CERDASBELANJA.ID – Layanan logistik GoSend telah menjadi andalan jutaan pelaku usaha, mulai dari UMKM hingga social seller agar dapat tetap tangguh dan tumbuh selama pandemi.
Memasuki tahun 2022, GoSend menyiapkan rangkaian inovasi terdepan yang akan makin mengoptimalkan layanan logistik online, baik untuk pelaku usaha maupun konsumen.
Dengan tren e-commerce dan peningkatan kebutuhan pengiriman, kolaborasi GoSend dan Tokopedia terus memberikan dampak positif terhadap ekosistem.
Head of Logistics Gojek Steven Halim mengatakan, pada periode awal 2021 pihaknya mencatatkan peningkatan 116% jumlah seller pengguna GoSend di platform partner e-commerce, dibandingkan awal pandemi.
“Selain itu, rata-rata jumlah order mitra driver Gojek naik 70% kali lipat di 2021. Melalui ragam inisiatif tersebut, GoSend dapat menghadirkan layanan yang cepat, aman, dan hemat bagi para pengguna dan pelaku usaha, serta mendukung pendapatan mitra driver,” ujar Steven dalam diskusi virtual, Jumat (28/1).
Menerapkan ekosistem berbasis pengiriman hyperlocal-on-demand, GoSend terbukti mampu menjadi yang terdepan dalam pengiriman cepat on-demand, serta menjadi kepercayaan jutaan pelaku usaha dan konsumen.
Steven menambahkan, kebutuhan akan pengiriman cepat di era pandemi sangat dirasakan oleh para pelaku usaha.
Melalui GoSend API (Application Programming Interface), ribuan partner dan jutaan sellers dapat menggunakan layanan GoSend dengan mudah langsung melalui integrasi platform usaha.
Data internal GoSend mencatat, jumlah total transaksi GoSend API melalui top partners bahkan meningkat 41% pada H1 2021.
Baca Juga: Akhirnya! GoSend Hadirkan Fitur Multi-Delivery, Sekali Pesan Bisa Kirim ke Banyak Tujuan!
“Seperti kebutuhan pengiriman paket dan ekspektasi pengguna yang terus bertambah, kami juga akan terus gesit seperti para mitra driver GoSend. Terutama, untuk menjemput peluang layanan logistik masa depan, lewat berbagai inovasi dan mengantar layanan logistik terbaik kepada masyarakat,” kata Steven.
Memasuki tahun 2022, Gojek melihat bahwa saat ini masyarakat memiliki ekspektasi tinggi terhadap kecepatan dan keandalan pengiriman.
Selain itu, makin banyak masyarakat yang menggunakan layanan logistik untuk pengiriman barang kebutuhan sehari-hari, termasuk di antaranya sembako, perlengkapan kantor, serta peralatan kesehatan.
Di samping itu, penggunaan layanan pengiriman untuk menunjang bisnis online juga kian menjadi prioritas, serta minat terhadap kemudahan pengiriman last-mile pun ikut meningkat.
Guna menjawab kebutuhan tersebut, GoSend telah menyiapkan beragam gebrakan di tahun 2022 yang berfokus pada pilar Inovasi dan Inklusivitas, yaitu sebagai berikut.
1. Inovasi Layanan Pengiriman Khusus untuk Partner E-Commerce
GoSend akan menghadirkan inovasi layanan yang disesuaikan bagi kebutuhan partner e-commerce.
Salah satu kolaborasi yang nanti dapat dirasakan, adalah pengiriman lebih awal dengan pesanan GoSend sebelum jam operasional, untuk mempercepat pengiriman oleh partner.
2. Paket Lebih Aman dengan Premium Insurance
GoSend akan makin memperkuat posisinya sebagai layanan logistik tepercaya, dengan menghadirkan proteksi ekstra untuk barang yang dikirim.
Melengkapi opsi asuransi yang telah diberikan, Premium Insurance dari GoSend akan memberikan perlindungan asuransi dengan nilai tanggungan hingga Rp20.000.000.
Baca Juga: Cara Gunakan Layanan Gosend di JD.ID Mirip dengan Shopee, Belanja Online Jadi Lebih Cepat Sampai
3. Kirim Barang Lebih Besar dengan Armada Roda Empat
Pengguna GoSend, akan bisa mengirim barang dalam jumlah lebih banyak dengan ukuran lebih besar lewat kehadiran armada mobil GoSend.
4. Kirim ke Banyak Alamat Sekaligus Pakai GoSend Multi-Delivery
Para pelaku usaha, kini bisa makin praktis mengirim barang pesanan ke banyak konsumen sekaligus.
GoSend Multi-Delivery, memungkinkan mitra driver GoSend mengambil paket dari satu alamat pengiriman dan mengantarkannya ke hingga 5 lokasi pengiriman yang berbeda.
Melalui GoSend Multi-Delivery, waktu pengiriman bisa menjadi lebih efisien, hemat biaya pengiriman hingga 30%, mudah dilacak, serta mengurangi jejak karbon. Layanan GoSend Multi-Delivery juga sudah hadir dalam skala nasional.
5. Bisnis Online Tanpa Ribet, Gosend Perkuat Integrasi Melalui Platformizing
GoSend telah dan akan terus memperkuat kolaborasinya dengan berbagai e-commerce, dan memudahkan sinergi GoSend API: Platform Layanan Online Logistik untuk semua.
Melalui inisiatif ini, layanan GoSend akan makin terintegrasi dengan berbagai platform e-commerce dan banyak partner usaha lainnya, untuk memudahkan mendapatkan solusi logistik online tepercaya.
6. GoSend Perluas Wilayah Layanan
Setelah sukses dengan kehadiran GoSend Sameday di wilayah Jadetabek, Bandung, dan Surabaya untuk layanan GoSend Sameday.
Sama halnya dengan kehadiran GoSend Intercity di Jadetabek, Bandung, Jogjakarta, Solo, Malang, Sidoarjo, dan Semarang, kini GoSend akan mengaspal kembali dengan kedua layanan tersebut di wilayah pulau Jawa.
Selain itu, setelah Vietnam, GoSend telah siap melebarkan sayap go international dan menghadirkan GoSend Instant di negara lain di Asia Tenggara.
Baca Juga: GoSend Sameday Hadir di Surabaya, Sudah Bisa Diakses Lewat E-Commerce
7. Komitmen Terhadap UMKM
Pada tahun 2022 ini, GoSend akan meluncurkan ragam inisiatif yang mengukuhkan komitmen berkelanjutan GoSend untuk mendukung para pelaku usaha.
Direktur Center for Policy and Public Management Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) Yudo Anggoro mengungkapkan, pandemi telah meningkatkan perilaku belanja online dan permintaan masyarakat terhadap layanan pengiriman barang.
Hal ini, antara lain berdampak pada pertumbuhan eksponensial pengiriman first mile-last mile, serta tuntutan akan teknologi pelacakan barang yang real time dan jaminan keamanan barang yang dapat dipercaya.
“Di sinilah kami melihat GoSend telah hadir menjawab pergeseran kebutuhan, serta tuntutan masyarakat tersebut melalui inovasi layanannya. Hasilnya, GoSend menjadi pilihan top of mind bagi banyak orang untuk mengirimkan barang secara aman, cepat, dan ekonomis,” kata Yudo.
Yudo menambahkan, ke depannya aspek kecepatan dan keandalan pengiriman akan makin menjadi prioritas pengguna layanan, serta pelaku usaha online akan menjadi pengguna utama layanan pengiriman.
“Melalui berbagai inovasinya yang akan hadir di tahun 2022, saya menilai bahwa GoSend siap menjawab tren layanan logistik online di masa depan dan makin memperkuat posisinya sebagai layanan pengiriman yang dipercaya masyarakat,” tutup Yudo.
Berdasarkan survei LD FEB UI tahun 2021, 35% social seller mengalami perbaikan pendapatan pada usaha online mereka sejak mulai menggunakan GoSend.
Pada umumnya, social seller merasa terbantu dengan tiga hal yang ditawarkan oleh layanan GoSend, yaitu live tracking, fitur chat dengan driver, serta promosi/diskon pengiriman.
Head of Marketing Logistic Gojek Marsela Renata, menegaskan komitmennya untuk terus hadir mendukung pertumbuhan UMKM, lewat kampanye BestSeller.
Baca Juga: Makin Nyaman, Gojek Hadirkan Standar Baru untuk Driver GoCar Protect+
Menurut Sela, melalui kampanye BestSeller ini GoSend melangkah jauh dalam memberi dukungan untuk UMKM dan pelaku usaha.
“Tidak berhenti pada inovasi produk yang semakin memudahkan, kami juga menyiapkan serangkaian program yang disiapkan, untuk mendukung mereka menjadi penjual-penjual terbaik (Best Seller). Bentuknya beragam mulai dari promo spesial, Grup BestSeller, program loyalty, penghargaan, hingga kegiatan sosialisasi dan edukasi,” tutup Sela. (*)