Bisa Dorong Kreativitas, Cussons Kids Ajak Orang Tua Kenali Pentingnya Merangsang Imajinasi Anak

Rabu, 02 Februari 2022 | 18:00
instagram.com/cussonskids_id

Pentingnya peran ornag tua dalam merangsang imajinasi anak

CERDASBELANJA.ID – Daya imajinasi, merupakan salah satu potensi pada anak yang perlu dikembangkan sejak usia dini.

Hal ini karena, imajinasi akan mendorong anak lebih kreatif, berpikir kritis, dan mampu mengembangkan kemampuan memecahkan masalah yang dihadapinya.

Selain itu, imajinasi juga bisa membentuk kepercayaan diri pada anak, mengasah dalam berpikir inovatif, serta mengeksplorasi bakat terpendamnya.

Psikolog Anak dan Diploma Creative Art & Play Therapy Trainee Anastasia Satriyo M.Psi. menjelaskan, orang tua dianjurkan agar sering mengajak anak dalam kegiatan bermain dan bercerita yang merangsang imajinasi.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan, di antaranya adalah mendongeng, bermain peran ataupun membacakan cerita.

Hal tersebut karena, aktivitas ini tidak hanya mempererat bonding, mengolah imajinasi bersama anak juga dapat meningkatkan kreativitas, serta melatih anak untuk punya kemampuan problem solving di kemudian hari.

Anak umumnya akan lebih mudah mengungkap dan memproses perasaannya, melalui berbagai contoh yang mereka cerna.

Selain membantu memahami konsep emosi, imajinasi juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan kemampuan sosial pada anak.

“Anak juga akan belajar memahami tentang cara bersosialisasi seperti kerja sama, empati, serta bagaimana menghargai perasaan orang lain,” ujar Anastasia, Selasa (1/2).

Baca Juga: Waspada Omicron, Kemenag Imbau Perayaan Imlek Tetap Patuhi Prokes

instagram.com/cussonskids_id
instagram.com/cussonskids_id

Princess Olivia dalam Fantasy Land

Di sisi lain, Cussons Kids juga memperkenalkan karakter-karakter yang dibuat dalam sesi Dongeng Fantasy Land.

Karakter ini, hadir untuk menemani dan membimbing orang tua, serta anak-anak Indonesia dalam proses berimajinasi, berkreasi, dan juga bercerita dalam keseharian ditemani dengan produk-produk Cussons Kids.

Adapun beberapa karakter utama yang ditampilkan di dalam sesi Dongeng Fantasy Land, adalah Princess Olivia & Purply, serta Princess Fresya & Pinky.

Karakter Purply dan Pinky, digambarkan sebagai seekor unicorn. Karakter yang diceritakan melalui kesempatan ini, adalah Princess Olivia yang merupakan seorang putri kerajaan yang cantik jelita dengan sifatnya yang lemah lembut.

Princess Olivia memiliki keinginan yang kuat untuk menolong yang lemah, pendiriannya yang teguh membulatkan tekadnya untuk menelusuri seluruh negeri dan memastikan tidak ada orang yang menderita ditemani oleh sahabatnya, Purply yang merupakan seekor unicorn.

Kekuatan utama Princess Olivia, diceritakan sebagai sosok yang memiliki kekuatan sinar yang dapat mengubah serangan musuh menjadi bola-bola bersinar.

Adapun Princess Fresya, merupakan seorang putri kerajaan yang baik hati, energik, dan ceria. Ia mampu menyebarkan kebahagiaan untuk orang di sekitarnya.

Princess Fresya sangat tertarik dengan ilmu pengetahuan, bersama Pinky, sahabatnya seekor unicorn, ia ingin berpetualang mencari hal-hal baru dan membantu semua orang dengan kemampuannya.

Princess Fresya, dapat dengan mudah memusnahkan musuh dengan kelembutan dan mampu mengubah serangan menjadi awan yang lembut.

Baca Juga: Kurangi Sampah Plastik, PT KAI Gunakan Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

instagram.com/cussonskids_id
instagram.com/cussonskids_id

Princess Fresya dalam Fantasy Land

Brand Manager Cussons Kids Indonesia Seila Sativa Pramadania menjelaskan, pihaknya berharap dengan hadirnya Dongeng Dari Fantasy Land dan beragam karakter unik, dapat menemani anak-anak dalam beraktivitas sehari-hari.

Selain itu, diharapkan karakter ini bisa memberikan banyak kesempatan bagi orang tua untuk mengasah imajinasi anak-anak mereka di rumah.

“Aktivitas simpel seperti mandi dan juga bermain, bisa dibuat meriah dan menyenangkan. Khususnya, dengan kehadiran karakter-karakter yang memiliki pesan yang baik, sarat akan edukasi dan juga menanamkan jiwa kesatria dan semangat untuk terus berimajinasi dan berkreativitas di keseharian mereka,” jelas Seila.

Anastasia melanjutkan, umumnya anak mulai berimajinasi sejak usia 2 tahun. Pada momen itu, peran orang tua dibutuhkan agar imajinasi anak bisa berkembang dengan baik.

Jika dilihat dari segi perkembangan bahasa, anak yang sering mendengarkan orang tuanya mendongeng, maka perkembangan linguistiknya lebih meningkat dibandingkan anak yang tidak pernah didongengkan.

Dunia anak adalah dunia imajinasi. Anak memiliki dunia sendiri dan tak jarang mereka berbicara dengan teman khayalannya.

“Melalui perkembangan daya imajinasi yang masih sangat bagus ini, maka orang tua harus bisa mengarahkannya ke arah yang positif dan tetap terkontrol,” kata Anastasia.

Cussons Kids, berkomitmen untuk terus mendampingi proses tumbuh kembang anak Indonesia, serta memberikan metode pendampingan baru yang edukatif kepada para orang tua.

Pada prinsipnya, Cussons Kids akan terus hadir demi mendampingi dan memfasilitasi kesehatan dan kesejahteraan keluarga di Indonesia pada setiap tahap pertumbuhan anak, untuk Indonesia yang lebih baik lagi ke depannya.

Baca Juga: SoKlin Antisep Bekali Orang Tua Cara Jalani PTM di Tengah Ancaman Omicron

Guna menjaga keamanan dan kenyamanan anak dalam berimajinasi, mengasah kreativitas dan juga bercerita dalam keseharian, Cussons Kids menghadirkan rangkaian produk Cussons Kids Pink Unicorn dan Cussons Kids Purple Unicorn.

Pastikan anak kita tetap terjaga dan juga terlindungi selama pandemi dan masa transisi, agar proses tumbuh kembang dan belajar mereka maksimal di tahap awal kehidupannya. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya