Cara Cegah Ruam Pada Si Kecil dengan Pola Asuh yang Tepat Bersama Popok Baby Happy

Minggu, 07 November 2021 | 14:00
DOK. Wings Care

cegah ruam anak dengan pola asuh tepat

CERDASBELANJA.ID – Baby Happy merupakan disposable baby diapers produksi Wings Group sejak tahun 2004.

Popok bayi andalan Wings Care, hari ini kembali menggelar webinar edukasi sebagai rangkaian dari program CSR “Baby Happy, Keluarga Happy” Jilid 2.

Webinar edukasi kali ini bertajuk “Worry Less Parenting: Tumbuh Kembang Si Kecil Optimal, dengan Pola Asuh yang Nyaman Bersama”.

Dalam webinar ini akan membahas cara mencegah ruam pada si kecil dengan pola asuh yang tepat bersama popok Baby Happy.

Kebanyakan bayi memang memiliki kulit yang sensitif sehingga rentan mengalami iritasi dan masalah kulit lainnya, termasuk ruam.

Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan sering terjadi, sehingga orang tua perlu melakukan deteksi dini untuk mencari tahu apa penyebab ruam pada anak.

Baca Juga: Pertama di Indonesia, Calbee Wings Luncurkan Snack Guribee Layers dengan 4 Lapisan dalam Setiap Gigitan

Webinar ini mendatangkan beberapa narasumber, salah satunya ada dr. Citra Amelinda, SpA, MKes IBCLC, dokter spesialis anak Primaya Hospital Bekasi Timur.

“Berbeda dengan orang dewasa, kulit bayi jauh lebih tipis, lebih mudah kehilangan kelembabannya dan lebih rentan teriritasi sehingga sering muncul ruam.” ujarnya.

Banyak hal yang bisa menyebabkan iritasi mulai dari keringat yang menyumbat pori-pori, seperti jenis detergen atau bahan baju, hingga jenis popok.

Selain iritasi, penyebab ruam pada anak tersering adalah akibat reaksi terhadap alergi protein susu sapi.

“Bentuk khasnya (alergi protein susu sapi) berupa ruam merah bulat di kedua pipi si kecil.” ujar dr. Citra Amelinda, SpA, MKes IBCLC.

Lalu bagaimana merawat kulit bayi dengan baik sehingga tumbuh kembangnya optimal dan si kecil bisa nyaman beraktivitas setiap saat?.

Baca Juga: Wings Group Luncurkan Varian Baru Fresh & Natural Dessert Collection

Lebih lanjut dr. Citra menyebutkan bahwa sebaiknya orang tua menjaga kelembaban kulit bayi dengan optimal.

Hindari kekeringan atau zat yang mudah mengiritasi kulit seperti parfum atau deterjen, serta jauhkan dari alergen seperti debu atau bulu.

“Untuk mencegah ruam pada bayi, sebaiknya gunakan pelembab kulit dengan bahan yang aman untuk bayi, seperti petroleum jelly atau pelembab kulit yang mengandung ceramides.”

Selain itu, dr. Citra menambahkan untuk biasakan mandikan anak Anda pada air suam kuku dan gunakan sabun, sampo, bahkan deterjen yang lembut dan tidak mengandung pewangi.

Jangan ragu untuk periksakan kondisi si kecil apabila ruam disertai nanah, kulit melepuh atau si kecil tampak sangat tidak nyaman terus menerus.

Saat ini, dokter bahkan sudah tidak lagi menyarankan penggunaan bedak tabur untuk bayi karena dapat menyebabkan iritasi saluran napas bayi.

Baca Juga: Korea Kian Eksis, SoKlin Luncurkan Lini Experience Korean Camellia

Sebaliknya gunakanlah bedak yang bertekstur cair untuk mengurangi iritasi gatal akibat biang keringat.

Dengan demikian, si kecil bisa tetap aktif bergerak, tidak mudah rewel dan para moms atau dads dapat beraktivitas dengan sukacita.(*)

Editor : Presi

Baca Lainnya