4 Cara Mengembangkan Bisnis Online ala Amazara, Maksimalkan Platform Online

Rabu, 15 Juni 2022 | 12:00
Dok. Tokopedia

Pemilik Usaha Amazara Uma Hapsari

CERDASBELANJA.ID – Siapa yang belum kenal Amazara? Amazara adalah salah satu UMKM lokal yang menjual produk sepatu wanita.

Mulai dari high heels, flat shoes, mules, sandal, slip on, sneakers, dan sebagainya tersedia lengkap di Amazara.

Tidak butuh budget besar, hanya butuh Rp79 ribuan saja kita sudah bisa mendapatkan sepatu berkualitas dari Amazara.

Pemilik Usaha Amazara Uma Hapsari bercerita, awalnya Amazara hanya berjualan online di Instagram dan menjual 5-10 pasang sepatu setiap bulannya.

Namun, kini Amazara semakin berkembang dan bisa menjual ribuan sepatu setiap bulannya sejak berjualan di platform online seperti Tokopedia.

Uma menjelaskan, ada beberapa cara mengembangkan bisnis online yang digunakan Amazara agar bisa terus bertahan.

1. Fokus Pada Kompetensi yang Dimiliki

Menurut Uma, sangat penting untuk berfokus dengan kompetensi yang dimiliki masing-masing bisnis.

Apalagi, tren kerap silih berganti dan membuat bisnis semakin sulit bersaing, bahkan dikenali oleh pasar yang sudah begitu merah.

“Lebih baik fokus ke kompetensi sendiri. Kira-kira produk kita tidak tergantikan dalam hal apa. Itu juga harus tecermin dalam produk yang dibuat. Jadi, kalau konsumen ingin beli sesuatu yang berbeda, bisa ingat ke toko kita.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Omzet Usaha Online, Ikuti Strategi Jitu Tokopedia

Dok, Tokopedia
Dok, Tokopedia

Produk Amazara

2. Ciptakan Produk yang Berciri Khas dan Disukai Pasar

Sejalan dengan tren fashion yang silih berganti dengan cepat, Uma menyarankan agar pemilik bisnis bisa tetap fleksibel dan mengikuti selera pasar.

Selain itu, hindari merasa bertanggung jawab sendirian dan berujung ingin mengerjakan semua hal sendiri.

“Kalau seperti itu, nanti jadinya malah chaos. Jadi, pantau bagaimana keinginan konsumen dan konsultasikan dengan tim,” jelas Uma.

3. Manfaatkan Beragam Layanan Tokopedia

Tokopedia memiliki banyak layanan dan kampanye yang bisa membantu penjualan bisnis online. Salah satunya, adalah Dilayani Tokopedia (sebelumnya Toko Cabang).

Dilayani Tokopedia, membantu penjual menangani tantangan operasional bisnis seperti penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, serta penanganan jika ada kendala.

Menurut Uma, pemilik bisnis online perlu memaksimalkan layanan yang dimiliki platform online agar penjualan makin meningkat, “Melalui Dilayani Tokopedia, kami tidak perlu pusing memikirkan masalah gudang sampai mengelola toko.”

4. Bangun Komunikasi yang Baik dengan Tokopedia

Marcketplace seperti Tokopedia biasanya memiliki tim khusus yang menangani para penjual online di platform-nya

Tim ini, biasanya akan membantu para penjual untuk bisa memaksimalkan penjualan dengan memperkenalkan mereka ke kampanye atau fitur baru, sampai memberikan saran bisnis.

Menurut Uma, para penjual online perlu mendengarkan saran dari pihak platform agar bisa mempertahankan bisnis.

“Jika ada kampanye, kita harus ikuti. Kalau ada saran bisnis yang membantu juga perlu diikuti. Pokoknya apa yang kita bisa diikuti, kita harus ikut selama baik untuk bisnis,” tutup Uma. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya