Terbongkar Habis! Ini 5 Rahasia Kunci Sukses Branding Teguk yang Bisa Dicontoh Calon Pebisnis

Kamis, 05 Mei 2022 | 18:00
DOK. Instagram @teguk.indonesia

Branding Teguk

CERDASBELANJA.ID – Bisnis adalah salah satu cara mencari cuan yang mudah-mudah gampang untuk dilakukan.

Ketika memutuskan untuk memulai bisnis, kita setidaknya harus mengetahui pengetahuan dasar berbisnis.

Salah satunya dengan melakukan branding yang menjadi kunci keberhasilan sebuah bisnis.

Pada awalnya mungkin orang akan beranggapan bahwa branding itu tidak terlalu penting.

Namun sekarang ini, perlu disadari bahwa bisnis apapun memiliki kompetisi yang sangat ketat dan semakin mudah ditiru.

Nah dalam buku panduan Bisnis Bangkit Bersama Shopeepay, rahasia kunci sukses branding Teguk terbongkar habis.

Teguk berbagi rahasia kunci sukses branding perusahaannya yang bisa dicontoh calon pebisnis.

Branding adalah strategi mengenai siapa yang bisa mempengaruhi konsumen secara positif dan konsisten.

Proses perubahan branding yang dilalui TEGUK didasari dengan riset dan 5 Brand Model dan Komunikasi.

Baca Juga: Shopeepay Bongkar Cara Mudah Mulai Bisnis ala SalaKilo Balikpapan, Ternyata Ini Rahasianya

Di luar dugaan, respon yang diberikan oleh pelanggan lebih tinggi dari yang diharapkan, baik dari sisi penjualan maupun respon positif mereka.

Nah berikut ini Brand Model & Komunikasi yang menjadi rahasia kunci sukses Teguk dalam berbisnis.

  1. Target Konsumen
Sebagai pemilik produk/jasa/perusahaan, kita harus memahami demografi, sosiografi, dan bahkan perilaku/karakter dari konsumen kita.

Hal ini dibutuhkan untuk melihat relevansi antara brand kita dengan target konsumen kita.

Kita tidak perlu menyenangkan semua orang, yang terpenting adalah bagaimana brand kita bisa dinikmati dan memberikan value/nilai untuk target konsumen kita.

  1. Identitas Brand
Identitas brand dimulai dengan logo, desain, dan hal-hal lain yang menjadi identitas yang ingin kita buat untuk bisnis kita.

Kemudian identitas brand kita dilanjutkan dengan keunikan-keunikan yang ada dalam brand tersebut, baik keunikan produk atau jasa, atau keunikan lain.

Baca Juga: Cara Bayar Tagihan Pakai Akulaku di Shopee dengan 6 Langkah Mudah, Buat Belanja Online Jadi Lebih Praktis

Jika keunikan brand ditampilkan dan dikomunikasikan dengan baik, konsumen bisa membedakan brand kita dengan pesaing apabila muncul di tengah kompetisi.

  1. Personal Brand
Seperti halnya manusia pada umumnya, brand dapat diibaratkan sebagai seseorang yang ingin dikenal sebagai suatu hal.

Strategi branding yang baik akan membuat brand kita dikenal sebagai brand yang baik dalam berkomunikasi maupun bertingkah laku.

  1. Value & Benefit
Dalam membentuk branding, harus dicermati bagaimana brand tersebut bisa menghadirkan keuntungan fungsional (fisik: rasa, keindahan, dll.).

Selain itu juga bagaimana brand tersebut mempengaruhi konsumen secara emosional (perasaan: kerinduan, menemani, dll.).

  1. Komunikasi dan Review
Di dunia yang semakin dinamis ini, komunikasi secara konsisten merupakan hal yang dibutuhkan untuk mengedukasi konsumen terkait brand kita.

Baca Juga: Cara Mulai Bisnis Franchise. Penentuan Lokasi Jadi Kunci Utamanya Lho!

Namun, jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi baik dari sisi media komunikasi yang digunakan maupun konten yang dihadirkan.

Jika di antara beberapa/banyak poin sudah tidak relevan, tidak ada salahnya untuk melakukan re-branding.(*)

Tag

Editor : Yunus