3 Cara Shahnaz Haque Rayakan Momen Lebaran 2022 Bersama Keluarga

Sabtu, 30 April 2022 | 16:00
Dok. Wise

publik figur Shahnaz Haque

CERDASBELANJA.ID – Masyarakat Indonesia selalu antusias dalam menyambut hari Lebaran.

Sebagai negara dengan mayoritas penganut muslim terbesar di Asia Tenggara, tidak heran jika Idulfitri menjadi hari raya penting yang dirayakan di Indonesia.

Banyak hal yang dipersiapkan untuk menyambut Lebaran, seperti membeli baju dan perabotan baru, belanja kue lebaran, membersihkan dan menghias rumah untuk menyambut keluarga atau kerabat yang berkunjung, hingga menyiapkan uang tunjangan untuk dibagikan kepada anak maupun sanak saudara.

Hal ini juga dilakukan Shahnaz Haque, seorang publik figur yang dikenal sebagai sosok yang sering berbagi tips tentang parenting dan edukasi keluarga.

Di tengah aktivitasnya sebagai publik figur, ia selalu menyempatkan waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk keluarganya menjelang Lebaran.

Sebagai referensi, berikut adalah beberapa cara Shahnaz Haque merayakan Lebaran bersama keluarga.

1. Menyiapkan Dana Sedekah dan Membayar Zakat Fitrah

Hal utama yang dilakukan Shahnaz adalah menyisihkan uang untuk bersedekah dan membayar zakat fitrah.

Setiap tahunnya, Shahnaz selalu memberikan dana bersedekah dan membayar zakat fitrah. Bagi Shahnaz.

Hal tersebut, merupakan tradisi yang perlu ia bangun dengan jiwa sosial dan kepatuhan terhadap ajaran agama kepada ketiga anaknya, untuk mulai bersedekah dari kecil agar terbiasa hingga mereka dewasa kelak.

Baca Juga: 4 Cara Mengelola THR untuk Sandwich Generation, Simak Solusi ala Astra Life

2. Transfer Uang THR untuk Anak di Luar Negeri

Tradisi yang tak lekang oleh waktu ketika menjelang Lebaran, adalah membagikan Tunjangan Hari Raya (THR). Menjelang Lebaran, Shahnaz selalu menyiapkan uang untuk memberikan THR bagi ketiga anaknya.

Tidak terkecuali Pruistin, salah satu anak Shahnaz yang sedang mengenyam pendidikan di luar negeri, tepatnya di Burnaby, Kanada. Untuk transfer uang ke luar negeri, Shahnaz dipermudah dengan layanan Wise yang dianggap lebih murah, mudah, dan transparan.

Pasalnya, ketika transfer uang ke luar negeri menggunakan bank, Shahnaz mengalami beberapa kendala seperti, biaya transfer yang mahal, lamanya waktu uang itu sampai ke negara tujuan dan proses yang membingungkan.

Shahnaz mengaku, sebelum menggunakan Wise, ia menggunakan bank untuk transfer uang ke luar negeri. Namun, ia selalu merasa khawatir karena sering kali tidak tahu kapan uang itu akan sampai, bahkan kalau gagal biaya pengirimannya akan hangus.

Menggunakan layanan Wise, Shahnaz merasa lebih nyaman karena data yang diberikan sangat jelas.

Mulai dari jumlah uang yang terkirim dalam Rupiah, hingga kapan dan berapa yang diterima oleh putrinya dalam mata uang Kanada.

“Menariknya lagi, biaya transfer dan nilai tukarnya juga tercantum jelas, sehingga mudah untuk dihitung. Semua proses dilakukan secara digital, sehingga saya tidak perlu pergi ke bank,” jelas Shahnaz Haque.

3. Bersilaturahmi dengan Keluarga

Sudah lima tahun ini, formasi keluarga Shahnaz tidak pernah lengkap saat merayakan Lebaran. Pasalnya, Pruistin Ramadhan, putri sulung Shahnaz yang sudah cukup lama tinggal di luar negeri untuk menimba ilmu, terpisah jauh dari keluarga.

Namun jarak, bukanlah penghalang dalam bersilaturahmi. Melalui kemajuan teknologi, kini cara bersilaturahmi dapat dilakukan secara virtual, termasuk ketika pengajian di bulan Ramadhan bersama keluarga besar Shahnaz dan suami.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Mudik, Waspada Kelelahan di Jalan

Shahnaz bercerita, di Indonesia pasti Lebarannya lebih dulu karena perbedaan waktu antara Indonesia dan Kanada terpaut 15 jam lebih cepat.

“Jadi kalau di Indonesia sudah selesai salat Id, Pruistin, akan ikut berlebaran. Walau Pru masih berpuasa di negaranya, biasanya kami akan makan ketupat bersama secara virtual selama 2 hari, agar mengikuti waktu untuk merayakan di negara masing-masing,” tutup Shahnaz. (*)

Editor : Presi

Baca Lainnya