Cara Cerdas Berbisnis di Shopee, Begini Strategi Kolaborasi Mad For Makeup untuk Tingkatkan Penjualan

Selasa, 10 Mei 2022 | 12:00
DOK. Instagram @madformakeup.co

Strategi kolaborasi Mad For Makeup dalam buku panduan Bisnis Bangkit Bersama Shopeepay

CERDASBELANJA.ID – Strategi bisnis berupa kolaborasi kerap dilakukan oleh pemilik bisnis baik itu bisnis dengan skala kecil, menengah, atau besar.

Kolaborasi antara dua bisnis yang berbeda dapat saling menguntungkan dan berpotensi semakin memajukan bisnis tersebut jika dilakukan dengan strategis.

Dengan berkolaborasi, dapat membantu kita untuk mengenal lebih banyak rekan bisnis serta memperluas jaringan.

Nah dalam buku panduan Bisnis Bangkit Bersama Shopeepay, brand Mad For Makeup berbagi strategi kolaborasi.

Yuk lirik cara cerdas bisins ala Shopee yang bongkar strategi kolaborasi dari Mad For Makeup untuk tingkatkan penjualan berikut ini.

Berdasarkan pengalaman Mad For Makeup berkolaborasi dengan brand lain, ada tiga kunci pertanyaan yang harus kita jawab saat ingin melakukan kolaborasi.

1. Apa yang dapat kita berikan ke pihak lain yang diajak berkolaborasi?

Bisa dalam bentuk ide seperti strategi branding, strategi marketing, tempat penjualan (toko, booth, marketplace, dll).

Selain itu, bisa juga dalam bentuk lebih praktikal seperti dana, produk, dan lain-lain untuk memastikan pihak lain tersebut berminat untuk berkolaborasi dengan kita.

Baca Juga: Sobat Shopee, Ini 4 Tujuan Branding dalam Bisnis yang Penting untuk Diketahui dan Jangan Sampai Disepelekan!

2. Apa tujuan yang ingin kita dapatkan dengan kolaborasi ini?

Tujuan kolaborasi antar dua bisnis bisa berupa meningkatkan sales/penjualan kita, atau untuk branding.

Tentukan tujuan dengan jelas yah, agar apa yang kita berikan sejalan dengan hasil atau tujuan yang kita dapatkan?

3. Kenapa audiens harus peduli dengan kolaborasi ini?

Ini sangat penting dan merupakan pertanyaan dalam menentukan apakah suatu ide/gagasan patut untuk direalisasikan atau tidak.

Di dunia yang sangat kompetitif dalam bisnis seperti saat ini, kita harus selalu tahu alasan ini.

Nah itulah cara cerdas bisins ala Shopee yang bongkar strategi kolaborasi dari Mad For Makeup untuk tingkatkan penjualan.

Tiga pertanyaan di atas mungkin terdengar simpel, tapi itu bisa menjadi landasan atau fondasi kita untuk bisa melakukan kolaborasi yang sukses dengan brand lain.(*)

Tag

Editor : Yunus