4 Cara Cepat Kaya Meski Gaji Pas-pasan, Hanya Perlu Konsisten dan Niat

Senin, 27 Desember 2021 | 22:00
pexels.com/@karolina-grabowska

Ilustrasi kaya raya

CERDASBELANJA.ID – Siapa bilang gaji pas-pasan tidak bisa kaya raya? Setiap orang punya peluang yang sama untuk jadi cepat kaya.

Terlepas dari keadaan internal dalam keluarga, kita hanya perlu mengendalikan diri sendiri dan konsisten untuk menjadi kaya.

Bahkan jika tidak memiliki pekerjaan sampingan, kita tetap masih bisa berkesempatan mejadi cepat kaya jika bisa menahan diri.

Kebanyakan orang membagikan cara cepat kaya dengan berinvestasi pada instrumen yang berisiko tinggi.

Namun, sebenarnya cara agar cepat kaya tidak sulit. Kita juga tidak perlu mengikuti saran investasi yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Jika membutuhkan panduan, berikut adalah beberapa cara agar cepat kaya meski hanya memiliki gaji yang pas-pasan.

Baca Juga: Bisa Kaya Mendadak ! Ketahui Apa Itu ETF? Jenis Investasi dengan Risiko Rendah

1. Utamakan Menabung

Cara agar cepat kaya yang pertama, adalah membiasakan diri untuk rutin menabung. Untuk bisa menabung, tentu kita perlu bisa mengendalikan diri dan mengukur skala prioritas.

Kita perlu memilih antara kepuasan jangka pendek dan kepuasan jangka panjang, khususnya saat akan berbelanja kebutuhan tersier. Kita juga perlu mengurangi intensitas membeli makanan di luar.

Pasalnya, hanya dengan membuat makanan sendiri di rumah, kita sudah bisa menghemat banyak pengeluaran dan pada akhirnya bisa menyisihkan banyak uang untuk ditabung. Usahakan selalu menyisihkan uang untuk ditabung, berapa pun besarannya.

2. Hindari Segala Jenis Utang

Cara agar cepat kaya yang kedua, adalah hindari segala jenis utang. Jika ingin membeli barang tetapi tidak memiliki budget yang cukup, maka jangan beli barang tersebut.

Kita perlu menabung sampai mampu membeli barang tersebut dengan uang yang dimiliki. Hal ini, akan membantu kita terhindar dari sifat impulsif atau lapar mata.

Belakangan ini, sistem paylater juga sudah mulai merajalela. Jika memang ingin menggunakan paylater, maka gunakan opsi pembayaran di akhir bulan. Dengan demikian, suku bunga yang dikenakan akan sangat rendah, dan kita tidak memiliki utang yang menumpuk.

Baca Juga: Bisa Kaya Mendadak Jika Tahu 5 Modus Penipuan Real Estate Ini, Nomor 2 Paling Sering Terjadi

3. Jangan Gali Lubang Tutup Lubang

Cara agar cepat kaya yang ketiga, adalah hindari gali lubang tutup lubang. Jika memang memiliki utang, maka hindari mentalitas gali lubang tutup lubang, atau menarik utang baru untuk membayar utang lama.

Saat memiliki utang, maka kita perlu mencatat semua utang tersebut dan tentukan jumlah uang yang bisa digunakan untuk membayar utang setiap bulannya.

Jika memungkinkan, gunakan 25% uang untuk membayar utang yang mendesak dan 25% lainnya untuk ditabung. Persentase tersebut pun bisa berubah, sesuai dengan kemampuan membayar utang dan menabung. Meski tidak bisa menyisihkan banyak uang, tetapi usahakan untuk tetap menyisihkan sedikit uang untuk ditabung.

4. Kendalikan Nafsu untuk Belanja

Cara agar cepat kaya yang keempat, adalah kendalikan nafsu untuk belanja. Kita perlu melatih pengendalian diri, untuk bisa tahan terhadap godaan untuk berbelanja atau jajan di luar.

Hindari berjalan-jalan ke mal untuk menghabiskan waktu. Namun, jika lebih sering berbelanja online, maka kita bisa mencoba mengunduh aplikasi yang dapat membantu memblokir situs belanja online secara berkala.

Sebisa mungkin, kita perlu mencari alternatif lain untuk menjawab sifat impulsif saat belanja. Misalnya, jika kita terbiasa membeli sabun merek A, kita bisa mencoba mengubahnya dengan membeli sabun merek B dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga: Cara Dapat Banyak Uang agar Jadi Sultan, Ikuti 4 Tips Atur Uang Ini

Contoh lainnya, saat ponsel kita rusak, cari tahu apakah kita bisa memperbaikinya sebelum memutuskan membeli yang baru.

Itu adalah beberapa cara agar cepat kaya yang bisa dijadikan panduan, dalam mengatur keuangan sehari-hari.

Sesuaikan tips ini dengan keadaan finansial dan jangan terlalu memaksakan jika memang keadaan tidak memungkinkan. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya