Bank DBS Kerja Sama dengan CARInih, Hadirkan Layanan Perbankan Digital

Rabu, 23 Februari 2022 | 13:00
Rahma Wulan M. A./Cerdas Belanja

Bank DBS bekerja sama dengan CARInih

CERDASBELANJA.ID – Bank DBS Indonesia bekerja sama dengan CARInih, perusahaan berbasis teknologi yang mengutamakan kolaborasi ekosistem, guna mendukung transformasi digital bagi UMKM.

Bergabung menjadi nasabah Bank DBS Indonesia sejak Desember 2021, CARInih menghadirkan aplikasi yang dilengkapi dengan inovasi layanan perbankan korporasi digital dari Bank DBS Indonesia, salah satunya produk DBS MAX QRIS.

Kerja sama ini, memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam bertransaksi dan menjamin kelancaran pembayaran kepada mitra.

Era perkembangan digital saat ini, turut meningkatkan kebutuhan masyarakat akan layanan yang mendukung gaya hidup serba cepat dan mudah, tidak terkecuali dalam hal berbelanja.

Masyarakat kini mulai beralih menggunakan platform digital seperti e-commerce untuk berbelanja karena dinilai lebih mudah dan menghemat waktu, ketimbang berbelanja secara langsung di toko.

Tidak hanya itu, tingginya kebutuhan masyarakat untuk berbelanja secara digital menuntut UMKM untuk turut menjajakan produknya melalui platform digital.

Berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2021 dari Google, Temasek, dan Bain & Company, nilai gross merchandise value (GMV) Indonesia pada 2021, diperkirakan mencapai total US$70 miliar, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 49% dibandingkan dengan 2020.

Peningkatan yang tajam ini, sejalan dengan pertumbuhan nilai total transaksi sektor e-commerce sebesar 52%.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam acara 3rd Indonesia Fintech Summit 2021 juga memaparkan, bahwa terdapat 2.319 startup di Indonesia hingga akhir tahun 2021.

Baca Juga: Eastspring Gandeng DBS Indonesia, Luncurkan Reksa Dana Indeks Eastspring IDX ESG Leaders Plus

Melihat geliat digitalisasi pada sektor UMKM, mendorong Bank DBS Indonesia untuk secara aktif memberikan solusi perbankan yang mudah, aman, dan nyaman.

Solusi perbankan berbasis digital yang memudahkan nasabah, untuk melakukan berbagai transaksi, sehingga membantu pertumbuhan bisnis mereka.

“Melalui dukungan terhadap adopsi teknologi digital pada sektor UMKM, maka Bank DBS Indonesia turut menjadi bagian dari ekosistem digital, serta mempercepat inklusi finansial di tanah air,” ungkap SVP Institutional Banking Group PT Bank DBS Indonesia Angela Thenaria dalam diskusi virtual, Senin (21/2).

Layanan DBS MAX QRIS yang tersedia pada aplikasi CARInih, merupakan sebuah sistem pembayaran digital menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS).

Fitur ini, akan memberikan pelayanan penyelesaian kredit secara real time, dengan memindai untuk membayar (scan and pay).

DBS MAX QRIS akan memberikan laporan yang komprehensif, dengan mengintegrasikan transaksi dari berbagai QRIS melalui QRIS-Encore report, untuk memudahkan proses rekonsiliasi CARInih dan memudahkan kelancaran pembayaran ke mitra.

Ketika pelanggan ingin menggunakan metode pembayaran QRIS, pelanggan juga dapat memilih sumber pembayaran baik menggunakan bank atau e-wallet.

Setelah itu, pelanggan akan menerima notifikasi transaksi secara real time, melalui Instant Credit Notification.

Founder dan CEO PT DKI Tan Leny Yonathan (Leny Tan) mengatakan, aplikasi sama dengan solusi.

Baca Juga: Manulife Indonesia dan Bank DBS Luncurkan Asuransi Unit link, Ada Banyak Pilihan Investasi

Ia berharap, kehadiran CARInih dapat menjadi pilihan solusi bagi teman-teman pelaku usaha UMKM Indonesia dalam menjalankan usahanya.

Cukup dengan satu aplikasi CARInih, teman-teman pelaku usaha dapat memiliki sistem kelola toko yang terintegrasi dengan pembayaran dan pengiriman, dukungan pemasaran, dan perluasan jangkauan melalui akses toko online.

“UMKM juga bisa memiliki berbagai fitur yang memudahkan dan terintegrasi, salah satunya yaitu hasil kolaborasi PT DKI dengan Bank DBS Indonesia,” jelas Leny.

Di dalam rangka peluncuran aplikasinya, CARInih mengajak pelanggan Indonesia untuk turut mengambil bagian dalam mendukung UMKM Indonesia.

Salah satunya, dengan memberikan promo menarik bagi pelanggan yang mengunduh Aplikasi CARinih di Google Play Store.

Dapatkan penawaran harga spesial Rp22, untuk seluruh produk teman dan mitra UMKM bertanda khusus yang dapat dipesan di Aplikasi CARinih, mulai dari tanggal 22 Februari sampai dengan 20 Maret 2022.

Di sisi lain, Bank DBS Indonesia memaksimalkan pengalaman digital dan user journey pelanggan, serta mitra CARInih dengan menghadirkan solusi DBS MAX QRIS yang terintegrasi dengan penggunaan API.

“Layanan ini, merupakan solusi yang memudahkan transaksi pelanggan CARInih dan pembukuan CARInih dalam menjalankan bisnisnya sehari-hari.” ttup Head of Sales Global Transaction Services PT Bank DBS Indonesia Husin Hartono.

DBS MAX QRIS, merupakan bagian dari kampanye This is DBS digibanking yang menghadirkan pengalaman tanpa batas bagi nasabah korporasi dan UMKM, dalam perjalanan bisnis sehari-hari telah mendapat penghargaan Top Innovation Choice Award 2021 oleh Infobrand. (*)

Baca Juga: Usung Kampanye #MakanTanpaSisa, Bank DBS Kurangi Sampah Makanan Sampai 20 Ton

Editor : Yunus

Baca Lainnya