5 Fitur Jualan Unggulan di Tokopedia Buat Seller, Dijamin Dagangan Laris!

Senin, 10 Januari 2022 | 21:00
Dok. Tokopedia

Aplikasi Tokopedia Seller

CERDASBELANJA.ID – Pegiat usaha yang memiliki kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi.

Pasalnya, mereka bisa menjaga keberlangsungan bisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi lingkungan sekitar.

Hal ini diungkapkan Head of Engineering Tokopedia Rico Harisin.

Rico mengatakan, ada beberapa inovasi digital di aplikasi Tokopedia Seller yang bisa dimanfaatkan para pegiat usaha lokal, untuk mengembangkan bisnis di tahun 2022.

Secara terperinci, berikut adalah beberapa fitur unggulan untuk para Seller Tokopedia agar dagangannya cepat laris!

1. Tombol Balas, Jalan Pintas Balas Pesan

Rico menjelaskan, “Hanya dengan menekan tombol ‘Balas’ yang muncul di notifikasi, tanpa membuka aplikasi Tokopedia, penjual bisa membalas pesan dari pembeli dengan cepat.”

Rico menambahkan, kecepatan membalas pesan menjadi salah satu parameter untuk mengukur skor performa toko penjual.

“Semakin tinggi skor toko, penjual bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan, seperti bonus eksklusif, akses mencoba fitur baru, hingga kesempatan spesial mengikuti beragam kampanye supaya jualan semakin laris manis,” jelas Rico dalam keterangannya, dikutip Minggu (7/1).

Baca Juga: Memasuki Tahun Baru, Tokopedia Ungkap Kilas Balik Tren Jual-Beli Online Sepanjang 2021

2. Koneksi Hilang? Tidak Perlu Tulis Deskripsi Ulang

Khusus bagi para Seller Tokopedia, jangan panik apabila kehilangan koneksi internet saat ingin mengunggah produk.

Pasalnya, aplikasi Tokopedia akan secara otomatis menyimpan informasi terakhir saat penjual menambahkan produk.

Seperti deskripsi atau foto produk yang ingin dijual.

“Jadi jika ada kendala koneksi, penjual tidak perlu repot memasukkan informasi ulang,” kata Rico.

3. Cetak Label Pengiriman dengan Mudah

Rico melanjutkan, kini para Seller Tokopedia sudah bisa cetak label pengiriman hanya dari genggaman tangan.

“Penjual di Tokopedia juga bisa menggunakan fitur ‘Print Shipping Label’ untuk mencetak label alamat pengiriman langsung melalui aplikasi, tanpa harus membuka komputer,” tambah Rico.

Dengan demikian, proses jualan bisa semakin efektif dan mudah tanpa harus berganti device.

Baca Juga: Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Akhir Tahun 2021 di Indonesia Bagian Barat

4. Perluas Wawasan Pasar

Melalui fitur ‘Wawasan Pasar’ di Tokopedia, penjual bisa mendapat berbagai informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis.

Fitur ini memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, produk terlaris, rekomendasi kategori, sampai inspirasi tren produk.

“Dengan demikian, dapat menghadirkan inovasi yang relevan dan strategi promosi yang lebih efektif serta efisien,” tambah Rico.

5. Gaet Makin Banyak Pembeli dengan Voucher Toko

Voucher Toko adalah sebuah fitur gratis dari Tokopedia yang memungkinkan penjual untuk membuat promonya sendiri.

“Melalui fitur ini, penjual bisa dengan bebas menentukan periode, anggaran, dan jenis promo yang diinginkan supaya bisa menggaet lebih banyak pembeli,” jelas Rico.

Rico menjelaskan, Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa memfasilitasi para pegiat usaha lokal dengan berbagai inovasi digital, agar produk mereka semakin menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

“Ini sekaligus demi mendorong mereka #BangkitBersama di tengah pandemi sekaligus meraja di negeri sendiri,” tutup Rico. (*)

Baca Juga: Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Akhir Tahun 2021 di Indonesia Bagian Barat

Editor : Presi

Baca Lainnya