5 Cara Mudik agar Tetap Hemat, Persiapan Libur Panjang Periode Lebaran

Jumat, 15 April 2022 | 21:00
iStockphoto

Ilustrasi mudik bersama keluarga

CERDASBELANJA.ID – Pemerintah telah memberikan cuti bertama Lebaran dengan tambahan libur sebanyak 4 hari, yaitu pada 29 April, dan 4-6 Mei.

Pengumuman ini, terdengar menyenangkan setelah beberapa tahun sebelumnya jumlah libur dan cuti bersama Lebaran selalu mengalami pengurangan akibat pembatasan selama pandemi.

Antusiasme masyarakat terhadap hal ini, diprediksi tinggi untuk kembali melakukan traveling dan mudik ke kampung halaman.

Tidak heran, mudik saat Lebaran selalu menjadi kegiatan yang ditunggu oleh para perantau setelah sekian lama mengadu nasib di kota besar.

Meskipun banyak dari kita yang mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), tetapi euforia masyarakat untuk kembali mudik dan traveling di momentum Lebaran tahun ini berpotensi membuat kantong jebol.

Apalagi, jika tidak diiringi dengan langkah cermat mengatur keuangan selama mudik Lebaran.

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies mengatakan, di tengah kondisi ekonomi yang masih dalam tahap pemulihan ini, masyarakat juga perlu untuk tetap bijak mengelola pengeluarannya, termasuk ketika momentum mudik Lebaran nanti.

“Sebagai pelaku keuangan, BNI berkomitmen untuk terus membantu masyarakat memiliki perencanaan keuangan yang sehat. Salah satunya, melalui kehadiran kartu Co-Brand BNI-Batik Air yang memberikan berbagai manfaat dan kemudahan,” ujar Leyla dalam keterangannya, dikutip Jumat (15/4).

Secara terperinci, berikut adalah beberapa cara mudik agar tetap hemat dan terhindar dari kantong jebol.

Baca Juga: Pegipegi Ungkap Rencana Mudik 2022, Ini Jadwal Berangkat Mudik Favorit

1. Cermat Anggarkan Budget Khusus

Cara mudik agar tetap hemat pertama, adalah kita perlu pintar dalam mengalokasikan anggaran khusus.

Untuk menjaga arus keuangan tetap stabil, kita perlu membuat anggaran khusus selama perjalanan. Mulai dari transportasi, akomodasi, biaya makan, hingga oleh-oleh.

Berhubung masih ada waktu cukup panjang sebelum Lebaran, kita bisa mulai menyisihkan budget dari beberapa pos keuangan kita, selain THR. Dengan demikian, THR yang kita dapatkan masih bisa digunakan untuk kebutuhan lain, atau bahkan ditabung.

2. Pintar Memburu Promo

Cara mudik agar tetap hemat kedua, adalah harus pintar dalam mencari berbagai promo agar kantong aman. Kemudahan akses keuangan yang lebih fleksibel dengan berbagai manfaat menarik, bisa menjadi solusi buat kita yang punya anggaran terbatas.

Kehadiran kartu Co-Brand BNI-Batik Air yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan para pemudik bisa jadi pilihan buat kita. Kartu ini bisa memberikan kenyamanan lebih, mulai antrean check-in khusus saat di bandara, ekstra bagasi hingga 10kg, fasilitas executive lounge, hingga fasilitas upgrade tiket dari kelas ekonomi menjadi kelas bisnis.

Selain itu ada cicilan 0% selama 3 bulan untuk pembelian tiket Lion Air Group, hingga cashback jutaan rupiah. Hanya dengan memanfaatkan kemudahan dan manfaat menarik tersebut, akan membuat cashflow keuangan kita tidak terganggu.

Tidak hanya itu, ada pula bonus 20.000 BNI Reward Points untuk setiap kali pengajuan Kartu Kredit Co-brand BNI-Batik Air Platinum & World, hingga Bonus 4.600 POIN+, serta bonus saldo tabungan hingga Rp200 Ribu BNI Reward Points untuk setiap pembukaan rekening Taplus dengan Kartu Debit Co-brand BNI-Batik Air tipe Platinum.

3. Jangan Paksakan Membeli Oleh-oleh

Cara mudik agar tetap hemat ketiga, adalah jangan memaksakan membeli oleh-oleh saat mudik Lebaran.

Saat sudah lama tidak mudik ke kampung halaman, bisa jadi membuat kita impulsif untuk membeli banyak oleh-oleh untuk dibagikan ke tetangga atau rekan kerja. Hal ini patut untuk diwaspadai karena akan membuat pengeluaran traveling kita membengkak.

Jika perlu membeli sedikit untuk kenang-kenangan, perhatikan lokasi oleh-oleh. Biasanya pasar tradisional atau tempat yang jauh dari lokasi wisata, akan menawarkan barang dengan harga lebih murah.

Baca Juga: Kemenhub Fasilitasi Angkutan Motor Gratis dengan Kapal untuk Mudik Lebaran 2022

Dok. BNI
Dok. BNI

Pesawat Batik Air/Super Air Jet dengan branding BNI

4. Eksplor Tempat Wisata dengan Harga Terjangkau

Cara mudik agar tetap hemat keempat, adalah pergi ke tempat wisata dengan harga tiket masuk terjangkau.

Memboyong sanak keluarga untuk mengunjungi objek wisata, sudah menjadi agenda wajib setiap libur Lebaran. Memilih wisata alternatif yang tidak mematok tiket mahal atau bahkan gratis, bisa dipertimbangkan.

Hal ini akan turut menghemat budget kita, karena healing tidak harus selalu mahal, bukan? Hal yang terpenting adalah kebersamaan dengan keluarga.

5. Hobi yang Bikin Cuan

Cara mudik agar tetap hemat kelima, adalah lakukan hobi yang bisa menambah pemasukan kita saat mudik.

Jika hobi foto dan ingin berburu tambahan cuan untuk libur Lebaran, jangan lupa kalau lagi di Bandara, kita bisa mencari pesawat Batik Air atau Super Air Jet yang di-branding BNI. Lalu, foto pesawatnya dengan angle ciamik dan ikut kontes fotonya yang berhadiah belasan juta rupiah, caranya gampang lihat di akun Instagram @bni46.

Corina menjelaskan, selain ditujukan untuk memberikan akses keuangan yang lebih mudah dan fleksibel bagi masyarakat, produk keuangan BNI termasuk kartu Co-brand BNI-Batik Air ini dihadirkan untuk memberikan kenyamanan.

“Dengan demikian, kami percaya ekonomi akan tetap tumbuh dan kondisi keuangan pribadi masyarakat juga tetap terjaga di momentum libur Lebaran nanti,” tutup Corina.

Selain promo cicilan 0% selama 3 bulan, serta cashback pembelian tiket pesawat di channel resmi Lion Air Group, kartu Co-brand BNI-Batik Air juga semakin memanjakan pemudik dengan berbagai kemudahan.

Termasuk jalur antrean khusus di sejumlah bandara di Indonesia, akses gratis ke Batik Executive Lounge dan Executive Lounge, serta ekstra bagasi hingga 10kg untuk mudik lebih nyaman. (*)

Baca Juga: Kartu Co Brand BNI-Batik Air Tawarkan 6 Promo Usai Resmi Rilis, Ini Daftar Lengkapnya

Editor : Yunus

Baca Lainnya