Kronologi SM Entertainment Dikecam Netizen Usai Rilis Dear U, Diduga Gunakan Karakter TinyTAN BTS Tanpa Izin

Sabtu, 13 November 2021 | 16:00
DOK. Koreaboo.com

SM Entertainment dikecam gunakan karakter BTS tanpa izin

CERDASBELANJA.ID – Masing-masing agensi K-Pop memiliki identitas grup serta produk mereka sendiri.

Salah satu perusahaan yang telah memperkuat dominasinya di industri sebagai bagian dari 3 Besar adalah SM Entertainment.

Cara SM memperkuat statusnya sebagai pesaing utama beragam, misalnya dengan mendirikan Dear U.

Belum lama ini, SM Entertainment merilis Dear U yang merupakan sebuah perusahaan pengembangan perangkat lunak di bawah SM Entertainment.

Perusahaan ini bertanggung jawab atas banyak produk dan aplikasi berbeda yang digunakan di K-Pop, mulai dari Everysing, Lysn, dan Bubble.

Namun, perusahaan baru-baru ini mendapat kecaman dari penggemar setelah mereka menjadi tuan rumah konferensi IPO mereka.

Baca Juga: Phil Harvey Coldplay Ungkap Sifat Asli Member BTS yang Tak Banyak Diketahui Saat Kerja Sama di Project Single My Universe, Suka Beri Suap?

IPO adalah penawaran umum perdana (IPO), dan ini mengacu pada proses penawaran saham perusahaan swasta kepada publik dalam penerbitan saham baru.

Selama acara tersebut, perusahaan membahas rencananya untuk membuat konten masa depan di bawah metaverse SM Culture Universe (SMCU) melalui NFT.

Saat menjelaskan konsep tersebut, sebuah gambar diperlihatkan untuk mempromosikan ide tersebut.

DOK. Koreaboo.com

Dear U SM Entertainment

Beberapa penonton yang merupakan penggemar BTS mrasa familiar dengan sebuah karakter di gambar yang ditunjukan SM Entertainemnt.

Ternyata, karakter dalam gambar tersebut merupakan salah satu karakter TinyTAN BTS yaitu karakter J-Hope BTS.

Pada Oktober 2019, karakter TinyTAN ini diluncurkan oleh BigHit Entertainment berdasarkan anggota BTS.

DOK. Koreaboo.com

karakter TinyTAN J-Hope BTS

Baca Juga: Profesor Universitas Sejong Tulis Buku Tentang BTS, Rahasia Kesuksesan BTS Terungkap

Secara khusus, setiap karakter sangat mirip dengan masing-masing anggota, itulah sebabnya banyak penggemar langsung mengenali karakter J-Hope BTS.

Sejak diluncurkan, TinyTAN telah menjadi merek sendiri, termasuk produk, video musik, dan banyak lagi.

Banyak penggemar menyukai konsep ini seperti halnya karakter BTS BT21, karena mereka terus berkembang tergantung pada konsep grup dan rilis musik.

Ketika gambar promosi dirilis, banyak netizen mengecam SM Entertainment dan Dear U yang menggunakan karakter J-Hope BTS untuk pemasaran mereka.

Meskipun video tersebut telah dihapus, banyak penggemar masih ingin tahu mengapa SM melakukannya.

Hingga kini, belum tanggapan dengan penjelasan dari pihak SM Entertainment mengenai dugaan kasus penggunaan karakter tanpa izin ini.(*)

Baca Juga: V BTS Tampil di KBS Gayo Daechukje Pakai Outfit Perempuan Seharga Rp31 juta, ARMY Pertanyakan Kemampuan Fashion Stye Artisnya

Tag

Editor : Yunus