CERDASBELANJA.ID – Pemilik usaha online tentu pernah kebingungan bagaimana cara meningkatkan omzet usahaonline.
Apalagi, jika usaha online yang dijalankan sering mengalami penurunan penjualan atau sepi pengunjung.
Tentunya dibutuhkan cara meningkatkan omzet usaha online secara khusus, agar bisnis bisa tetap berkembang.
Sejumlah pegiat UMKM lokal juga mengatakan, dibutuhkan strategi yang mumpuni untuk mempertahankan omzet bahkan meningkatkannya.
Tokopedia sebagai rumah bagi UMKM lokal, membagikan beberapa cara meningkatkan omzet usaha online.
Secara terperinci, berikut adalah cara meningkatkan omzet usaha online ala Tokopedia.
1. Evaluasi dan Analisis Pasar
Cara meningkatkan omzet usaha online yang pertama adalah rutin melakukan evaluasi dan analisis pasar.
Lewat fitur Statistik Toko di aplikasi Tokopedia Seller, penjual bisa mempelajari berbagai data penting.
Misalnya seperti pendapatan bersih, estimasi pengeluaran, tren pesanan dan berbagai data penting lain untuk membuat hingga meningkatkan strategi penjualan.
Baca Juga: Cara Kurban Online di Tokopedia, Hewan Ditawarkan Mulai Rp1,5 Jutaan
2. Manfaatkan Fitur Iklan Otomatis
Cara meningkatkan omzet usaha online yang kedua adalah memanfaatkan fitur iklan yang tersedia di Tokopedia.
Penjual dapat memanfaatkan fitur beriklan otomatis TopAds, agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia.
Hal ini, akan membantu penjual menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan.
3. Pertajam Strategi Promo
Cara meningkatkan omzet usaha online yang ketiga adalah mempertajam lagi strategi promosi yang dilakukan.
Pegiat UMKM, dapat memberikan promo kepada pelanggan untuk mendorong peningkatan transaksi. Bundling produk dan potongan harga bisa menjadi beberapa pilihan strategi promosi.
“Penjual juga dapat mengaktifkan fitur Bebas Ongkir, agar pembeli tidak perlu khawatir mengenai biaya pengiriman,” kata Vice President of Logistics Tokopedia Edwin Mailoa dalam keterangannya, Senin (6/6).
4. Manfaatkan Gudang Pintar
Cara meningkatkan omzet usaha online yang keempat adalah memanfaatkan layanan gudang pintar yang disediakan Tokopedia.
Pegiat UMKM dapat menitipkan produknya di gudang-gudang pintar “Dilayani Tokopedia” yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia untuk menjangkau pasar lebih luas.
“Dilayani Tokopedia membantu operasional penjual, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, hingga penanganan jika ada kendala transaksi. Dengan demikian, pegiat UMKM dapat lebih fokus terhadap pengembangan usaha,” tambah Associate Vice President of Fulfillment Tokopedia, Samuel Simanjuntak.
Baca Juga: 5 Rekomendasi Kado untuk Orang Tua, Semua Bisa Dibeli di Tokopedia!
5. Pilih Pengiriman yang Sesuai
Cara meningkatkan omzet usaha online yang kelima adalah pilih opsi pengiriman yang sesuai untuk para pembeli.
Didukung oleh sejumlah mitra strategis, Tokopedia menyediakan tiga jenis layanan pengiriman pesanan yang bisa dipilih pegiat usaha sesuai dengan kebutuhan bisnisnya, yaitu sebagai berikut:
- Layanan Dijemput Kurir memungkinkan pelaku usaha untuk menunggu pesanan diambil kurir.
- Layanan Antar ke Kantor Agen mengharuskan pelaku usaha untuk mengantar pesanan ke agen pengiriman.
- Layanan AWB Otomatis dan Non-Tunai membantu pelaku usaha mencatat alamat, resi, serta ongkos pengiriman via mitra logistik secara otomatis.
Itulah beberapa cara meningkatkan omzet usaha online yang bisa diikuti seller online. (*)