok dapat membeli produk Bata yang sesuai dengan keinginannya,” tambah Ajay.

Terkadang, pelanggan ingin membeli suatu produk, tetapi nomor atau warna yang diinginkan tidak tersedia di tokoofflineyang dikunjungi.Dengan omnichannel platform, pihaktoko bisa mengecek ketersediaan produk yang diinginkan pelanggan di toko-toko Bata lain di seluruh Indonesia.

Apabila produk tersebut tersedia di toko Bata lain, pelanggan tetap dapat melakukan pembelian di toko tersebut. Produk yang dipilihnantinyaakan dikirim melalui bantuan jasa ekspedisi ke rumah pelanggan.

Tak hanya inovasi digital, koleksi alas kaki di Batajuga disesuaikan dengan situasi pandemi yang semakin kondusif. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam beraktivitas di luar rumah seiring situasi pandemi Covid-19 yang semakin membaik.

SaatMulai tahunini dan seterusnya, Bata akan fokusmenyediakankeproduk-produk formalyang dapat dikenakan pelanggan saat ke kantor,kepesta pernikahan, dan acara formal lainnya.Bagi pelanggan perempuan, Bata juga menghadirkan produk sepatu formal, lengkap dengankoleksi tas tangan yangsenada.

"Selain itu, karenahealthdanwellnesstelah menjadi sesuatu yang penting saat ini, maka kami juga fokus ke penyediaanwalking shoes,running shoes, danoutdoor shoes,” ujar Ajay.

Sementara untuk kategori Bata Kids, Bata akan terus melanjutkan kerja sama dengan Marvell dan Disney untuk menghadirkan koleksi alas kaki yang lucu dan digemari oleh anak-anak.

Untuk mendapatkan informasi seputar koleksi terbaru dan program-program promosi dari Bata,followakun Instagram resmi Bata@bataindonesiadan Facebook@BataIndonesia.

Editor : Wandha Nur Hidayat