Laris Dibeli, Tokopedia Bagikan Tren Penjualan Kategori Fesyen Sampai Makanan dan Minuman

Senin, 24 Januari 2022 | 21:00
Dok. Tokopedia

Tren transaksi Tokopedia sepanjang 2021

CERDASBELANJA.ID – Tokopedia terus memberikan panggung seluas-luasnya kepada pegiat usaha, termasuk pelaku UMKM lokal dari berbagai industri.

Tidak terkecuali untuk UMKM di bidang fesyen, makanan dan minuman, serta kecantikan dan perawatan diri untuk beradaptasi di tengah pandemi.

Head of Category Development (Fashion) Tokopedia Falah Fakhriyah mengatakan, tren belanja Tokopedia sepanjang 2021 mencatat, kategori Fesyen Wanita masih menjadi salah satu kategori favorit masyarakat.

“Di sisi lain, sub-kategori Perhiasan, Aksesoris, dan Pakaian Wanita menjadi sub-kategori yang memiliki nilai transaksi paling tinggi selama 2021,” ungkap Falah dalam keterangannya, dikutip Minggu (23/1).

Berbagai produk fesyen seperti kaos, masker, dan sepatu sneakers menjadi beberapa produk yang paling populer selama 2021 di Tokopedia.

Sementara itu, jilbab, pasmina, dan mukena bordir menjadi beberapa produk fesyen muslim yang paling banyak diburu masyarakat.

Hal ini turut didorong oleh sederet inisiatif Tokopedia yang dihadirkan untuk pelaku UMKM lokal di industri fesyen.

Di antaranya, Festival Fashion Lokal Jawa Barat, Bersebelas #MelangkahBareng, Market & Museum at Home, JakCloth, dan masih banyak lainnya.

Contohnya Nokha, usaha fesyen lokal asal Bandung yang mampu mempekerjakan lebih dari 150 karyawan berkat berjualan online. Menariknya, hampir 80% karyawannya adalah ibu rumah tangga hingga rekan difabel.

Baca Juga: Ikut Tokopedia Affiliate Program tapi Tidak Dapat Komisi? Cari Tahu Alasannya di Sini

Pemilik Nokha Nopi Hadzic mengatakan, transaksi Nokha melalui Tokopedia meningkat hingga 3x lipat pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.

“Hanya dengan rutin mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia, Nokha bahkan pernah memproduksi hingga 800 pesanan sepatu dalam waktu 2 hari,” kata Nopi.

Beberapa inisiatif lain juga dihadirkan Tokopedia demi memenuhi kebutuhan harian masyarakat, mulai dari makanan dan minuman hingga kecantikan dan perawatan diri.

Melalui kolaborasi dengan pelaku UMKM lokal di bidang makanan dan minuman, Tokopedia Nyam juga mendorong kategori Makanan dan Minuman di Tokopedia menjadi salah satu kategori favorit.

Hal ini terlihat dari kopi gayo dan pisang goreng yang menjadi makanan paling digemari di kampanye Tokopedia Nyam sepanjang tahun 2021.

Di sisi lain, pada kuartal III/2021, Kecantikan dan Perawatan Diri menjadi salah satu kategori yang mengalami peningkatan jumlah transaksi paling pesat di Tokopedia.

Jumlah penjual di kategori tersebut juga meningkat hampir 2x lipat. Tabir surya, serum wajah, masker wajah, pembersih, dan krim wajah (merek lokal) menjadi beberapa produk kecantikan yang paling populer.

“Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, diharapkan UMKM lokal bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan bisa bangkit bersama memulihkan perekonomian, mengingat UMKM adalah penyokong lebih dari 60% PDB nasional,” tutup Falah. (*)

Editor : Presi

Baca Lainnya