CERDASBELANJA.ID – Shopeepay bersama ukmindonesia.id belum lama ini meluncurkan buku panduan UMKM.
Buku panduan UMKM bertajuk “Bisnis Bangkit Bersama Shopeepay” ini bisa diakses gratis.
Buku panduan Bisnis Bangkit Bersama Shopeepay ini hadir sebagai dukungan bagi pelaku UMKM di Indonesia.
Bentuk dukungan yang diberikan dalam buku panduan ini yaitu tentang cara-cara berbisnis.
Salah satu cara berbisnis yang ada dalam buku panduan ini yaitu cara membangun branding produk untuk perluas pasar secara digital.
Ada 4 cara branding produk untuk perluas pasar secara digital ala buku panduan Bisnis Bangkit Bersama Shopeepay.
- Buat Rencana
Pada tahap ini, kumpulkan keterangan-keterangan penting dari produk/merek yang akan dikembangkan.
Baca Juga: Apa Itu Shopee Video? Fitur Baru Shopee yang Disebut Mirip TikTok
Misalnya seperti keterangan-keterangan dari jenis produk, target audiens, hingga daftar kompetitor.
- Lakukan Riset
Setelah mengumpulkan keterangan, lakukan riset lebih dalam mengenai kompetitor kita, lalu buatlah Analisa SWOT.
Tahap ini dapat membantu kita untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di pasar, sehingga dapat menjadi tolak ukur untuk mengembangkan produk/merek kita.
- Perjelas Strategi
Kita harus mencari pesan utama dan keunggulan produk yang ingin disampaikan kepada konsumen.
Kemudian kita tentukan konsep dan desain yang cocok untuk menyampaikan pesan tersebut.
Baca Juga: Sobat Shopee Harus Cuan, Intip 4 Cara Atur Keuangan untuk Milenial ala SeaBank
- Mendesain Identitas
Desain tersebut juga harus dapat menyampaikan pesan utama kepada konsumen dengan baik.
Nah itulah 4 cara branding produk untuk perluas pasar secara digital ala buku panduan Bisnis Bangkit Bersama Shopeepay.(*)