CERDASBELANJA.ID – Bisnis adalah salah satu cara mencari cuan yang mudah-mudah gampang untuk dilakukan.
Ketika memutuskan untuk memulai bisnis, kita setidaknya harus mengetahui pengetahuan dasar berbisnis.
Salah satunya dengan melakukan branding yang menjadi kunci keberhasilan sebuah bisnis.
Pada awalnya mungkin orang akan beranggapan bahwa branding itu tidak terlalu penting.
Namun sekarang ini, perlu disadari bahwa bisnis apapun memiliki kompetisi yang sangat ketat dan semakin mudah ditiru.
Nah dalam buku panduan Bisnis Bangkit Bersama Shopeepay, rahasia kunci sukses branding Teguk terbongkar habis.
Teguk berbagi rahasia kunci sukses branding perusahaannya yang bisa dicontoh calon pebisnis.
Branding adalah strategi mengenai siapa yang bisa mempengaruhi konsumen secara positif dan konsisten.
Proses perubahan branding yang dilalui TEGUK didasari dengan riset dan 5 Brand Model dan Komunikasi.
Baca Juga: Shopeepay Bongkar Cara Mudah Mulai Bisnis ala SalaKilo Balikpapan, Ternyata Ini Rahasianya
Di luar dugaan, respon yang diberikan oleh pelanggan lebih tinggi dari yang diharapkan, baik dari sisi penjualan maupun respon positif mereka.
Nah berikut ini Brand Model & Komunikasi yang menjadi rahasia kunci sukses Teguk dalam berbisnis.
- Target Konsumen
Hal ini dibutuhkan untuk melihat relevansi antara brand kita dengan target konsumen kita.
Kita tidak perlu menyenangkan semua orang, yang terpenting adalah bagaimana brand kita bisa dinikmati dan memberikan value/nilai untuk target konsumen kita.
- Identitas Brand
Kemudian identitas brand kita dilanjutkan dengan keunikan-keunikan yang ada dalam brand tersebut, baik keunikan produk atau jasa, atau keunikan lain.
Jika keunikan brand ditampilkan dan dikomunikasikan dengan baik, konsumen bisa membedakan brand kita dengan pesaing apabila muncul di tengah kompetisi.
- Personal Brand
Strategi branding yang baik akan membuat brand kita dikenal sebagai brand yang baik dalam berkomunikasi maupun bertingkah laku.
- Value & Benefit
Selain itu juga bagaimana brand tersebut mempengaruhi konsumen secara emosional (perasaan: kerinduan, menemani, dll.).
- Komunikasi dan Review
Baca Juga: Cara Mulai Bisnis Franchise. Penentuan Lokasi Jadi Kunci Utamanya Lho!
Namun, jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi baik dari sisi media komunikasi yang digunakan maupun konten yang dihadirkan.
Jika di antara beberapa/banyak poin sudah tidak relevan, tidak ada salahnya untuk melakukan re-branding.(*)