4 Ciri Modus Penipuan Mengatasnamakan Shopee, Waspada!

Kamis, 20 Juli 2023 | 11:06
instagram.com/shopee_id

Sobat Shopee wajib waspada dari penipuan yang mengatasnamakan Shopee

CERDASBELANJA.ID –Saat musim belanja seperti saatHari Belanja Online Nasional (harbolnas) 12.12, kita perlu berhati-hati terhadap ancaman penipuan online.

Pasalnya saat belanja, ada banyak penipu yang menggunakan modus baru saat mencoba menipu kita.

Salah satu jenis penipuan yang kerap dirasakan pencinta belanja onlineadalah penipu yang mengatasnamakan pihak Shopee.

Untuk itu, pihak Shopee mengimbau agar pelanggan senantiasa waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan pihak Shopee.

Ciri utama modus penipuan mengatasnamakan Shopee biasanya akan menghubungi korban dan meminta kode verifikasi (OTP), atau data pribadi.

Untuk mewaspadai hal ini, catat beberapa ciri modus penipuan mengatasnamakan Shopee yang perlu dicatat.

Baca Juga: Hati-Hati! Ini Modus Penipuan yang Mengatasnamakan Shopee, Begini Cara Melaporkannya

1. Mengaku Sebagai Tim Undian Shopee

Ciri modus penipuan mengatasnamakan Shopee pertamayaitu biasanya penipu mengaku sebagai tim data atau tim undian Shopee.

Penipu biasanya akan menghubungi kita melalui nomor telepon atau aplikasi chat seperti WhatsApp dengan identitas palsu.

Jika kita dihubungi oleh penipu ini, kita perlu tetap tenang dan tidak menanggapi telepon tersebut. Perlu diingat, Shopee hanya akan menghubungi kita melalui akun media sosial resmi yang terverifikasi.

2. Meminta Data Pribadi

Ciri modus penipuan mengatasnamakan Shopee keduayaitu meminta data pribadi. Untuk meyakinkan korbannya, biasanya penipu akan meminta kode verifikasi (OTP), atau data pribadi lain. Misalnya seperti password, PIN Shopeepay, atau Saldo Penjual.

Untuk mengelabui kita, penipu akan menggunakan alasan kita memenangkan undian atau hadiah dari Shopee, ada masalah pada akun, atau mengancam akan menutup akun untuk alasan tidak jelas.

Jika kita mengalami hal tersebut, maka perlu diingat untuk tidak memberikan kode verifikasi (OTP) atau data pribadi kepada siapa pun. Pasalnya, pihak Shopee tidak akan pernah meminta kode OTP, password, PIN, atau data pribadi lainnya pada pengguna.

Baca Juga: Cara Atasi Penipuan Pinjol di Shopee Pinjam, Yuk Jadi Nasabah Cerdas

3. Memberikan Tautan Mencurigakan

Ciri modus penipuan mengatasnamakan Shopee ketigayaitu penipu akan memberikan tautan palsu yang tampilannya menyerupai situs resmi Shopee.

Nantinya, tautan tersebut akan meminta kita untuk memasukkan kode OTP atau data pribadi pada situs tersebut. Tidak jarang, tautan mencurigakan tersebut bisa langsung meretas ponsel kita.

Sebagai tips, pastikan kita tidak mengisi informasi apa pun yang ada di situs tersebut. Selalu ingat bahwa situs resmi Shopee hanyalah www.shopee.co.id.

4. Meretas Akun Shopee

Ciri modus penipuan mengatasnamakan Shopee keempatyaitu penipu akan meretas akun Shopee kita.

Hanya dengan memiliki kode verifikasi (OTP) atau data pribadi, penipu bisa log in ke akun Shopee dan menyalahgunakan data kita.

Jika kita tidak sengaja memberikan kode verifikasi (OTP) atau data pribadi kepada seseorang, maka kita bisa langsung menghubungi CS Shopee di nomor 1500702. Nantinya, CS Shopee akan membantu memblokir akun kita demi keamanan.

Itu adalah beberapa ciri modus penipuan mengatasnamakan Shopee yang perlu diwaspadai. Untuk meningkatkan keamanan akun, maka pastikan kita mengubah password secara berkala. (*)

Editor : Presi

Baca Lainnya