Cara Promosi Melalui Konten Pemasaran di Kanal Digital, Ini Strateginya

Rabu, 04 Mei 2022 | 09:00
DOK. iStock

ilustrasi bisnis online

CERDASBELANJA.ID – Di era saat ini yang serba digital, semakin mempermudah segala aktivitas sehari-hari hingga bisnis.

Dari sisi bisnis, teknologi membantu para pelaku bisnis untuk memperbesar target pasar dengan kanal digital melalui konten pemasaran.

Nah dalam buku panduan bisnis Bangkit Bersama Shopeepay, Shopee membahas segala strategi penting dalam berbisnis.

Salah satunya yang penting untuk diketahui yaitu strategi cara promosi melalui konten pemasaran (content marketing ) di kanal digital.

Konten pemasaran adalah bagian dari strategi pemasaran yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten.

Konten yang dibuat merupakan konten yang memiliki value (nilai berharga), relevan, dan juga konsisten.

Saat kita ingin melakukan promosi brand/produk melalui kanal digital, penting bagi kita untuk menyusun strategi konten yang dapat menarik perhatian audiens.

Nah cara promosi melalui konten pemasaran di kanal digital dalam buku panduan bisnis Bangkit Bersama Shopeepay, bisa dengan menerapkan formula AIDA.

AIDA merupakan gabungan dari Awareness (kesadaran), Interest (ketertarikan), Dseire (keinginan, dan Action (aksi).

Baca Juga: Cara Branding Produk untuk Perluas Pasar Secara Digital ala Buku Panduan Bisnis Bangkit Bersama Shopeepay

1. Awareness

Dalam tahap awareness atau kesadaran, fokus kita adalah untu mendapatkan perhatian dari audiens kita.

Hal-hal yang dilakukan pada tahap ini harus menarik perhatian audiens kita, dan memberitahu mereka tentang bisnis kita.

2. Interest

Pada tahap interest kita ingin membuat audiens menjadi tertarik dengan apa yang akan kita promosikan.

Dalam menciptakan interest atau ketertarikan, kita harus menyebutkan hal-hal penting.

Seperti informasi produk/bisnis, masalah yang dihadapi oleh audiens, atau keuntungan lainnya seperti promo diskon dan sebagainya.

3. Desire

Pada tahap desire atau keinginan, kita akan membuat audiens kita memiliki keinginan yang besar untuk membeli produk kita.

Baca Juga: 3 Fitur Unggulan Shopeepay Bagi Pebisnis, Bisa Meningkatkan Penjualan!

Dalam menciptakan desire kita akan memasukkan hal-hal seperti solusi yang ditawarkan bisnis kita yang lainnya.

4. Action

Pada tahap action atau aksi, kita akan membuat audiens mengambil tindakan, yaitu melakukan pembelian.

Untuk menciptakan action, kita akan memasukkan call-to-action atau ajakan untuk melakukan tindakan.

Nah itulah formula strategi untuk cara promosi elalui konten pemasaran di kanal digital yang perlu kita ketahui yah.(*)

Tag

Editor : Yunus