5 Ide Resolusi Keuangan Tahun 2022, Yuk Atur Keuangan dengan Lebih Baik!

Kamis, 30 Desember 2021 | 19:00
iStockphoto

Ilustrasi resolusi keuangan tahun 2022

CERDASBELANJA.ID – Menjelang akhir tahun 2021, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut tahun baru 2022.

Salah satunya adalah resolusi keuangan tahun 2022. Melalui resolusi keuangan ini, kita bisa mengatur arus kas dengan lebih baik.

Dengan demikian, kita juga bisa meningkatkan tabungan atau dana pensiun dengan lebih teratur.

Namun, tidak sedikit orang yang bingung dalam membuat resolusi keuangan tahun 2022.

Sebenarnya, ada banyak hal simpel yang bisa dimasukkan dalam resolusi keuangan tahun 2022. Hal yang terpenting, adalah niat dan konsisten menjalankannya.

Sebagai rekomendasi, berikut adalah beberapa ide resolusi keuangan tahun 2022 yang bisa dilakukan.

Baca Juga: 3 Cara agar Resolusi Keuangan 2022 Dapat Terwujud, Pasti Bisa!

1. Buat Daftar Anggaran yang Realistis

Sebelum membuat anggaran, kita perlu memulai dengan membuat daftar pengeluaran rutin sehari-hari.

Kemudian, kita bisa mengurutkan pengeluaran tersebut berdasarkan tingkat kepentingan atau prioritas. Misalnya tagihan, utang, konsumsi bulanan, kesehatan dan sebagainya. Selanjutnya, kita perlu memangkas pengeluaran yang punya prioritas terendah.

Apalagi pengeluaran yang bisa mengancam menghabiskan pemasukan. Setelah melacak pengeluaran rutin, buatlah anggaran yang realistis dan pastikan kita mengikuti budget anggaran tersebut dengan konsisten.

2. Bayar Utang Setelah Gajian

Pastikan kita langsung membayar semua utang dan kewajiban, sesaat setelah gajian. Jadi, gunakan uang gaji pertama kali untuk membayar utang.

Hal ini penting untuk menyusun anggaran bulanan dan mengetahui seberapa besar kemampuan finansial kita.

Untuk mempermudah, kita bisa mengaktifkan fitur autodebet di kartu debit atau kredit kita. Selain itu, kita juga bisa memasang pengingat di kalender untuk membayar tagihan agar tidak lupa.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Atur Keuangan Saat Mendapat Bonus Akhir Tahun, Jangan Boros!

3. Mulai Perbanyak Dana Darurat

Dana darurat harus menjadi prioritas, sebelum kita mengalokasikan uang untuk berinvestasi ke instrumen lainnya.

Pasalnya, di tengah situasi yang tidak pasti ini, ada banyak risiko yang bisa mengancam kita. Salah satunya adalah kehilangan pekerjaan secara tiba-tiba atau kecelakaan yang membutuhkan banyak biaya untuk berobat.

Meski tidak banyak, tetapi pastikan mengalokasikan uang secara rutin ke dalam dana darurat. Jika memungkinkan, tambah uang di dana darurat yang bisa menanggung kehidupan kita selama 12-18 bulan.

4. Daftar Asuransi

Resolusi keuangan tahun 2022 selanjutnya adalah mendaftar asuransi. Sebagai antisipasi dari adanya bencana, kita bisa mendaftarkan diri ke dalam asuransi.

Pastikan kita mendaftar ke asuransi yang memberikan manfaat perlindungan jiwa, manfaat kesehatan, bahkan sampai manfaat kecacatan.

Mengingat musibah bisa datang kapan saja, maka kita perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi kemungkinan terburuk.

Baca Juga: 5 Tips Mengelola Keuangan untuk UMKM ala Tokopedia, Wajib Catat!

5. Cari Pekerjaan yang Lebih Baik

Resolusi keuangan tahun 2022 yang terakhir adalah mencari pekerjaan yang lebih baik. Hal ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pemasukan dan stabilitas keuangan kita.

Sebelum mencari pekerjaan yang lebih baik, pastikan kita sudah punya banyak keterampilan baru, atau mengembangkan diri dengan lebih baik. Dengan demikian, kita bisa berpeluang mendapatkan gaji atau peluang yang lebih baik.

Jika memungkinkan, kita juga bisa mencari pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote atau di mana saja. Dengan demikian, kita juga bisa menghemat biaya perjalanan dan sewa tempat tinggal. (*)

Baca Juga: Agar Persalinan Nyaman Keuangan Keluarga Aman, Begini Cara Rencanakan Kelahiran si Kecil

Editor : Presi

Baca Lainnya