Strategi Merumuskan Brand Purpose Ala Shopee, Nyalakan Semangat Berbisnis Online

Selasa, 21 Desember 2021 | 21:00
DOK. Shopee

Strategi brand purpose bisnis online ala Shopee

CERDASBELANJA.ID – Dalam menjalankan sebuah bisnis, brand purpose memainkan peranan penting yang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Brand purpose sendiri dapat menjadi sebuah fondasi esensial yang mampu mengarahkan dan mendorong sebuah bisnis untuk terus berkembang.

Tujuan akhir yang ingin dicapai brand purpose tidak berfokus pada profit bisnis, tapi bagaimana sebuah bisnis juga dapat mengemban tujuan mulianya.

Berikut ada strategi jitu dalam merumuskanbrand purposeala Shopee dalam ShopeepayTalk dengan tema Gak Cuma Cuan, Bisnis Juga Bisa Bawa Perubahan.1.

1. Lahir sebagai solusi, bukan ikut tren semata

Saat mendirikan bisnis, umumnya pelaku bisnis terlena mencari ide bisnis yang sedang tren di masa itu.

Baca Juga: 7 Fasilitas Gratis di Kampus UMKM Ekspor Shopee, Bisnis Online Makin Mudah

Hal itu membuat kita melupakan faktor penting yang harus dipersiapkan, yakni merumuskan brand purpose apa yang ingin mereka capai dengan bisnisnya.

Akibatnya, bisnis yang dibangun dapat kehilangan relevansinya seiring berjalannya waktu.

Seperti yang disampaikan oleh Audrey Maximillian Herli, Co-Founder & Chief Executive Officer of Riliv.

“Kunci utamanya adalah fokus pada masalah yang ada, bukan hanya sekadar mengikuti tren terutama di tengah dinamisnya perubahan industri bisnis.”

Lebih dari sekadar menciptakan bisnis, jadilah sebuah bisnis yang dapat menghadirkan solusi bagi masalah yang ada.

Ketika kita berhasil memecahkan masalah yang ada, bisnis kita akan menjadi semakin sustainable.

Baca Juga: Cara Bisnis Online di Shopee, Apa Itu Produk Pre Order Serta Kriterianya?

Itulah mengapa sejak awal, Riliv selalu berupaya memegang teguh brand purpose kami untuk terus melawan stigma negatif tentang kesehatan mental di Indonesia.

Kehadiran Riliv diharapkan dapat menciptakan sebuah tempat yang aman bagi masyarakat yang butuh pertolongan profesional terkait isu kesehatan mental.

2. Sentuh sisi emosional target audiens yang mau disasar

Tak dapat dipungkiri bahwa brand purpose memainkan peranan penting dalam membantu sebuah bisnis.

Terutama untuk membangun ikatan emosional yang lebih kuat dengan target audiens mereka.

Hal tersebut akhirnya mendorong pelaku bisnis menjadi lebih aktif menciptakan brand purpose yang dapat menyentuh sisi emosional para target audiens.

Baca Juga: Cara Bisnis Online di Shopee, Ini 4 Skill yang Wajib Dimiliki Pebisnis UMKM di Era Digital

“Sebagai dokter estetik, saya ingin merangkul para perempuan Indonesia untuk dapat lebih menerima dan mencintai diri mereka sendiri.” dr. Shirley Oslan, Co-Founder of Mad for Makeup.

Brand purpose tersebut Mad sampaikan salah satunya lewat produk make-up yang sehat bagi kulit, mudah digunakan untuk sehari-hari dan pemula.

Mad secara aktif mengimplementasikan brand purpose tersebut di semua aspek yang dilakukan.(*)

Baca Juga: Cara Bisnis Online di Shopee, Begini Mekanisme Program Ekspor Shopee yang Wajib Diketahui Seller

Editor : Yunus

Baca Lainnya